Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Sorgum, Pengganti Nasi yang Kaya Manfaat

List Artikel
5 Februari 2020 | 0 Komentar

Pernah mendengar sorgum? Pastinya beberapa di antara kamu masih terasa asing mendengarnya, tapi ada juga yang sudah pernah mendengar bahkan mencobanya. Sorgum merupakan salah satu bahan makanan pokok yang mengandung karbohidrat di dalamnya sehingga bisa memberikan asupan energi untuk tubuh beraktivitas. Bentuknya seperti biji-bijian dengan ukuran bulat kecil. Di Indonesia sendiri, sorgum memang tidak cukup populer. Pasalnya keberadaan beras jauh lebih populer dibandingkan sorgum. Tapi ada beberapa daerah di Indonesia yang menyantap sorgum untuk menggantikan nasi. Salah satu wilayah di Indonesia yang banyak menggunakan sorgum adalah Nusa Tenggara Timur (NTT). Di sini masyarakatnya menyantap sorgum sebagai bahan makanan pokok selain nasi.



Sumber : Indonesia.go.id 


1. Bisakah Sorgum Menggantikan Nasi?

Pastinya ada banyak pertanyaan mengenai bisakah sorgum ini menggantikan konsumsi nasi atau bisakah sorgum dikonsumsi sehari-hari? Tentu saja bisa. Perlu kamu ketahui kalau sorgum ini menempati urutan kelima dalam daftar makanan pokok di dunia. Pada urutan pertama hingga keempat ada gandum, beras, jagung, dan barley. Jadi sudah bisa dipastikan kalau kamu bisa mengonsumsinya sehari-hari menggantikan penggunaan nasi pada umumnya. Tekstur sorgum ini memang berbeda dengan nasi. Sorgum setelah dimasak lebih mirip dengan tekstur kacang hijau yang sudah dimasak. Sedangkan untuk cita rasanya tak jauh berbeda karena ada sedikit cita rasa manis di dalamnya.

 

2. Manfaat Sorgum Bagi Kesehatan

Sorgum ini ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuhmu sehingga bisa dimasukkan dalam kategori superfood. Jika dikonsumsi secara rutin, maka sorgum bisa menjaga berat badan, menjaga gula darah, melancarkan sistem pencernaan, hingga mencegah beragam penyakit kronis. Jika dibandingkan dengan beras, sorgum diklaim jauh lebih unggul dalam hal nilai gizi. Sorgum memiliki kandungan protein, kalsium, zat besi, fosfor dan vitamin B1 yang lebih tinggi dibanding beras. Selain itu, dalam sorgum juga terdapat kandungan komponen bioaktif seperti polifenol, flavonoid, sterol, dan tanin yang baik untuk membantu pemulihan pasien kanker kolon

 

3. Sorgum Bisa Diolah Menjadi Aneka Kuliner Lezat

Sorgum ini ternyata tak hanya bisa disantap begitu saja seperti nasi, tetapi juga bisa dijadikan aneka olahan kuliner lezat. Sama seperti beras yang bisa dijadikan tepung, sorgum ini juga bisa dijadikan tepung. Tepung sorgum bisa diolah menjadi aneka cake atau kue lezat. Sifat dari tepung sorgum ini hampir mirip dengan tepung terigu sehingga bisa menggantikan penggunaan tepung terigu pada pembuatan kue. Selain dijadikan cake atau kue, sorgum juga bisa dijadikan minuman segar. Tapi pastinya sorgum yang digunakan untuk minuman ini harus dimasak terlebih dahulu. Barulah dicampur dengan gula atau susu kental manis dan es batu.


Sekarang pengetahuanmu tentang sorgum sudah semakin bertambah kan ya? Meski keberadaannya belum merata di seluruh daerah Indonesia, tapi semoga nantinya sorgum ini bisa dengan mudah kamu temukan ya! Untuk saat ini, kamu bisa memuaskan lapar kamu di salah satu tempat makan di bawah ini ya!

House Of Omurice

Foto House Of Omurice
Foto House Of Omurice
Foto House Of Omurice

Rice & Cheese

Foto Rice & Cheese
Foto Rice & Cheese
Foto Rice & Cheese

Go! Curry

Foto Go! Curry
Foto Go! Curry
Foto Go! Curry

Piring Nasi

Foto Piring Nasi
Foto Piring Nasi
Foto Piring Nasi

PokenbiR

Foto PokenbiR
Foto PokenbiR
Foto PokenbiR

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?