Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Menjelajahi 5 Negara Terbaik Bagi Vegan, Traveler Wajib Tahu!

List Artikel
21 Juli 2023 | 0 Komentar

Vegan merupakan sebuah istilah yang disematkan untuk orang-orang yang mengadopsi pola makan yang sangat terbatas dalam jenis makanan yang dikonsumsi. Secara kategoris, vegan termasuk dalam salah satu tipe vegetarian, namun ia memiliki batasan yang lebih ketat dibandingkan vegetarian lainnya. Seorang vegan dengan tegas menghindari semua jenis makanan yang berasal dari hewan, serta produk turunannya seperti susu, telur, keju, madu, dan produk olahan hewani lainnya. 



Sumber: Pergikuliner.com


Menjadi vegan telah diakui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Banyak penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa pola makan vegan yang tepat dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, stroke, hipertensi, diabetes tipe 2, kanker lambung, dan bahkan kanker usus besar. Dengan mengkonsumsi lebih banyak serat, vitamin, mineral, dan antioksidan dari sumber-sumber nabati, vegan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka dan menjaga berat badan yang sehat. Selain itu, pola makan vegan yang berfokus pada makanan utuh dan minim pengolahan juga berkontribusi pada menurunkan risiko obesitas dan kondisi kesehatan terkait.



Sumber: Kompas.com


Seseorang yang menjalani pola makan vegan pasti memiliki kekhawatiran sendiri saat mencari tempat makan, terutama bagi mereka yang berencana melakukan perjalanan ke luar negeri. Tidak dapat dipungkiri bahwa mencari makanan vegan yang lezat dan bervariasi dapat menjadi tantangan tersendiri ketika berada di negara yang belum familiar dengan pola makan ini.


Namun, jangan khawatir! Terdapat beberapa negara yang sangat ramah bagi para vegan dan menawarkan beragam pilihan kuliner nabati yang lezat dan kreatif. Berikut adalah 5 negara terbaik yang dapat dikunjungi oleh para vegan!


1. India



Sumber: Dreamstime.com


India menjadi negara terbaik dikunjungi oleh vegan. India menempati posisi pertama karena mayoritas kuliner yang ada di negara tersebut memang tidak banyak yang menggunakan daging dan olahannya sehingga cocok untuk vegan. India memiliki penduduk yang vegan hingga mencapai 29 persen, menjadikannya salah satu negara dengan persentase vegan tertinggi di dunia. Jadi, wajar saja kalau negara ini diakui sebagai surga kuliner bagi para vegan yang mencari pilihan makanan yang sesuai dengan prinsip dan gaya hidup mereka.


Selain itu, India juga dikenal dengan beragam hidangan nabati yang lezat dan bervariasi, mulai dari hidangan masakan tradisional hingga makanan jajanan di pinggir jalan. Beberapa hidangan khas India yang populer di kalangan vegan antara lain Masala Dosa, Chana Masala, Aloo Gobi, dan banyak lagi. Keberadaan restoran dan kedai makanan sepenuhnya vegan juga semakin meluas di kota-kota besar seperti Mumbai, Delhi, dan Bangalore. Dengan begitu banyak pilihan makanan lezat dan ramah vegan, tidak mengherankan jika India menjadi destinasi impian bagi para vegan yang ingin menjelajahi kekayaan kuliner tanpa khawatir dengan bahan-bahan hewani. 

 

2. Meksiko


\

Sumber: Mexicoantiguo.tumblr.com


Negara Meksiko menempati urutan kedua sebagai negara terbaik yang cocok dikunjungi oleh vegan. Di sini, hampir 20 persen masyarakatnya merupakan seorang vegan, yang menandakan kesadaran yang meningkat terhadap gaya hidup sehat dan berkelanjutan. Selain India, Meksiko juga menawarkan pengalaman kuliner vegan yang sangat menarik dan lezat. Kamu bisa menikmati beragam hidangan khas Meksiko yang diadaptasi menjadi versi vegan, seperti Tacos Vegan, Enchiladas Nabati, dan Burrito Sayuran.


