Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Meski Ada Banyak Kuliner Asing, Kenapa Kamu Tak Pernah Bosan Makan Kuliner Indonesia?

List Artikel
14 Mei 2018 | 0 Komentar

Indonesia tak hanya terkenal akan tempat-tempat wisata alamnya yang sangat indah, tapi juga terkenal akan kuliner khasnya yang bisa menggoyang lidah dan membuat ketagihan. Sebut saja nasi goreng, sate, dan rendang yang keberadaannya sudah diakui oleh dunia. Seperti yang kamu ketahui, beberapa tahun belakangan ini serbuan kuliner asing di Indonesia memang tidak main-main. Sekarang kamu bisa menemukan dengan mudah restoran atau tempat makan yang menjual kuliner asing seperti kuliner Jepang, Korea, Italia, Perancis, Thailand, Vietnam, dan masih banyak lagi. Tapi anehnya, meski serbuan kuliner asing sangat gencar, tapi masyarakat Indonesia masih tetap menyukai kuliner negeri sendiri. Inilah beberapa penyebab kenapa kamu tak akan pernah bosan menyantap kuliner Indonesia, yaitu:



Sumber : Pergikuliner.com



1. Aroma Wangi yang Sangat Menggoda

Bukan masakan Indonesia kalau tak menggunakan banyak bumbu rempah. Di Indonesia, rempah-rempah memang sangat mudah ditemukan, mulai dari biji pala, merica, biji ketumbar, cengkeh, kemiri, pekak, jinten, dan lain sebagainya. Inilah yang membuat masyarakat Indonesia selalu menyertakan rempah pada masakan mereka. Paling tidak ada setidaknya minimal tiga jenis rempah yang ada pada satu sajian masakan. Penggunaan rempah membuat aroma wangi yang sanggup membuat nafsu makan kamu meningkat.

 

2. Cita Rasanya yang Unik dan Berbeda-beda

Selain membuat aroma makanan menjadi sangat wangi, rempah-rempah yang digunakan untuk kuliner Indonesia juga membuat cita rasa jadi lebih unik dan berbeda-beda. Coba saja kamu bandingkan kuliner yang berbahan dasar sama seperti ikan, ketika dimasak dengan rempah yang berbeda seperti dijadikan gulai ikan, ikan pesmol, hingga ikan balado, ketiganya memiliki rasa yang jauh berbeda bukan? Kamu bisa menemukan aneka citarasa yang kaya dalam kuliner Indonesia.

 

3. Ragam Variannya yang Bikin Kita Tidak Bosan

Berhubung masyarakat Indonesia terdiri dari beragam suku dan budaya, tentunya hal ini mempengaruhi kuliner yang dimiliki masing-masing daerah. Jika kita hitung, jumlah varian kuliner Indonesia tak akan ada habisnya karena satu daerah saja bisa memiliki puluhan jenis kuliner yang tidak bisa dimiliki daerah lainnya. Meskipun ada kuliner yang sama, cita rasa yang dihadirkan pasti akan berbeda. Contohnya saja kuliner soto, beda daerah maka beda pula rasa sotonya. Ada soto mie, soto ayam, soto Betawi, soto Lamongan, hingga Soto Banjar, semuanya memiliki rasa ciri khas rasa masing-masing.

 

4. Daya Tarik Sambal yang Tak Bisa Tergantikan

Masyarakat Indonesia sangat suka dengan kuliner bercita rasa pedas, tak heran jika ada banyak orang yang tergila-gila dengan yang namanya sambal. Hampir semua kuliner di Indonesia terasa sangat lezat disajikan bersama dengan sambal. Sambal seolah sudah menjadi lauk wajib yang tersaji di atas meja. Apapun makanan Indonesia yang kamu santap, lidahmu pasti akan tergoda untuk menambahkan sambal ke dalamnya.

 

5. Porsi dan Harga yang Memuaskan

Jika kamu bandingkan dengan kuliner-kuliner asing lainnya, kuliner Indonesia memiliki porsi yang lebih banyak dan mengenyangkan sehingga banyak disantap sebagai menu makan siang. Tak hanya itu saja, kuliner Indonesia memiliki harga yang terbilang lebih ramah di kantong. Inilah yang menjadikan kuliner Indonesia pilihan utama ketika isi kantong kamu sedang kempes atau sedang akhir bulan.


Nah! Itu dia alasan kenapa kuliner Indonesia tetap jadi primadona di Tanah Air meskipun kuliner asing sudah banyak menjajah dunie kuliner di Indonesia. Mencari restoran dengan aneka masakan khas Indonesia seperti masakan Padang, Manado, Sunda dan lain-lain juga tidak sulit kok. Dan kalau kamu cari restoran Indonesia yang recomended, PergiKuliner punya nih rekomendasinya buat kamu!

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Sate Palmerah / Kim Tek

Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek
Foto Sate Palmerah / Kim Tek

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Bebek Malio

Foto Bebek Malio
Foto Bebek Malio
Foto Bebek Malio

Bale Soto

Foto Bale Soto
Foto Bale Soto
Foto Bale Soto

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?