Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mengungkap Fakta di Balik Kuliner Hotpot, Sebenarnya Asalnya dari Mana?

List Artikel
15 November 2019 | 0 Komentar

Siapa yang tidak tahu hotpot? Hotpot merupakan kuliner yang disajikan dalam wadah pot yang di dalamnya terdapat aneka bahan rebusan, mulai dari sayuran daging, tahu dan lain sebagainya. Pasti tidak sedikit dari kamu yang merasa bingung dengan asal usul hotpot ini karena ada tiga negara yang sama-sama memiliki kuliner hotpot, yakni Jepang, China dan Thailand. Lantas dari ketiga negara tersebut, sebenarnya dari manakah asal hotpot? Usut punya usut, ternyata aslinya hotpot ini berasal dari China. Menurut sejarah, hot pot sudah ada sejak 1000 tahun yang lalu. Lalu kenapa Jepang dan Thailand juga ada hotpot? Di Jepang, hot pot lebih dikenal dengan nama shabu-shabu, sedangkan di Thailand, dikenal dengan nama steamboat. Shabu-shabu dan steamboat ini sebenarnya adalah kuliner adaptasi dari hotpot.



 Sumber : Media.npr.org


Sejarah tentang hotpot dari China ini diperkuat dari asal mulanya yang konon berasal dari bangsa Mongolia. 1000 tahun yang lalu, para prajurit Mongolia yang sedang melakukan invasi besar-besaran ke China ini memutuskan untuk tidak membawa bekal makanan dan peralatan memasak karena dianggap memenuhi dan memperberat barang bawaan. Pada saat menyebrangi tembok China, para prajurit yang menunggang kuda ini terkepung dan membuat mereka kelaparan. Berhubung mereka tidak membawa peralatan memasak, maka mereka memutuskan untuk merebus air dalam topi baja yang digunakan untuk memasak makanan. Inilah yang dikabarkan menjadi asal usul hotpot.



 Sumber : Discoverlosangles.com


Hotpot di negara asalnya kebanyakan selalu disajikan pada saat musim dingin untuk menghangatkan badan. Tapi bukan berarti pada musim panas orang China tidak menyantap hotpot. Menyantap hotpot pada musim panas dipercaya bisa meredakan suhu tubuh karena adanya keringat yang keluar. Selain itu, dalam sajian hot pot terdapat aneka nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk tubuh sehingga bisa menyehatkan, baik itu saat musim dingin maupun panas. Berbicara mengenai hotpot, ternyata ada makna khusus yang dimilikinya. Hotpot mengandung simbol kebersamaan. Hal ini dikarenakan hotpot harus disantap secara beramai-ramai berhubung porsinya sangat besar. Hot pot memang dirancang untuk dinikmati dalam waktu yang cukup lama sehingga para penikmatnya bisa berbagi cerita sambil menyantap hotpot. Jadi dengan menyantap hotpot beramai-ramai maka rasa kebersamaan bisa semakin erat.

 

Itulah beberapa fakta unik mengenai hotpot yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuanmu ya!

Khubilai Khan

Foto Khubilai Khan
Foto Khubilai Khan
Foto Khubilai Khan

Chongqing Liuyishou Hotpot

Foto Chongqing Liuyishou Hotpot
Foto Chongqing Liuyishou Hotpot
Foto Chongqing Liuyishou Hotpot

Lao Lao Huo Guo

Foto Lao Lao Huo Guo
Foto Lao Lao Huo Guo
Foto Lao Lao Huo Guo

High Style Hotpot

Foto High Style Hotpot
Foto High Style Hotpot
Foto High Style Hotpot

Imperial Steam Pot

Foto Imperial Steam Pot
Foto Imperial Steam Pot
Foto Imperial Steam Pot

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?