Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Milk Bun Thailand, Roti Viral yang Hadirkan Sensasi Lembut dan Lumer

List Artikel
31 Maret 2024 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang suka menyantap roti? Para pecinta roti pasti sudah pernah menyantap atau setidaknya sudah merasa familiar dengan milk bun. Roti viral asal Thailand yang katanya punya tekstur yang sangat lembut ini sedang marak diburu oleh masyarakat Indonesia, tidak hanya anak muda tetapi juga orang tua. Alasan utama roti ini menjadi viral adalah karena tekstur dan rasanya yang memanjakan lidah. Namun, tidak hanya itu, milk bun Thailand juga terkenal sebagai oleh-oleh khas Thailand yang sering dibawa oleh wisatawan Indonesia saat berkunjung ke negara tersebut. Karena lidah masyarakat Indonesia cocok dengan tekstur dan rasa milk bun, roti ini menjadi populer sebagai oleh-oleh khas Thailand. Hal ini membuat banyak orang jadi penasaran sehingga memunculkan jasa titip (jastip) yang diadakan oleh orang Indonesia yang berlibur ke Thailand. Untuk lebih mengenal milk bun Thailand ini lebih lanjut, mari kita simak penjelasannya di bawah ini!

 

Terinspirasi dari Japanese Milk Bread



Sumber: instagram.com/madmilk.jkt


Tahukah kamu bahwa ternyata milk bun Thailand ini merupakan hasil adaptasi dari Japanese milk bread yang sempat viral beberapa tahun yang lalu? Ada beberapa kesamaan antara milk bun Thailand dan Japanese milk bread, yakni tampilan atas yang diberi bubuk putih hingga tekstur yang lembut dan lumer. Namun, keduanya sebenarnya memiliki perbedaan yang dapat kita lihat jika memperhatikannya secara lebih jelas. Topping pada milk bun menggunakan campuran gula halus dan susu bubuk. Sementara itu, Japanese milk bread ditaburi dengan tepung terigu di bagian atas roti terlebih dahulu sebelum dipanggang.

 

Roti Bedak Asal Thailand



Sumber: instagram.com/dapurnyakinan


Milk bun Thailand ini ternyata juga memiliki julukan lain, yakni roti bedak asal Thailand, karena penampilannya mirip dengan roti yang ditaburi bedak. Di bagian atas milk bun, terdapat serbuk putih yang mirip bedak, dihasilkan dari campuran gula halus dan susu bubuk. Selain dijuluki sebagai roti beda, milk bun juga dijuluki sebagai snow bun karena penampilannya yang sekilas mirip dengan roti yang dilapisi salju. Meskipun memiliki berbagai julukan, nama milk bun jauh lebih terkenal daripada julukan-julukan lainnya.


Banyak Bakery yang Mulai Memproduksinya



Sumber: bake.co.id


Sejak kepopulerannya pada awal tahun 2024, ternyata milk bun Thailand sering kali muncul di berita nasional terkait permasalahan bea cukai. Jadi, banyak orang Indonesia yang sengaja pergi ke Thailand untuk membeli milk bun dan menjualnya ketika kembali ke Indonesia. Hal ini menimbulkan permasalahan dengan pihak bea cukai karena jumlah milk bun yang dibawa ini biasanya mencapai ratusan. Selain itu, sertifikat halalnya juga masih dipertanyakan. Oleh karena itu, banyak bakery lokal berlomba-lomba untuk mulai memproduksi milk bun sendiri, sehingga masyarakat tidak perlu lagi menggunakan jastip jika ingin menikmati roti bedak ini. Tidak hanya rasa original, ada juga berbagai varian rasa seperti cokelat, mangga, strawberry, pistachio, dan masih banyak lagi varian rasa lainnya yang tidak akan membuatmu merasa bosan.

 

Itulah sekilas penjelasan mengenai milk bun asal Thailand yang jadi roti viral idaman masyarakat Indonesia. Bagaimana denganmu? Sudahkah kamu mencicipi milk bun ini? Nah, buat kamu yang suka menyantap roti, di bawah ini ada beberapa rekomendasi bakery yang bisa kamu kunjungi!

Mad Milk

Foto Mad Milk
Foto Mad Milk
Foto Mad Milk

Roti Kebanggaan Gading Serpong

Foto Roti Kebanggaan Gading Serpong
Foto Roti Kebanggaan Gading Serpong
Foto Roti Kebanggaan Gading Serpong

Kedai Roti Ibu Saya

Foto Kedai Roti Ibu Saya
Foto Kedai Roti Ibu Saya
Foto Kedai Roti Ibu Saya

Roti Srikaya Ajung

Foto Roti Srikaya Ajung
Foto Roti Srikaya Ajung
Foto Roti Srikaya Ajung

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?