Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengenal Tanghulu, Manisan Buah Asal Tionghoa yang Disukai Blackpink

List Artikel
29 Juli 2021 | 0 Komentar

Buat penggemar musik K-pop pastinya kenal dengan Blackpink. K-pop group yang sedang naik daun ini dikenal sangat suka sekali makan. Meski memiliki badan yang langsing, tapi semua anggota membernya sangat suka menyantap camilan, salah satu camilan yang disukai oleh member Blackpink ini adalah tanghulu. Jika Teman Kuliner pernah melihat film dokumenternya yang berjudul "Light Up The Sky" yang tayang di Netflix tahun lalu, ada adegan di mana Jisoo dan Jennie membuat tanghulu di asrama mereka dan hampir saja membuat dapur mereka ini kebakaran karena menyalakan api terlalu besar saat sedang melelehkan gula. Tanghulu juga sempat muncul dalam foto Lisa ketika ia berada di Hongkong. Dalam fotonya, ia sedang memegang tanghulu strawberry.



Sumber: Blackpinkupdate.com


Lalu sebenarnya apa itu kuliner tanghulu? Tanghulu merupakan camilan tradisional asal Tionghoa yang juga termasuk dalam jajaran street food terfavorit di sana. Camilan ini dibuat dari bahan dasar buah-buahan yang nantinya akan ditusuk dengan tusukan bambu dan disiram dengan gula pasir yang sudah dicairkan. Setelah buah-buahan tersebut dicelupkan dalam lelehan gula pasir, maka harus didiamkan selama beberapa saat hingga gula mengeras. Jenis buah yang digunakan sebenarnya bisa beragam, tapi yang paling sering dijadikan sebagai tanghulu adalah strawberry, cherry, kiwi, jeruk, nanas, dan anggur. Buah-buahan ini dipilih karena tampilan warnanya yang cantik, rasanya yang agak asam, dan kadar airnya tidak terlalu banyak sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tanghulu.



Sumber: Pandagaul.com


Tanghulu memiliki perpaduan rasa manis pada bagian luar dan asam manis pada bagian dalam ketika Teman kuliner menggigit bagian dalamnya. Uniknya, meski menggunakan campuran gula yang dilelehkan, bagian luar dari tanghulu ini agak keras dan renyah, sedangkan bagian dalamnya sangat empuk. Menjadi kuliner yang punya tekstur dan rasa yang unik. Untuk membuatnya ini memang dibutuhkan trik-trik khusus karena jika salah langkah bisa membuat camilan tanghulu ini  gagal. Trik pertama adalah hindari melelehkan gula di atas api yang besar atau sedang, gunakan api yang sangat kecil dan tunggu dengan sabar hingga gula mulai meleleh. Jangan biarkan gula meleleh terlalu lama di atas api karena nantinya gula justru bisa menjadi karamel, salah-salah justru bisa membuatnya hangus seperti apa yang dilakukan oleh Jennie dan Jisoo pada saat membuatnya.



Sumber: Aubreyskitchen.com


Tanghulu ini adalah kuliner klasik yang ternyata sudah ada sejak zaman Dinasti Song. Dinasti Song ini adalah salah satu dinasti di Tiongkok yang sudah ada sejak tahun 960 sampai 1279. Tapi ada juga yang bilang kalau tanghulu sudah ada sejak zaman Dinasti Liao yang dimulai pada tahun 916 hingga 1125. Menurut cerita rakyat dari Dinasti Song, tanghulu awalnya dibuat oleh seorang tabib yang disuruh raja untuk mengobati selirnya yang sakit dan selalu terlihat murung. Setelah selir tersebut menyantap tanghulu, kondisinya semakin baik. Sedangkan menurut cerita rakyat dari Dinasti Liao, tanghulu juga tercipta dari seorang tabib, tapi dikisahkan di sini kalau tabib tersebut mengobati permaisuri Kaisar Guangzong yang kehilangan nafsu makannya.



Sumber: Chintai.net


Tabib tesebut memberikan resep kepada permaisuri untuk merebus haw dengan gula kristal dan menyantapnya sebelum makan. Haw adalah buah khas Tionghoa yang bentuknya mirip dengan apel merah, tapi ukurannya sangat kecil karena diameternya hanya berukuran sekitar 2-3 cm. Ukurannya ini mirip dengan tomato cherry dan punya rasa manis agak asam. Setelah rutin mengonsumsinya selama beberapa hari, ternyata nafsu makan permaisuri membaik dan perlahan pulih. Sejak saat itu, orang-orang Tionghoa suka membuat haw berlapis gula. Untuk memudahkan menyantapnya, maka haw akhirnya ditusuk dengan bambu sebelum dilumuri gula. Berhubung awalnya digunakan sebagai obat, tanghulu dianggap mampu untuk membantu menyembuhkan masalah pencernaan. Selain itu, tanghulu juga dianggap sebagai simbol dari kebahagiaan.

 

Begitulah asal usul tanghulu yang perlu Teman Kuliner ketahui. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kulinermu ya!

C for Cupcakes & Coffee

Foto C for Cupcakes & Coffee
Foto C for Cupcakes & Coffee
Foto C for Cupcakes & Coffee

Amy and Cake

Foto Amy and Cake
Foto Amy and Cake
Foto Amy and Cake

Lulu & Kayla

Foto Lulu & Kayla
Foto Lulu & Kayla
Foto Lulu & Kayla

NAMELAKA

Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA

Chateraise

Foto Chateraise
Foto Chateraise
Foto Chateraise

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?