Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengintip Makanan Khas Singapura yang Populer

List Artikel
20 September 2018 | 0 Komentar
Siapa nih yang sudah nonton film "Crazy Rich Asian" yang lagi booming di bioskop? Yang sudah nonton pasti setuju dong kalau film ini bagus banget, dengan alur cerita yang sebenarnya simple tapi eksekusinya luar biasa. Dan kalian juga pasti sudah tahu kalau negara Singapura menjadi latar utama dari film ini. Negara tetangga kita satu itu memang memiliki kota yang sangat indah dan kuliner yang enak serta cocok dengan lidah orang Indonesia. Maka nggak heran dong Singapura menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di kalangan orang Indonesia. Selain itu sudah banyak juga lho restoran Singapura bertebaran di Jakarta. Nah, bicara soal kuliner, kira-kira apa saja sih makanan khas Singapura yang populer? PergiKuliner bahas satu-satu yuk!

1. Nasi Ayam Hainan

Sumber : PergiKuliner.com

Ini nih masakan nasionalnya Singapura yang paling banyak ditemukan di seluruh penjuru hawker centre. Menunya sederhana, kebanyakan berupa nasi hainam dan untuk lauk nya ada beberapa pilihan, ada yang menggunakan ayam rebus yang dipotong-potong, tapi ada juga yang menggunakan roasted chicken. Kemudian disiram sedikit saus dan disajikan juga sambal, kecap dan cocolan jahe secara terpisah.

2. Laksa Singapore


Sumber : PergiKuliner.com

Laksa Singapore ini sebenarnya mirip dengan laksa khas Penang. Laksa ini sebenarnya terispirasi dari hidangan tionghoa yang tinggal didaerah Katong. Satu porsi laksa Singapore ini terdiri dari kuah santan yang merah pedas, kerang, udang, kacang, perkedel ikan. Rasanya manis, asin, dan gurih. Selain itu ciri khasnya adalah mi, yaitu bihun tebal yang dipotong-potong pendek supaya mudah disendok.

3. Fried Carrot Cake


Sumber : Visitsingapore.com

Sering salah dikira merupakan “kue” asli, faktanya kue wortel goreng di Singapura terbuat dari lobak yang dikukus dengan tepung beras, kemudian dipotong dadu, dan digoreng dengan bawang putih, telur, dan ‘chai poh’, yaitu lobak yang diasinkan.
Ada 2 varian yang terkenal, yaitu “hitam” dengan saus hitam karamel dan “putih” dengan telur yang digoreng sampai menjadi warna keemasan yang sempurna.

4. Bak Kut Teh


Sumber : PergiKuliner.com

Bak Kut Teh merupakan hidangan yang terbuat dari iga daging babi yang dimasak dalam api kecil dengan kaldu bumbu dan rempah-rempah. Rempah-rempah yang digunakan antara lain adalah cengkeh, kayu manis, adas manis, biji adas, dan ketumbar. Biasanya Bak Kut Teh disantap dengan sayur asin dan kembang tahu. Selain menyehatkan, Bak Kut Teh juga nikmat karena mengandung banyak rempah-rempah.

5. Hokkien Prawn Mee


Sumber : PergiKuliner.com

Mie hokkian ini sebenarnya terdiri dari kaldu yang berasal dari tulang babi atau udang yang biasanya disiram di mie goreng yang memiliki ukuran tipis dan biasanya dicampur dengan beberapa bahan seperti udang, cumi-cumi, babi, telur, dan biasanya di makan dengan sambal dan perasan jeruk nipis yang memberikan rasa yang manis, pedas, juga segar.

6. Kari Kepala Ikan Singapore

Sumber : Gotravelly.com

Kari Kepala ikan ini memang menjadi makanan khas Singapore yang sudah terkenal dengan cita rasanya yang khas. Kari kepala ikan ini adalah makanan khas India yang terdiri dari kepala ikan yang di campur dengan rempah-rempah, garam, gula, cabai, dan campuran bumbu lainnya yang memiliki cita rasa khas banget. Kari kepala ikan yang memiliki cita rasa asam pedas ini bisa disantap bersama nasi ataupun bersama roti mantao.

7. Kaya Toast


Sumber : Misstamchiak.com

Kaya toast ini adalah roti yang di olesi mentega yang di bakar dengan arang lalu di beri selai tradisional seperti kelapa dan mengeluarkan cita rasa yang unik, ada rasa manis, gurih, pahit, dan pas banget untuk menemani secangkir teh. Biasanya snack ini disajikan bersama dua telur rebus setengah matang, dengan kuning telur berair dan putih telur transparan, namun amat sedap karena diberi percikan kecap hitam dan taburan lada putih.

8. Chili Crab


Sumber : Livingnomads.com

Chili Crab merupakan hidangan kepiting yang disantap dengan saus dan bumbu dasar cabai. Sausnya yang kental dengan citarasa bawang putih dan cuka beras terasa semakin istimewa dengan tambahan telur tipis. Walaupun namanya Chili Crab, namun cita rasa pedasnya tidak sampai menyengat lidah. Kepiting yang digunakan biasanya adalah kepiting lumpur, namun bisa juga digunakan kepiting soka.

Nah itu dia tujuh makanan khas Singapura yang menjadi tujuan kuliner utama para turis. Namun jika kamu belum berencana terbang ke sana, nggak usah khawatir ya. Karena kamu bisa mendapatkan sensasi makanan tersebut di beberapa restoran Singapura yang ada di Jakarta. Rasanya nggak beda lho! Catat yuk referensinya di bawah ini! Untuk lebih lengkapnya kamu bisa langsung cek di aplikasi PergiKuliner ya!

Song Fa Bak Kut Teh

Foto Song Fa Bak Kut Teh
Foto Song Fa Bak Kut Teh
Foto Song Fa Bak Kut Teh

Wee Nam Kee

Foto Wee Nam Kee
Foto Wee Nam Kee
Foto Wee Nam Kee

Eastern Kopi TM

Foto Eastern Kopi TM
Foto Eastern Kopi TM
Foto Eastern Kopi TM

QQ Kopitiam

Foto QQ Kopitiam
Foto QQ Kopitiam
Foto QQ Kopitiam

Singapore Koo Kee

Foto Singapore Koo Kee
Foto Singapore Koo Kee
Foto Singapore Koo Kee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?