Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengintip Sejarah Nasi Bakar yang Konon Berasal dari Jawa Barat

List Artikel
3 September 2022 | 0 Komentar

Nasi bakar merupakan salah satu kuliner yang sangat populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, terutama bagi para pecinta kuliner tradisional. Pasalnya aroma dan rasa dari nasi bakar ini sangat autentik sekali dan sangat mencerminkan kuliner khas Indonesia. Mulai dari penggunaan daun pisang hingga rempah-rempah yang dicampurkan di dalamnya. Nasi bakar merupakan nasi yang sudah dimasak dengan aneka bumbu terlebih dahulu lalu di dalamnya diberi isian lauk pauk dan dibungkus menggunakan daun pisang dan dibakar hingga aromanya menjadi wangi menggoda. Menjadi kuliner yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, tahukah kamu asal usul dari nasi bakar ini?

 

Asal Usul Nasi Bakar



Sumber: Rasabunda.com


Asal usul nasi bakar sebenarnya hingga saat ini masih dipertanyakan karena banyak daerah yang mengklaim asal dari nasi bakar ini. Tapi kebanyakan orang menduga kalau nasi bakar aslinya berasal dari Jawa Barat karena dulunya banyak dijumpai di daerah tersebut. Konon, makanan yang punya aroma wangi khas ini sudah ada sejak lama. Tapi keberadaannya baru mulai diketahui oleh masyarakat di luar Jawa Barat pada sekitar tahun 90-an. Sementara kepopulerannya baru mulai naik daun pada awal tahun 2000-an. Jika awalnya nasi bakar hanya disajikan di restoran-restoran Sunda saja, saat ini Teman Kuliner juga bisa menjumpainya di restoran Indonesia. Mulai dari restoran Jawa hingga restoran Manado.

 

Jadi Bekal Makan Siang



Sumber: Rasabunda.com


Masyarakat Sunda umumnya memasak nasi bakar untuk dijadikan bekal bagi para suami mereka yang pergi bekerja menjadi petani di sawah atau kebun. Biasanya para istri akan membawakan bekal untuk suaminya yang bekerja dengan menggunakan rantang. Di dalam rantang akan ada isian nasi, lauk pauk, sambal, sayur kuah, dan sambal. Berhubung bekal tersebut dinilai cukup ribet untuk dikonsumsi, maka para istri pun berinisiatif untuk membuat makanan yang praktis tapi di dalamnya terdapat nasi, sayur, dan lauk sekaligus. Maka dibuatlah nasi bakar. Nasi bakar sangat praktis karena nantinya Teman Kuliner hanya perlu membuka bungkusnya yang terbuat dari daun pisang. Dengan menggunakan daun pisang, nasi bakar tidak hanya menjadi wangi, tapi daun pisang juga bisa dijadikan sebagai alas makan.

 

Lauk Pauk yang Digunakan dalam Nasi Bakar



Sumber: Kayakuliner.com


Nasi bakar aslinya dibuat dari nasi putih yang dimasak dengan santan, daun salam, sereh, dan lengkuas. Nantinya nasi akan diberi isian lauk. Jenis lauknya ini sangat bervariasi. Tapi kebanyakan nasi bakar menggunakan ikan goreng dalam isiannya, misalkan saja ikan teri. Selain ikan, ada udang, cumi, empal, daging cincang, hingga ayam fillet. Untuk sayurannya, nasi bakar umumnya diberi isian daun kemangi yang wajib disertakan karena aromanya sangat wangi, terutama saat dibakar. Selain daun kemangi, nasi bakar juga sering diberi campuran irisan jamur untuk memperkaya teksturnya atau menambahkan irisan cabai rawit untuk menambah rasa pedas di dalam nasi bakar tersebut.

 

Itulah sekilas sejarah mengenai nasi bakar yang ternyata bersal dari Jawa Barat. Jadi sekarang kamu sudah tahu kan asal dari kuliner yang punya aroma wangi menggoda ini? Apakah setelah melihat sejarah nasi bakar di atas, kamu jadi ingin mengonsumsinya?

 

Buat kamu yang ingin menyantap makanan Indonesia, di bawah ini ada rekomendasi restoran untuk didatangi. Yuk, coba kita cek!

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan
Foto Remboelan

Batavia Cafe

Foto Batavia Cafe
Foto Batavia Cafe
Foto Batavia Cafe

Delima Authentic Indonesian Food

Foto Delima Authentic Indonesian Food
Foto Delima Authentic Indonesian Food
Foto Delima Authentic Indonesian Food

Senyata

Foto Senyata
Foto Senyata
Foto Senyata

Rempah Sunda

Foto Rempah Sunda
Foto Rempah Sunda
Foto Rempah Sunda

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?