Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Meski Jadul, 5 Roti Khas Indonesia Ini Masih Populer

List Artikel
3 Februari 2021 | 0 Komentar

Roti menjadi salah satu makanan pokok yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia selain nasi. Keberadaan roti di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak tahun 1930-an dan mendapat pengaruh banyak dari masa penjajahan Belanda. Pada masa itu masyarakat Belanda yang seharinya-harinya mengonsumsi roti agak kesulitan menemukan roti di Indonesia sehingga akhirnya dibukalah beberapa bakery yang awalnya adalah milik masyarakat Belanda. Awalnya masyarakat Indonesia tidak menyukai roti Belanda tersebut karena bertekstur keras dan kasar. Hal ini dikarenakan masyarakat Belanda lebih suka menyantap roti untuk disantap bersama dengan sup sehingga teksturnya pada masa itu keras dan kasar mirip roti baguette. Tapi lambat laun di tahun 1970-an, tekstur roti di Indonesia mengalami banyak perubahan karena teksturnya cenderung lembut. Meski asalnya bukan makanan tradisional, tapi tahukah kamu kalau ada lima roti klasik khas Indonesia yang hingga kini masih saja populer karena sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Coba kita lihat yuk ada roti klasik khas Indonesia apa saja!


1. Roti Bluder



Sumber: Helenysm.com


Roti klasik khas Indonesia yang pertama adalah roti bluder yang asalnya dari Madiun, Jawa Timur.Adonan utama roti bluder ini sangat simpel karena hanya menggunakan telur, susu, tepung, dan gula saja, tanpa adanya ragi atau pengembang. Uniknya meski tidak menggunakan ragi, tapi roti bluder ini mengembang dan memiliki tekstur sangat lembut dengan cita rasa manis yang lezat. Bentuk dari roti klasik khas Indonesia ini juga simpel karena berbentuk seperti mangkuk atau piramida bulat saja.


2. Roti Ganjel Rel



Sumber: Kompas.com


Buat yang suka bepergian ke Semarang pastinya tahu dengan roti ganjel rel yang menjadi roti klasik khas Indonesia sekaligus oleh-oleh khas Semarang. Dinamakan ganjel rel karena bentuknya mirip rel kereta api dan teksturnya terbilang padat dan agak keras pada bagian luarnya sehingga tak mudah hancur. Aromanya sangat wangi karena ada campuran kayu manis dan juga ada taburan biji wijen putih di atasnya.


3. Roti Sisir



Sumber: Pergikuliner.com


Selanjutnya ada roti sisir yang menjadi roti klasik khas Indonesia. Hingga kini, roti asal daerah Pasuruan, Jawa Timur ini masih tetap banyak peminatnya karena dari segi tampilan, tekstur, hingga cita rasanya berbeda dari roti kebanyakan. Roti sisir memiliki bentuk yang mirip sisir karena berjajar berlapis dengan warna bagian luar kecoklatan sementara bagian dalamnya kekuningan. Aromanya sangat wangi, teksturnya sangat lembut dengan cita rasa yang manis.


4. Odading



Sumber: Pergikuliner.com


Dari roti yang dimasak dengan cara dipanggang, kita beralih ke roti yang dimasak dengan cara digoreng. Ada odading yang merupakan salah satu roti klasik khas Indonesia asal Jawa Barat. Sebenarnya odading ini adalah kue bantal atau roti goreng, tapi masyarakat Sunda menyebutnya odading. Ciri khas dari odading adalah bagian luarnya yang berbalut biji wijen sehingga membuat aroma dan citarasanya menjadi berbeda. Untuk kepopulerannya ini jangan ditanyakan lagi karena pada tahun 2020, odading ini sempat viral dan banyak diburu.


5. Panada


Sumber: Resepkoki.id


Terakhir ada roti goreng juga nih, tapi asalnya dari Manado, Sulawesi Utara. Sebenarnya tak sedikit orang yang salah mengenali panada sebagai pastel karena bentuknya mirip yakni berbentuk setengah lingkaran dengan salah satu bagiannya yang dipilin. Padahal keduanya ini berbeda. Panada ini dibuat dengan adonan dasar roti dan pada bagian dalamnya diisi dengan ikan cakalang suwir yang sudah dibumbui. Cita rasanya sangat gurih dan aromanya wangi. Walaupun asalnya dari Manado, tapi kamu bisa menjumpainya di beberapa kota di Indonesia.

 

Itulah bebetapa roti khas Indonesia yang meskipun jadul namun tetap disukai hingga saat ini. Teman kuliner pasti juga menyukai beberapa roti jadul di atas bukan? Nah, kalau teman kuliner mau coba, yuk langsung aja datengin beberapa rekomendasi toko kue dari PergiKuliner di bawah ini. 

Suisse Bakery

Foto Suisse Bakery
Foto Suisse Bakery
Foto Suisse Bakery

Roti Kupi

Foto Roti Kupi
Foto Roti Kupi
Foto Roti Kupi

Roti Boy

Foto Roti Boy
Foto Roti Boy
Foto Roti Boy

Indra Bakery

Foto Indra Bakery
Foto Indra Bakery
Foto Indra Bakery

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?