Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Dalgona Coffee, Si Kopi Viral Asal Korea Selatan

List Artikel
14 Mei 2020 | 0 Komentar

Sejak beberapa waktu lalu, masyarakat Indonesia khususnya pecinta kopi dihebohkan dengan viralnya minuman berbahan dasar kopi yang proses pembuatannya cukup sederhana dan unik. Yup, dalgona coffee namanya. Tren ini awalnya muncul di Indonesia ketika salah satu idola Korea yang membagikan videonya ketika membuat dalgona coffee. Hal ini tentu saja menarik para penggemarnya dan mulai mencari tahu bagaimana pembuatan kopi satu ini. Setelah itu, viral lah sebuah thread di media sosial twitter tentang cara pembuatan dalgona coffee yang kemudian menyebar ke seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, dari mulai artis, influencer hingga masyarakat biasa mulai membuat dalgona coffee untuk dibagikan di sosial media mereka masing-masing. Lalu, sebenarnya apa sih dalgona coffee itu dan darimana asal mulanya? Kenalan yuk!



Sumber : Bontangpostid.com


1. Asal Muasal Dalgona Coffee

Dalgona coffee merupakan minuman yang juga sedang tren di Korea Selatan. Pada awalnya dalgona coffee tercipta dari permen khas Korea yang bernama dalgona. Permen ini dibuat dari gula, sirup, dan baking powder dan sudah ada di kawasan Busan sejak tahun 1960-an. Dalgona atau yang juga disebut dengan nama ppopgi ini menjadi jajanan khas Korea yang sangat disukai anak-anak karena bisa dijumpai dengan mudah dan harganya murah meriah. Kebanyakan pedagang dalgona ini adalah pedagang kaki lima. Dalgona memang sempat langka karena sudah jarang orang yang menjualnya. 

Tapi kemudian di awal tahun 2020, ada inovasi baru dari kedai kopi Korea yang membuat minuman kopi dengan dicampur dalgona. Hanya saja, dalgona yang ada pada kopi tidak punya tekstur yang padat karena lebih mirip dengan foam atau whipped cream. Dari sinilah dalgona coffee jadi populer di kalangan masyarakat Korea dan kini masyarakat Indonesia pun mencoba membuatnya sendiri di rumah.


2. Bahan dan Cara Pembuatannya

Salah satu alasan dalgona coffee ini bisa dibuat sendiri di rumah adalah karena bahan-bahannya yang mudah di dapat, simple alias tidak ribet serta pastinya murah meriah. Kamu cuma butuh lima bahan saja, yakni kopi, gula pasir, air panas, susu, dan es batu. Untuk tahapan pembuatannya juga terbilang mudah. Kamu cukup mengocok gula pasir dengan kopi yang sudah dilarutkan dengan air panas hingga mengembang dan membentuk lapisan foam. Lalu siapkan susu cair beserta es batu untuk ditata di dalam gelas. Setelah itu tuang adonan kopi tersebut di atasnya. Mudah bukan?

 

3. Cita Rasa Dalgona Coffee

Buat yang belum coba pasti penasaran seperti apa rasa dari dalgona coffee ini. Sebenarnya cita rasanya tidak jauh berbeda dengan cappucino, flat white, serta latte karena ada campuran susu dan kopinya. Hanya saja, untuk dalgona coffee ini ada rasa krimi yang sangat lembut sehingga membuat kamu tidak menyadari kalau sudah habis setengah gelas. Tekstur krimi dan lembut inilah yang membuatnya digemari.

 

Itulah asal usul dari dalgona coffee. Sekarang kamu sudah tahu bukan dari mana asalnya si dalgona coffee yang fenomenal ini. Selain dipadukan dengan kopi, ternyata dalgona ini juga bisa dijadikan minuman lainnya seperti dalgona milo, dalgona nutella, hingga dalgona milk tea. Kamu sendiri lebih suka dalgona coffee atau dalgona lainnya?

Jumpstart Coffee

Foto Jumpstart Coffee

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Kopi Kenangan

Foto Kopi Kenangan
Foto Kopi Kenangan
Foto Kopi Kenangan

Koko.pi Omah Kopi

Foto Koko.pi Omah Kopi
Foto Koko.pi Omah Kopi
Foto Koko.pi Omah Kopi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?