Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengungkap Asal Usul Brownies, Si Hitam Manis yang Rasanya Legit

List Artikel
2 September 2017 | 0 Komentar

Brownies, salah satu dessert berbahan utama cokelat ini memang banyak disukai orang karena cocok dipadukan dengan minuman apa saja seperti kopi hingga teh. Brownies biasa dijual atau disajikan dalam bentuk persegi panjang utuh satu alias satu loyang atau dalam bentuk yang sudah dipotong-potong. Kue yang bertekstur legit ini awalnya berasal dari Amerika Serikat, kemudian merambah ke benua Eropa hingga Asia. Meski sudah tenar hingga ke berbagai negara, bentuk serta cita rasa brownies klasik tetap saja sama di semua negara, yakni memiliki rasa cokelat yang sangat dominan.



Sumber : pergikuliner.com


Ada banyak cerita tentang dari mana sebenarnya asal muasal brownies. Ada yang mengatakan kalau kue ini awalnya berasal dari kue gagal yang lupa diberi pengembang, namun ada juga yang mengatakan kalau kue ini dibuat dari sisa-sisa bahan kue yang dimiliki seorang koki yang toko kuenya terancam bangkrut. Resep awal brownies pertama kali muncul di tahun 1904 pada buku resep memasak Home Cookery, tapi resep tersebut dianggap belum sempurna dan pada tahun 1907 resep brownies kedua muncul pada buku resep masak Lowney’s Cook Book. Resep kedua inilah yang digunakan sebagai resep brownies klasik hingga sekarang.



Sumber : pergikuliner.com


Resep brownies klasik menggunakan dua tipe cokelat, yakni cokelat bubuk dan cokelat batangan yang dilelehkan kemudian dicampur dengan tepung terigu, telur, dan mentega. Kue ini tidak menggunakan pengembang sama sekali sehingga sering dijuluki sebagai kue bantat alias kue gagal. Proses pembuatannya jika tidak perlu diaduk menggunakan mixer karena cukup diaduk menggunakan spatula saja hingga tercampur rata. Brownies klasik biasanya diberi taburan kacang almond di atasnya. Tapi kamu juga bisa menemukan aneka topping atau taburan lain seperti meises, keju, hingga jenis kacang-kacangan lainnya.



Sumber : pergikuliner.com


Brownies mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak tahun 2000-an. Bandung menjadi kota yang berperan penting dalam sejarah perkembangan brownies di Indonesia. Awalnya brownies hanya dijual di kota yang dijuluki dengan nama kota kembang ini dan sering djadikan sebagai oleh-oleh khas. Tapi lama kelamaan brownies mulai dijual di daerah lain. Sekarang brownies tak hanya bisa kamu jumpai di toko kue, tapi juga ada di coffee shop yang dijual dalam bentuk slice alias potongan. 


Itu tadi sejarah singkat tentang brownies. Nah, kalo kamu kepingin makan brownies sambil minum kopi atau teh, kamu bisa datang ke beberapa tempat rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Libby Brownies

Foto Libby Brownies

Mister Sunday

Foto Mister Sunday

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters

La Maison

Foto La Maison

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?