Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Cita Rasa dan Karakteristik Kopi Sumatera yang Mendunia

List Artikel
28 September 2019 | 0 Komentar

Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah. Ada banyak hasil alam yang bisa kita nikmati karena tanah di Indonesia sangat subur. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa ada banyak perkebunan kopi di Indonesia, beberapa di antaranya banyak ditemukan di Pulau Sumatera. Kopi Sumatera memang sangat terkenal bukan hanya di Indonesia saja, tapi sudah merambah ke luar negeri. Coba saja kamu perhatikan beberapa jenis kopi Sumatera yang sangat terkenal seperti kopi Sidikalang dari Sumatera Utara, kopi Gayo dari Aceh, kopi Mandailing Natal yang juga dari Sumatera Utara, kopi Lahat, kopi Lampung dan masih banyak lagi.



 Sumber : Pergikuliner.com


Berbicara tentang kopi yang berasal dari Sumatera ini, meski ada banyak variannya tapi tentu saja ada kesamaan cita rasa dan karakteristiknya. Tidak banyak orang yang tahu kalau hampir sebagian besar kedai kopi dan kopi-kopi yang dijual di Indonesia ini berasal dari pulau Sumatera. Bukan tanpa alasan para pemilik kedai kopi lebih memilih untuk menggunakan kopi khas Sumatera. Kopi khas Sumatera memiliki cita rasa yang sangat unik sehingga membuat banyak orang jatuh cinta dan ketagihan. Ada karakteristik yang kuat dengan body yang tebal, tingkat keasaman yang rendah, serta aroma yang juga kuat. Semua karakteristik dari kopi Sumatera tersebut didapat dari biji kopi unggulan serta proses pengolahannya yang dilakukan secara semi-washed atau proses penggilingan yang dilakukan saat biji kopi masih menyisakan kadar air sekitar 30-35 persen.



 Sumber : Pergikuliner.com


Selain didapat dari biji kopi unggulan dan pengolahannya, ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi kenikmatan kopi khas Sumatera, seperti cara petik, kesehatan tanaman, iklim, cara pengolahan, roasting, brewing dan lain sebagainya. Untuk menikmati cita rasa kopi khas Sumatera yang paling baik adalah dengan cara menyeduhnya dengan menggunakan air panas atau menjadikannya kopi tubruk supaya cita rasa dan aromanya lebih keluar. Tapi jika tidak ingin dijadikan kopi tubruk, kamu juga bisa mengolah kopi Sumatera dengan cara manual brew. Metode-metode ini dinilai bisa mengeluarkan aroma, cita rasa, serta karakteristik dari kopi Sumatera.

 

Jadi sekarang kamu sudah tahu bukan, bagaimana cita rasa serta karaketristik kopi Sumatera. Jika ingin meminum kopi dengan cita rasa yang lezat kamu bisa datang ke salah satu kedai kopi yang ada di bawah ini ya!

Koultoura Coffee

Foto Koultoura Coffee
Foto Koultoura Coffee
Foto Koultoura Coffee

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Anomali Coffee

Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Fillmore Coffee

Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?