Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Perjalanan Kue di Indonesia yang Dipengaruhi Belanda dan China

List Artikel
8 Juni 2023 | 0 Komentar

Indonesia dikenal dengan aneka ragam kulinernya, termasuk kue-kuenya. Ada banyak sekali kue yang bisa dijumpai di Indonesia, mulai dari kue tradisional hingga kue modern. Biasanya kue tradisional akan lebih mudah dijumpai di pasar tradisional, sedangkan kue modern kebanyakan bisa didapat di toko kue. Kue biasanya disantap sebagai camilan untuk teman minum teh atau kopi di sore hari. Kue juga sering kali muncul sebagai sajian berupa isian snack box pada acara khusus seperti arisan, pengajian, pernikahan, hingga acara rapat. Kue disajikan dalam bentuk irisan atau dalam ukuran yang lebih kecil sehingga lebih mudah disantap dan lebih praktis. Jika melirik kue Indonesia yang ragamnya bisa mencapai ratusan lebih, hal ini dikarenakan masing-masing daerah yang ada di Indonesia memiliki kue khasnya tersendiri. Buat kamu yang suka dengan kue Indonesia, mari kita cek sejarah perjalanannya hingga ragamnya menjadi sebanyak ini!

 

Mulai Ada sejak Jalur Perdagangan Ramai



Sumber: sunnyxdyee.blogspot.com


Perjalanan kue Indonesia awalnya dimulai dari jalur perdagangan laut. Pada abad ke-5, Indonesia yang memiliki banyak pulau menjadi salah satu daerah yang banyak dilalui oleh kapal-kapal yang mengangkut barang dagang. Mulai dari pakaian, rempah, hingga bahan-bahan makanan. Kebanyakan kapal yang berlabuh di Indonesia adalah kapal dari China, India, Belanda, Portugis, hingga beberapa negara Eropa lainnya. Indonesia terlibat dalam jalur perdagangan rempah melalui Selat Malaka. Jalur perdagangan rempah di Indonesia sangatlah ramai. Tidak hanya dipenuhi kapal yang menjual rempah, banyak juga yang membawa rempah dari Indonesia ke negara asalnya. Seperti yang kita ketahui, Indonesia sangat kaya akan rempah sehingga menjadi incaran banyak para pedagang asing. Pada masa tersebut, harga rempah bisa menyamai harga emas. Dari sinilah masyarakat Indonesia mulai mengenal kue dari para pedagang yang kapalnya sedang berlabuh di Indonesia.

 

Kue Tradisional Basah Lebih Banyak Pengaruh dari China



Sumber: pergikuliner.com


Masyarakat Indonesia awalnya mengenal kue dari para pedagang China yang melabuhkan kapalnya di pelabuhan Selat Malaka. Nama kue sendiri juga diambil dari serapa bahasa Hokkien yakni ‘koe’ yang merujuk pada kuliner berbahan baku tepung beras. Kala itu, kebanyakan pedagang Tionghoa membawa aneka kue tradisional yang berbahan baku tepung beras yang dicampur dengan aneka daging hingga sayuran. Kue tradisional Tionghoa rata-rata memiliki rasa yang gurih, tetapi ada juga yang memiliki rasa manis. Kue tradisional Tionghoa yang memiliki rasa manis biasanya dibuat dengan campuran kacang hijau dan kacang merah. Pengaruh budaya China sangat terlihat dalam kue tradisional Indonesia seperti kue mangkok, kue ku, onde-onde, hingga ronde.

 

Kue Tradisional Juga Banyak Mendapat Pengaruh dari Budaya Belanda



Sumber: pergikuliner.com


Tidak hanya mendapat pengaruh dari budaya China, kue tradisional Indonesia juga mendapat pengaruh dari Belanda. Pengaruh budaya Belanda baru mulai dirasakan ketika masa kolonialisme Belanda. Para istri pejabat Belanda yang bermukim di Indonesia sering kali meminta dibuatkan kue-kue khas Belanda sehingga masyarakat Indonesia mulai mengenal dan menjadi familiar dengan penggunaan bahan-bahan kue Belanda seperti tepung terigu. Penggunaan tepung terigu, telur, dan gula menjadi bahan wajib pada kue Belanda. Beberapa kue Indonesia yang diadaptasi dari kue Belanda adalah lapis legit, lapis Surabaya, nastar, kastengel, lekker, hingga kue-kue klasik lainnya.  

 

Itulah perjalanan kue di Indonesia yang dipengaruhi oleh budaya Belanda dan China. Buat kamu yang suka menyantap kue, di bawah ini ada beberapa rekomendasi toko kue yang  bisa didatangi!

 

Toko Kue Lakker

Foto Toko Kue Lakker
Foto Toko Kue Lakker
Foto Toko Kue Lakker

Chouxlala

Foto Chouxlala
Foto Chouxlala
Foto Chouxlala

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Kenari Cakery

Foto Kenari Cakery
Foto Kenari Cakery
Foto Kenari Cakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?