Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Menguak Tren Brown Sugar, Apakah Sebenarnya Lebih Sehat dari Gula Biasa?

List Artikel
25 Juni 2019 | 0 Komentar

Dunia kuliner di Jakarta saat ini sedang dihebohkan dengan adanya tren brown sugar yang semakin hari semakin terkenal saja. Tren brown sugar dalam dunia kuliner pada awalnya dipicu oleh minuman teh dengan boba asal Taiwan yang menggunakan brown sugar sebagai variasinya. Perlahan brown sugar ini tak hanya digunakan pada minuman boba saja, tapi sudah merambah pada minuman dan dessert lain. Mungkin beberapa di antara kamu sudah pernah mencicip olahan brown sugar tapi sebenarnya tidak mengetahui secara pasti apa itu sebenarnya brown sugar. Jika diperhatikan sekilas, warna dari brown sugar memang terlihat mirip dengan gula aren sehingga tak sedikit orang yang salah mengenalinya. Padahal brown sugar ini sangat berbeda dengan gula aren karena brown sugar terbuat dari esktrak tebu, sama seperti gula pasir. Sedangkan gula aren dibuat dari pohon palem sehingga sering dijuluki dengan nama palm sugar.



Sumber : Pergikuliner.com


Lalu apakah brown sugar ini sama dengan gula pasir biasa? Seperti yang sudah dikatakan di atas, brown sugar ini dibuat dengan bahan yang sama untuk membuat gula pasir. Perbedaannya adalah gula pasir tidak diberi molase dan melalui proses pemutihan pada proses pembuatannya. Sedangkan brown sugar diberikan molase. Molase merupakan sebuah cairan yang merupakan hasil dari penyaringan sari tebu saat membuat gula pasir. Warna molase ini cenderung cokelat tua sehingga tak heran kalau brown sugar ini memiliki warna yang kecoklatan. Meski demikian, aroma saat terkaramelisasi dari brown sugar ini lebih wangi jika dibandingkan dengan gula pasir. Jadi tak heran kalau penggunaannya lebih sering digunakan pada dessert dan minuman.


Sumber : Pergikuliner.com


Berhubung bahan pembuatnya sama dengan gula pasir, lantas apakah brown sugar lebih baik untuk kesehatan? Anggapan kalau brown sugar lebih sehat dikarenakan banyak orang yang membandingkannya dengan nasi putih dan nasi cokelat (brown rice) serta roti tawar putih dan roti tawar gandum yang berwarna agak kecoklatan. Seperti yang kamu ketahui, kuliner dengan warna cokelat dirasa lebih sehat dibanding warna putih. Mitos mengenai brown sugar lebih sehat dibanding gula pasir pun menyebar. Padahal, brown sugar ini sama saja dengan gula putih. Keduanya sama-sama pemanis yang jika dikonsumsi berlebihan bisa berdampak buruk pada kesehatan. Meski demikian, brown sugar ini memiliki kandungan vitamin yang lebih lengkap dan banyak jika dibandingkan gula pasir karena ada vitamin B, kalsium, magnesium, dan kalium di dalamnya.


Jadi sekarang ini sudah tahu kan jawabannya? Buat yang ingin mencicip aneka kuliner dengan brown sugar, kamu bisa mampir ke salah satu gerai kuliner di bawah ini!

Diagon Alley

Foto Diagon Alley
Foto Diagon Alley
Foto Diagon Alley

Tiger Sugar

Foto Tiger Sugar
Foto Tiger Sugar
Foto Tiger Sugar

Chatime

Foto Chatime

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?