Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Istilah ‘Strong’ Dalam Dunia Perkopian

List Artikel
19 Maret 2019 | 0 Komentar
Kamu termasuk penggemar berat minuman kopi atau hanya sekedar penikmat kopi biasa? Baik itu penggemar atau hanya penikmat, pernahkah kamu mendengar ada orang yang memesan kopi ke barista dengan embel-embel kata 'strong' alias kopinya diminta lebih ‘kuat’. Atau jangan-jangan kamu sendiri termasuk orang yang sering memberikan embel-embel tersebut saat memesan kopi. Bagi orang-orang yang sudah terbiasa meminum kopi pastinya mereka sudah sangat familiar dengan yang namanya istilah strong yang diberikan pada dunia perkopian. Tapi tahukah kamu kalau ternyata kata strong dalam kopi itu bisa memiliki arti yang berbeda-beda. Supaya tidak salah penafsiran, alangkah baiknya kamu membaca artikel ini hingga selesai ya teman PergiKuliner!


Sumber : Pergikuliner.com

Ada tiga pengertian kata strong yang digunakan pada minuman kopi, yakni strong yang berarti pahit, strong yang berarti kental, dan strong yang berarti tinggi kadar kafeinnya. Untuk arti kata strong yang berarti pahit, itu tandanya kopi memiliki cita rasa yang terlalu pahit. Biasanya ini diakibatkan oleh pemilihan biji kopi yang memiliki karakteristik earthy, bitter dan body. Sedangkan jika biji kopinya memiliki karakteristik fruity dan sweetness, tandanya kopi tidak terlalu strong. Penafsiran yang kedua dari kata strong pada kopi adalah kopi yang memiliki kekentalan atau tekstur yang berat di lidah. Biasanya ini bukan dikarenakan biji kopi yang digunakan tetapi tergantung dari campurannya. Misalkan saja kamu meminum espresso dengan ice americano. Espresso tergolong kopi strong sedangkan ice americano tergolong kopi ringan.

Sumber : Pergikuliner.com

Sedangkan penafsiran yang terakhir adalah strong karena kadar kafeinnya tinggi. Biasanya ada orang yang ingin minuman kopinya memiliki kafein yang sangat tinggi supaya mereka bisa melek atau bekerja dengan baik karena dengan kafein yang tinggi kinerja otak juga ikut meningkat. Sebenarnya ketiga penafsiran tersebut tidak ada yang salah, tapi ketika memesan kopi ke barista, maka  kamu harus menjelaskan apa maksud kopi strong yang sesuai dengan penafsiranmu. Jangan sampai sang barista salah paham dan memberikanmu kopi dengan cita rasa strong yang salah ya!

Nah, jika kamu ingin menikmati secangkir kopi yang nikmat untuk mengawali harimu dan membuat harimu menjadi lebih baik, kamu bisa langsung saja datang ke beberapa tempat di bawah ini ya!

Doma Dona Coffee

Foto Doma Dona Coffee
Foto Doma Dona Coffee
Foto Doma Dona Coffee

Calibrate Coffee

Foto Calibrate Coffee
Foto Calibrate Coffee
Foto Calibrate Coffee

Six Ounces Coffee

Foto Six Ounces Coffee
Foto Six Ounces Coffee
Foto Six Ounces Coffee

Hours Coffee & More

Foto Hours Coffee & More
Foto Hours Coffee & More

Koultoura Coffee

Foto Koultoura Coffee
Foto Koultoura Coffee
Foto Koultoura Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?