Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Menguak Asal Usul Cinnamon yang Jadi Roti Favorit di Coffee Shop

List Artikel
8 Mei 2022 | 14 Komentar

Bagi penyuka roti, cinnamon roll bukanlah kuliner yang asing lagi pastinya. Cinnamon roll adalah salah satu jenis roti yang sangat populer di dunia, termasuk di Indonesia. Keberadaannya ini tidak bisa dianggap sebelah mata karena cinnamon roll memiliki banyak sekali penggemar. Cinnamon roll bahkan tidak hanya bisa dijumpai di toko roti saja, tetapi juga di kafe hingga coffee shop. Kamu bisa membelinya sebagai camilan yang mengenyangkan atau bisa juga dijadikan sebagai menu sarapan pagi karena cukup membuat perut terasa kenyang. Di Indonesia sendiri, cinnamon roll terbilang cukup terkenal karena roti ini memiliki aroma kayu manis yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Seperti yang kita tahu kalau kayu manis adalah salah satu rempah yang bisa didapat dengan mudah di Indonesia dengan harga yang terjangkau sehingga ada banyak kuliner yang dibuat dengan campuran kayu manis.



Sumber: Pergikuliner.com


 

Asal Negara Munculnya Cinnamon Roll

Setiap kuliner pasti memiliki asal usulnya tersendiri alias negara pertama kali kuliner tersebut muncul. Sebenarnya asal muasal dari roti ini masih menjadi perdebatan dan perbincangan hingga saat ini. Tapi bisa dipastikan kalau cinnamon roll kemungkinan muncul di negara-negara yang ada di Eropa Utara. Pasalnya, teknik memanggang cinnamon roll dibuat dengan pengaruh teknik memanggang dari negara-negara Eropa Utara seperti Jerman, Swedia, dan Denmark. Meski demikian dipercaya kalau cinnamon roll ini pertama kali dibuat di Swedia. Pasalnya, masyarakat Swedia selalu memperingati hari cinnamon roll setiap tanggal 4 Oktober. Terlepas dari itu, konon resep asli cinnamon roll sudah ada sejak pertengahan abad pada zaman Yunani Kuno. Tapi hingga kini kebenarannya masih belum bisa dipastikan.



Sumber: Dapurawit.com


Ciri Khas dari Cinnamon Roll

Bukan tanpa alasan mengapa cinnamon roll menjadi sangat disukai oleh masyarakat dunia. Salah satu alasannya adalah karena ciri khas dari cinnamon roll yang sangat berbeda dari roti-roti yang lainnya. Dari segi tampilan, cinnamon roll memiliki tampilan yang unik seperti lingkaran yang bergulung dengan bagian atas yang terlihat kecoklatan karena karamelisasi. Selain dari tampilannya yang menawan, aromanya juga sangat wangi karena dibuat dari campuran kayu manis. Tak hanya itu saja, rasa cinnamon roll juga sangat enak. Cinnamon roll memiliki rasa rempah yang dominan dengan campuran rasa legit dari gula palem yang tercampur di dalamnya. Teskturnya juga ada perpaduan antara empuk dan lengket dikarenakan karamel yang berada di tengah-tengahnya.

 


Sumber: Wikipedia.org


Bukan Jenis Bakery, Tapi Pastry

Tahukah kamu kalau ada satu fakta unik dari cinnamon roll yakni kuliner ini sebenarnya termasuk jenis pastry, bukanlah bakery alias roti. Selama ini kita selalu menganggap kalau cinnamon roll termasuk jenis roti karena memiliki tekstur yang cukup lembut dengan rongga mirip roti pada bagian dalamnya. Selain itu di dalam bahan dasarnya pun menggunakan ragi sebagai pengembang. Tapi pada kenyataannya, cinnamon roll termasuk jenis pastry karena dulunya kuliner ini memiliki tekstur yang terbilang cukup renyah, mirip dengan tekstur pastry pada umumnya. Lalu seiring dengan perkembangan zaman, cinnamon roll mengalami perubahan tekstur menjadi seperti yang kita kenal seperti saat ini.

 


Sumber: Pergikuliner.com


Jadi Salah Satu Roti Favorit di Coffee Shop

Di negara-negara Eropa, cinnamon roll menjadi menu sarapan pagi yang banyak disantap dengan ditemani secangkir kopi. Meski demikian, dulunya masyarakat Eropa harus membeli keduanya di tempat yang terpisah yakni cinnamon roll di bakery sedangkan membeli kopi di kedai kopi pastinya. Berhubung hal ini memakan banyak waktu, maka kedai kopi pun mulai menyediakan cinnamon roll sebagai salah satu menu mereka. Inilah yang menyebabkan cinnamon roll juga bisa kita jumpai di coffee shop.

 

Itulah sekilas cerita tentang asal usul cinnamon roll yang selalu menjadi favorit di coffee shop. Apakah kamu suka memesan cinnamon roll saat mampir ke coffee shop?

Saint Cinnamon & Coffee

Foto Saint Cinnamon & Coffee
Foto Saint Cinnamon & Coffee
Foto Saint Cinnamon & Coffee

Sinamon

Foto Sinamon
Foto Sinamon
Foto Sinamon

Provence

Foto Provence
Foto Provence
Foto Provence

Cerita Roti

Foto Cerita Roti
Foto Cerita Roti
Foto Cerita Roti

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Topik artikel ini:
14 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
rLyMdjabKoiJ
barghnoemi@yahoo.com | 08 May 2022 pk. 02:44 PM
Foto user umum
wKGnviQedop
emerald_outhwaite@yahoo.com | 08 May 2022 pk. 07:19 PM
Foto user umum
tZQcSojORGgC
emerald_outhwaite@yahoo.com | 08 May 2022 pk. 07:19 PM
Foto user umum
HSQdtfCPqj
Onataljaasandraem5979@gmail.com | 09 May 2022 pk. 09:29 AM
Foto user umum
EHNgheIOVjWCld
Onataljaasandraem5979@gmail.com | 09 May 2022 pk. 09:29 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?