Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Kiva Han, Kedai Kopi Pertama Di Dunia

List Artikel
4 Mei 2020 | 0 Komentar

Kopi menjadi salah satu minuman ternama yang digemari banyak orang di seluruh dunia. Kecintaan masyarakat akan kopi dikarenakan banyak alasan, mulai dari rasanya yang unik dan berbeda dibanding minuman lainnya hingga beragam manfaat yang diberikan. Di Indonesia sendiri, keberadaan kopi tampak sudah sangat menjamur dan menjadi life style yang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat, baik itu yang tinggal di daerah hingga perkotaan besar. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kedai kopi yang sudah tak terhitung lagi jumlahnya di Indonesia. Kedai kopi yang awalnya hanya bisa ditemukan di dalam pusat perbelanjaan saja, kini bisa kamu temukan di berbagai tempat seperti pinggir jalan hingga kompleks perumahan. Berbicara tentang kedai kopi, kamu sendiri tahu tidak kedai kopi pertama yang ada di dunia?



Sumber : Flickr.com


Sepertinya sebagian besar dari kamu akan menjawab Starbucks sebagai kedai kopi pertama di dunia. Jika kamu menjawab Starbucks, maka jawaban kamu salah, teman PergiKuliner. Kedai kopi pertama yang ada di dunia adalah Kiva Han yang ada di Turki. Kedai kopi Kiva Han ini sudah ada sejak tahun 1554. Penasaran khan bagaimana kedai kopi ini muncul pertama kalinya? Untuk mengetahuinya, kita harus melakukan kilas balik di mana kopi pertama kali ditemukan. Menurut sejarah, kopi ditemukan pada abad ke-11 di Ethiopia. Kala itu, penyebaran kopi dimulai dari Yaman lalu berlanjut ke Turki yang pada saat itu masih bernama Konstantinopel. Pada tahun 1554, kopi yang hadir pada masa pemerintahan Sultan Suleiman ini menjadi barang mewah karena sulit ditemukan.


Di sinilah biji kopi mulai diolah menjadi minuman lezat. Di Istana Ottoman yakni tempat tinggal Raja Suleiman, biji kopi dipanggang di atas bara api lalu ditumbuk halus dan direbus perlahan dengan api arang. Minuman kopi kemudian naik popularitasnya dan banyak rakyat di Konstantinopel yang mulai membuat minuman kopi sendiri di rumah mereka dengan memanggang, menumbuk, dan menyeduhnya. Minuman ini awalnya bukan bernama coffee atau kopi, melainkan cezve. Lalu pada tahun 1554, muncullah kedai kopi pertama yang ada di Konstantinopel dan juga menjadi kedai kopi pertama di dunia bernama Kiva Han.



Sumber : Njajan.com


Kiva Han yang berlokasi di distrik Tahtakale ini tak hanya menjadi tempat minum kopi saja, tapi juga digunakan orang-orang setempat sebagai fungsi sosial yakni tempat berkumpul dan berbincang hingga membaca buku serta mendiskusikan syair, puisi, serta sastra. Dari sinilah budaya ‘nongkrong’ di kedai kopi mulai dikenal masyarakat luas. Keberaan kedai kopi pun mulai merambah ke seluruh daratan Eropa seperti Inggris yang membuka kedai kopi pertama di tahun 1652, lalu ada Italia yang membuka kedai kopi pertama di tahun 1654, Paris yang membuka kedai kopi di tahun 1672, dan Jerman yang membuka kedai kopi pertama di tahun 1673.  Amerika sendiri baru memiliki kedai kopi pertamanya di tahun 1792. Tapi kedai kopi tersebut bukan Starbucks ya, teman PergiKuliner. Starbucks sendiri baru mulai ada pada tahun 1971 di Seattle.


Meski Kiva Han menjadi kedai kopi pertama di dunia, tapi bukan berarti kamu tidak bisa menjumpainya lagi. Kedai kopi Kiva Han masih ada hingga sekarang karena masih terus dilestarikan dan menjadi salah satu ikon kuliner dari negara Turki. Kedai kopi Kiva Han menjual beragam jenis kopi Turki yang dibuat dari 100% kopi Arabika tanpa adanya bahan campuran apapun. Semua varian minuman kopi yang ada di sini juga 100% dibuat alamo tanpa aroma atau pemanis tambahan.


Sekarang kamu sudah tahu bukan kedai kopi pertama yang ada di dunia. Jadi kalau sedang berlibur ke Turki, jangan lupa mampir ke kedai kopi Kiva Han ya. Sebelum mencicip kopi di kedai kopi pertama di dunia, bagaimana kalau kamu ngopi dulu di kedai kopi kece yang ada di bawah ini!

But First Coffee

Foto But First Coffee
Foto But First Coffee
Foto But First Coffee

Six Ounces Coffee

Foto Six Ounces Coffee
Foto Six Ounces Coffee
Foto Six Ounces Coffee

Dua Coffee

Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee

Yatta Coffee

Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee
Foto Yatta Coffee

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?