Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Takikomi Gohan, Nasi Liwet Ala Jepang yang Super Lezat dan Bergizi

List Artikel
15 Juni 2019 | 0 Komentar

Bagi pecinta kuliner Jepang, pastinya ada beberapa di antara kamu yang mengenal atau pernah mencicip kuliner yang bernama takikomi gohan. Tapi bisa jadi ada beberapa di antara kamu yang kurang familiar dengan kuliner asal Jepang ini karena hanya bisa ditemukan di restoran Jepang yang otentik. Sebenarnya takikomi gohan merupakan hidangan nasi liwet ala Jepang yang cocok disantap saat perut kamu sedang lapar. Jika diartikan dari penamaannya, takikomi memiliki arti memasak sesuatu bersama nasi, sedangkan gohan berarti nasi. Jadi pengertian dari takikomi gohan adalah nasi yang dimasak dengan bahan tambahan lain.



 Sumber : Justonecookbook.com


Lantas apa saja bahan yang digunakan untuk membuat takikomi gohan? Takikomi gohan dibuat dari bahan dasar beras, air, wortel, jamur, kaldu ayam, gula, kecap manis, soyu, kecap asin dan garam. Untuk membuatnya, pertama-tama cuci beras terlebih dahulu lalu masukkan dalam wadah memasak. Kamu bisa menggunakan rice cooker atau dandang untuk memasaknya. Kemudian tambahkan bahan-bahan lainnya lalu aduk hingga rata dan masak hingga matang. Takigomi gohan biasa disajikan dengan irisan daun bawang, biji wijen sangrai, nori atau rumput, dan shichimi atau bubuk cabai ala Jepang. Berhubung takigomi gohan pada dasarnya merupakan nasi campur, maka bahan di dalamnya juga bisa berbeda, kecuali nasi.


 Sumber : Chopstickchronicles.com


Kamu bisa menambahkan jenis sayuran lain seperti salmon yang sudah dipanggang terlebih dahulu, ayam yang sudah direbus, kulit tahu yang sudah digoreng, edamame, hingga biji-bijian. Dengan penambahan aneka bahan campuran ini maka cita rasa takikomi gohan akan jadi berbeda. Biasanya takikomi gohan disajikan begitu saja di dalam mangkuk atau bisa juga disajikan dengan bahan pendamping sup. Harga seporsi takikomi gohan tidak terlalu mahal, karena bahan yang digunakan bisa didapat dengan mudah.

 

Itulah sekilas info mengenai takikomi gohan yang kaya akan gizi. Jika ingin menikmati aneka menu kuliner Jepang lainnya, kamu bisa mampir ke salah satu dari beberapa tempat di bawah ini ya!

Sushi Hiro

Foto Sushi Hiro

Kokoro Tokyo Mazesoba

Foto Kokoro Tokyo Mazesoba
Foto Kokoro Tokyo Mazesoba

Okuzono Japanese Dining

Foto Okuzono Japanese Dining
Foto Okuzono Japanese Dining
Foto Okuzono Japanese Dining

Katsutoku

Foto Katsutoku
Foto Katsutoku

Genki Sushi

Foto Genki Sushi
Foto Genki Sushi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?