Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengungkap Fakta di Balik Hot Pot, Sebenarnya Asalnya dari Mana?

List Artikel
17 Juni 2021 | 0 Komentar

Siapa yang tidak tahu hot pot? Hot pot merupakan kuliner yang disajikan dalam wadah pot yang di dalamnya terdapat aneka bahan rebusan, mulai dari sayuran daging, tahu dan lain sebagainya. Pasti tidak sedikit dari kamu yang merasa bingung dengan asal usul hot pot ini karena ada tiga negara yang sama-sama memiliki kuliner hot pot, yakni Jepang, China dan Thailand. Lantas dari ketiga negara tersebut, sebenarnya dari manakah asal hot pot? Usut punya usut, ternyata aslinya hotpot ini berasal dari China. Menurut sejarah, hot pot sudah ada sejak 1000 tahun yang lalu. Lalu kenapa Jepang dan Thailand juga ada hot pot? Di Jepang, hot pot lebih dikenal dengan nama shabu-shabu, sedangkan di Thailand, dikenal dengan nama steamboat. Shabu-shabu dan steamboat ini sebenarnya adalah kuliner yang diadaptasi dari hot pot.



Sumber: Pergikuliner.com


Sejarah tentang hot pot dari China ini diperkuat dari asal mulanya yang konon berasal dari bangsa Mongolia. 1000 tahun yang lalu, para prajurit Mongolia yang sedang melakukan invasi besar-besaran ke China ini memutuskan untuk tidak membawa bekal makanan dan peralatan memasak karena dianggap memenuhi dan memperberat barang bawaan. Pada saat menyebrangi tembok China, para prajurit yang menunggang kuda ini terkepung dan membuat mereka kelaparan. Berhubung mereka tidak membawa peralatan memasak, maka mereka memutuskan untuk merebus air dalam topi baja yang digunakan untuk memasak makanan. Inilah yang dikabarkan menjadi asal usul hot pot.



Sumber: Pergikuliner.com


Hot pot di negara asalnya kebanyakan selalu disajikan pada saat musim dingin untuk menghangatkan badan. Tapi bukan berarti pada musim panas orang China tidak menyantap hot pot. Menyantap hot pot pada musim panas dipercaya bisa meredakan suhu tubuh karena adanya keringat yang keluar. Selain itu, dalam sajian hot pot terdapat aneka nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk tubuh sehingga bisa menyehatkan, baik itu saat musim dingin maupun panas. 


Berbicara mengenai hot pot, ternyata ada makna khusus yang dimilikinya. Hot pot mengandung simbol kebersamaan. Hal ini dikarenakan hot pot harus disantap secara beramai-ramai berhubung porsinya sangat besar. Hot pot memang dirancang untuk dinikmati dalam waktu yang cukup lama sehingga para penikmatnya bisa berbagi cerita sambil menyantap hot pot. Jadi dengan menyantap hot pot beramai-ramai maka rasa kebersamaan bisa semakin erat.

 

Itulah beberapa fakta unik mengenai hot pot yang perlu kamu ketahui. Kalau Teman Kuliner ingin mencoba rekomendasi restoran hot pot yang enak di Jakarta, PergiKuliner sudah merangkum rekomendasinya di bawah ini!

Haidilao Hot Pot

Foto Haidilao Hot Pot
Foto Haidilao Hot Pot
Foto Haidilao Hot Pot

Shu Guo Yin Xiang

Foto Shu Guo Yin Xiang
Foto Shu Guo Yin Xiang
Foto Shu Guo Yin Xiang

Eight Treasures Silver

Foto Eight Treasures Silver
Foto Eight Treasures Silver
Foto Eight Treasures Silver

Fire Pot

Foto Fire Pot
Foto Fire Pot
Foto Fire Pot

Chongqing Liuyishou Hotpot

Foto Chongqing Liuyishou Hotpot
Foto Chongqing Liuyishou Hotpot
Foto Chongqing Liuyishou Hotpot

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?