Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Lebih Dekat Kuliner Shabu-shabu Khas Jepang

List Artikel
29 Juli 2017 | 0 Komentar

Bagi penyuka kuliner Jepang, pasti sudah tak asing lagi dengan shabu-shabu yang sangat cocok disantap saat sedang musim hujan. Shabu-shabu adalah kuliner Jepang yang dimasak dengan cara direbus dengan panci khusus. Bahan-bahan yang direbus adalah irisan daging tipis, tahu, kuzukiri, serta tahu. Meski dimasak dengan cara direbus, tapi shabu-shabu memerlukan teknik khusus agar hasil masakannya bisa terasa lezat. Irisan daging tipis dicelupkan dengan cara dilambai-lambaikan ke dalam panci khusus yang sudah berisi air bening hingga matang. Begitupun dengan sayuran serta bahan-bahan lainnya. Air yang digunakan pada shabu-shabu awalnya hanya air bening tanpa bumbu apapun. Tapi belakangan air yang digunakan adalah air kaldu.



Sumber: pergikuliner.com

 

Shabu-shabu diperkirakan sudah mulai muncul sejak tahun 1952. Pada saat itu Chuichi Miyake, bos restoran Suehiro yang ada berlokasi di Jepang melihat ada seorang karyawannya yang mencuci oshibori atau handuk hangat pembersih tangan sebelum makan dengan cara mengayun-ayun dan menggoyang oshibori di air panas. Goyangan yang ada di air tersebut bagi terdengar seperti kata shabu-shabu. Dari sanalah Miyake mendapatkan ide untuk membuat dan mematenkan nama shabu-shabu. Pada tahun 1955, nama shabu-shabu pun sukses dipatenkan olehnya

 



Sumber: pergikuliner.com


Pada saat itu, shabu-shabu dimasak di atas kompor arang dan panci yang digunakan untuk merebusnya adalah panci yang memiliki lubang di tengah-tengahnya. Alasannya adalah agar nantinya arang bisa ditambahkan lewat lubang tersebut, sehingga tak perlu mengangkat panci saat ingin menambahkan panas dari arang. Daging yang digunakan untuk shabu-shabu awalnya hanya daging sapi saja, tapi lama kelamaan penggunaan daging babi, ayam, serta seafood pun mulai digunakan. Saat memasak shabu-shabu, kamu harus pintar dalam memilih apa yang terlebih dahulu harus direbus. Biasanya sayuran-sayuran akan dimasukkan terlebih dahulu sedangkan untuk daging dimasak belakangan. Hal ini karena daging shabu-shabu sangat tipis sehingga mudah matang. Setelah matang, kamu haus mencelupkannya dalam saus cocolan yang biasanya terdiri dari saus tare dan yakumi yang terbuat dari shoyu, cuka, mirin, dan gula.  


Itu dia sedikit penjelasan tentang shabu-shabu yang telah PergiKuliner rangkum. Buat kamu yang suka sekali makan masakan Jepang, tentunya kamu sudah pernah dong ngerasain enaknya shabu-shabu? Tapi, sudahkah kamu mengunjungi restoran shabu-shabu di bawah ini? Kalau belum yuk ajak keluarga atau teman kamu sekarang!

Momo Paradise

Foto Momo Paradise
Foto Momo Paradise
Foto Momo Paradise

Shaburi Shabu Shabu

Foto Shaburi Shabu Shabu
Foto Shaburi Shabu Shabu
Foto Shaburi Shabu Shabu

Shabu Shabu Gen

Foto Shabu Shabu Gen
Foto Shabu Shabu Gen
Foto Shabu Shabu Gen

KOBESHI by Shabu - Shabu House

Foto KOBESHI by Shabu - Shabu House
Foto KOBESHI by Shabu - Shabu House

Shabu Hachi

Foto Shabu Hachi
Foto Shabu Hachi
Foto Shabu Hachi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?