Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengulik Fakta Di Balik Tren Ngeliwet yang Merambah Ibu Kota

List Artikel
16 Agustus 2018 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang sering ngeliwet? Ngeliwet merupakan tradisi makan bersama-sama yang berasal dari daerah Jawa Barat. Ngeliwet dikatakan sangat unik karena tidak menggunakan piring sebagai alas makan, melainkan menggunakan daun pisang yang dibentangkan vertikal panjang lalu di atasnya diletakkan nasi beserta lauk pauknya seperti tahu, tempe, ayam, telor, sambal, dan pastinya lalapan khas Sunda. Nasi yang digunakan pada liwetan ini bisa nasi putih, nasi merah, atau nasi tutug oncom.


Sumber : Pergikuliner.com


Tradisi ngeliwet awalnya hanya diadakan oleh orang-orang yang bekerja di sawah. Lalu sebagian besar masyarakat yang ada di daerah-daerah mulai mengikuti tradisi ini saat ada kerja bakti, pertemuan warga, atau acara besar keagamaan. Tapi beberapa tahun belakangan, tradisi ngeliwet ini seolah menjadi tren di masyarakat perkotaan, terutama di Ibu Kota. Kamu bisa dengan mudah menemukan menu liwetan di restoran-restoran Indonesia, baik itu restoran kelas menengah hingga restoran hotel. Lantas apa sebenarnya yang membuat ngeliwet ini semakin digemari oleh masyarakat perkotaan.



Sumber : Pergikuliner.com


Jika kamu perhatikan lebih lanjut, ngeliwet ini tidak bisa dilakukan oleh satu, dua, atau tiga orang saja, melainkan lebih dari 4 orang. Semakin banyak orang yang ikutan ngeliwet, maka acara ngeliwet akan semakin seru dan semakin nikmat. Masyarakat ibu kota yang melakukan acara ngeliwet biasanya dalam rangka arisan atau kumpul-kumpul bersama dengan teman dan keluarga. Hal ini dikarenakan ngeliwet bisa menambah hubungan pertemanan dan kekeluargaan menjadi lebih erat. Jika biasanya masing-masing orang akan memesan menu yang berbeda pada saat arisan atau kumpul-kumpul, ketika ngeliwet bareng, menu yang dipesan sama semuanya. Ditambah lagi makannya di atas daun pisang yang sama.


Meski sama-sama ngeliwet, tapi menu lauk-pauk yang ditawarkan oleh restoran-restoran Indonesia di Jakarta ini lebih beragam jenisnya sehingga membuat kamu dan teman-teman atau keluarga jadi punya banyak pilihan paket liwetan yang bisa dipilih. Nah, buat kamu yang ingin mengadakan acara ngeliwet, kamu bisa datang ke salah satu restoran yang ada di bawah ini! 

Streats - Ibis Styles Sunter

Foto Streats - Ibis Styles Sunter

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur

Momentum

Foto Momentum
Foto Momentum

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?