Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Menuai Kontroversi, Ini Fakta Unik dari Jamur Enoki!

List Artikel
13 Juli 2020 | 0 Komentar

Beberapa saat yang lalu, jamur enoki sempat membuat heboh masyarakat Indonesia karena keberadaannya dimusnahkan oleh pemerintah dan penjualannya dihentikan. Hal ini dikarenakan jamur enoki diduga mengandung bakteri listeria yang berbahaya jika sampai masuk ke dalam tubuh. Ada banyak orang di berbagai negara telah dilaporkan terinfeksi bakteri  ini setelah menyantap jamur enoki. Beberapa di antaranya bahkan ada yang sampai menyebabkan meninggal. Jamur enoki biasanya digunakan pada olahan masakan Jepang. Mulai dari direbus menjadi shabu-shabu hingga digoreng kering menjadi tempura. Jamur enoki memang sudah ditarik dari pasaran, tapi kita masih bisa mengenangnya bukan? Dibalik kontroversinya, jamur enoki ternyata menyimpan beragam fakta unik yang perlu kamu ketahui loh. Baca terus artikel ini ya!



Sumber: Womentalk.com


Punya Julukan Lain   

Jamur enoki memiliki banyak julukan lain yang dikenal oleh masyarakat. Di China, jamur ini dijuluki dengan nama jamur jingu, di Vietnam namanya nam kim cham, di Korea namanya beoseot, ada juga nama-nama lainnya seperti jamur tauge, jamur putih, hingga jamur jarum, dan jarum lily.


Jamur Enoki Punya Dua Jenis

Selama ini kita mengenal jamur enoki hanya punya satu jenis saja, yakni jamur enoki yang berbentuk seperti jarum pentul dengan bagian badan langsing dan panjang dan warnanya keputihan. Tapi sebenarnya jamur ini ada dua jenisnya, untuk jamur enoki yang kita ketahui selama ini adalah jenis jamur enoki hasil budidaya, sedangkan untuk jenis satunya lagi adalah jamur enoki liar. Bentuknya sama, hanya saja warnanya yang berbeda. Untuk jamur enoki liar warnanya cokelat keemasan.


Dijadikan Sebagai Obat

Jamur enoki memiliki banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya sehingga dijadikan sebagai pengobatan tradisional yang digunakan di Tiongkok dan Jepang. Dalam 65 gram jamur enoki terdapat kandungan vitamin B3, B5, B1, B2, dan fosfor. Jamur enoki dipercaya dapat mengobati penyakit hati, hipertensi, dan kolesterol. Jamur enoki juga dapat menjaga kekebalan tubuh karena di dalamnya ada kandungan asam amino, lisin, dan ergothione.


Bisa Membakar Lemak dalam Tubuh

Jamur enoki sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang sedang berdiet. Hal ini bukan tanpa alasan. Jamur enoki punya kandungan asam linoleat yang efektif dalam membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Ditambah lagi kandungan kalorinya pun sangat rendah sehingga bagus dikonsumsi ketika kamu sedang ingin menurunkan berat badan. Tentunya fungsi jamur enoki dapat maksimal untuk menurunkan berat badan jika kamu memasaknya dengan cara merebus atau memanggangnya, bukan menggorengnya.


Nah, itu dia beberapa fakta unik dari jamur enoki yang saat ini sedang penuh kontroversi. Kalau menurut kamu gimana nih teman kuliner? Apakah jamur enoki jadi salah satu makanan favorit kamu?

Warung Kemuning

Foto Warung Kemuning
Foto Warung Kemuning
Foto Warung Kemuning

Warung Leko

Foto Warung Leko
Foto Warung Leko
Foto Warung Leko

Bakmi Ayam Jamur By Mei's Kitchen

Foto Bakmi Ayam Jamur By Mei's Kitchen
Foto Bakmi Ayam Jamur By Mei's Kitchen
Foto Bakmi Ayam Jamur By Mei's Kitchen

Bakmie Jamur Vegan Vegetarian 99

Foto Bakmie Jamur Vegan Vegetarian 99
Foto Bakmie Jamur Vegan Vegetarian 99
Foto Bakmie Jamur Vegan Vegetarian 99

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?