Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Merasa Bad Mood Saat Karantina? Makan Ini Aja!

List Artikel
8 April 2020 | 1 Komentar
Di saat wabah pandemi seperti sekarang ini, masyarakat dihimbau untuk mengkarantina diri sendiri dengan #dirumahaja. Hal yang terdengar sepele dilakukan namun ternyata memberikan efek yang berbeda pada masing-masing orang. Isolasi diri dengan menjaga jarak dengan orang lain ternyata bisa membuat mood berubah, menjadi bosan, cemas, hingga mudah marah. Berbagai cara sudah coba dilakukan selama masa karantina, dengan melakukan berbagai kegiatan sehingga membuat kita tetap produktif, namun terkadang melakukan hal itu-itu saja membuat kita bosan dan jadi bad mood. Biasanya untuk kembali meningkatkan mood kita bisa melakukan kegiatan lain yang bisa membuat mood naik lagi, namun ternyata pola makan atau mengkonsumsi makanan tertentu bisa membawa perubahan pada struktur otak, baik secara kimia maupun fisiologis lho. Nah, berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi di rumah untuk meningkatkan mood sekaligus imun tubuh, simak yuk:

1. Oat atau Gandum Utuh


Sumber : Cleanfoodcrush.com

Oat ternyata bisa meningkatkan mood, kamu bisa coba mengkonsumsinya saat sarapan dengan menambahkan susu, yoghurt, beragam kacang-kacangan dan juga buah-buahan. Hal ini ternyata dikarenakan oat mengandung serat yang sangat tinggi. Dan sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1,6-6 gram serat saat sarapan dapat memiliki mood dan level energi yang lebih baik. Karena serat dapat menjaga kestabilan kadar gula darah yang penting untuk menjaga mood dan rasa marah.

2. Yoghurt


Sumber : Republika.co.id

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang dibuat dengan cara fermentasi dan mengandung probiotik, termasuk bakteri baik di sistem pencernaan yang dapat meningkatkan hormon serotonin. Nah hormon serotonin inilah yang sangat penting dalam mengelola mood dan suasana hati seseorang. Hormon serotonin ini diproduksi oleh sekumpulan bakteri baik di pencernaan dan banyaknya bakteri baik juga mengindikasikan pencernaan yang sehat. Jadi, pencernaan yang sehat akan memberikan efek yang positif juga terhadap mood.

3. Buah dan Sayuran


Sumber : Halodoc.com

Mengkonsumsi makanan yang tinggi antioksidan dapat membantu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan depresi dan gangguan mood. Buah dan sayuran yang tinggi akan serat juga dapat mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Saat sistem pencernaan sehat. mood tentunya akan menjadi lebih baik dan imun tubuh juga akan secara optimal membuat kamu kebal terhadap penularan virus atau penyakit.

Nah, itulah ketiga makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi bad mood saat karantina. Semoga sehabis menyantap aneka makanan di atas, mood kamu bisa kembali jadi lebih baik ya. Mari kita bersama-sama berusaha agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir! Jika ingin menikmati aneka makanan sehat tersebut, silahkan mampir ke salah satu tempat di bawah ini ya!

Yogurtland

Foto Yogurtland
Foto Yogurtland
Foto Yogurtland

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

Serasa Salad Bar

Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
simpel bener cara penyampaian infonya, makanannya pun selalu updates
ruditriyanto471@gmail.com | 11 Apr 2020 pk. 07:02 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?