Selain itu, Meksiko juga memiliki beragam hidangan tradisional yang sudah menjadi pilihan vegan secara alami, seperti Guacamole, Salsa, dan Ceviche Nabati. Banyak hidangan khas Meksiko yang menggunakan bahan-bahan segar dan sederhana, sehingga mudah diubah menjadi hidangan vegan yang menggugah selera.

 

3. Brazil



Sumber: Pinterest.com


Selanjutnya ada Brazil yang juga cocok untuk dijadikan sebagai negara untuk traveling karena ramah vegan. Meski Brazil termasuk dalam daftar pengekspor daging terbesar di dunia, tapi uniknya, masyarakat Brazil justru menganut pola makan vegan. Fenomena ini baru terjadi dalam enam tahun belakangan sehingga masih terbilang baru namun menggembirakan bagi para vegan dan vegetarian.


Teman Kuliner akan menemukan banyak kafe baru yang menyajikan kuliner khas vegan dengan cita rasa yang menggoda di seluruh negeri ini. Brazil menawarkan beragam pilihan hidangan vegan yang lezat dan sehat, termasuk hidangan tradisional yang telah diadaptasi menjadi versi tanpa daging. Beberapa contoh hidangan vegan yang populer di Brazil adalah Moqueca Vegan, Feijoada Vegan, dan Coxinha Nabati.


Tidak hanya itu, berkat perubahan pola makan yang semakin diterima oleh masyarakat, banyak restoran dan kedai makanan yang kini menyediakan menu vegan yang beragam dan kreatif. Mulai dari kota-kota besar seperti Rio de Janeiro dan Sao Paulo hingga desa-desa kecil di pedesaan. 

 

4. Thailand



Sumber: Exploreshaw.com


Thailand menjadi negara terbaik kelima untuk vegan, menawarkan pengalaman kuliner yang memikat bagi para pecinta makanan nabati. Meskipun terkenal dengan makanan yang kaya rasa seperti Tom Yum dan Pad Thai, Thailand juga menjadi surga bagi vegan dengan beragam hidangan nabati yang lezat dan kreatif.


Tak hanya Bangkok, kota metropolitan yang terkenal dengan kehidupan malamnya, tetapi juga kota-kota lain di Thailand, seperti Chiang Mai dan Phuket, yang memiliki banyak pilihan restoran dan kedai makanan yang sepenuhnya vegan. Para vegan akan menemukan kelezatan hidangan seperti Green Curry Sayur, Som Tum (salad papaya), dan Mango Sticky Rice yang terbuat dari beras ketan, mangga manis, dan santan kelapa, tanpa bahan hewani sama sekali.


5. Indonesia



Sumber: Mikesroadtrip.com


Indonesia menjadi negara terbaik bagi vegan, menawarkan kekayaan kuliner nabati yang lezat, beragam, dan menggoda selera. Dengan masyarakat yang ramah dan penuh keramahan, para vegan akan merasa seperti di rumah sendiri di Indonesia. Dari Sabang hingga Merauke, Indonesia menyajikan beragam hidangan tradisional yang berbahan dasar nabati, seperti Gado-Gado, Ketoprak, dan Sayur Lodeh. Selain itu, para vegan juga dapat menikmati makanan ringan dan jajanan khas Indonesia yang tak kalah nikmat, seperti Tempe Goreng, Tahu Isi, dan Kue Lapis.


Tak hanya itu, semakin banyak restoran dan kedai makanan yang menyediakan menu vegan di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Para vegan juga dapat menemukan alternatif vegan untuk hidangan populer seperti Rendang, Sate, dan Nasi Goreng.


Itulah dia 5 negara yang ramah bagi para vegan. Sebelum merencanakan perjalanan keliling dunia, tidak ada salahnya untuk mengetahui rekomendasi tempat makan yang ramah vegan dan vegetarian yang dekat-dekat dulu. Kebetulan PergiKuliner sudah merangkum rekomendasinya di bawah ini. Jangan lupa dicatat ya!

Nutrisi Cafe

Foto Nutrisi Cafe
Foto Nutrisi Cafe
Foto Nutrisi Cafe

Oranje Juicery

Foto Oranje Juicery
Foto Oranje Juicery
Foto Oranje Juicery

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Salad Point ID

Foto Salad Point ID
Foto Salad Point ID
Foto Salad Point ID

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?