Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Meski Mungil, Ini 5 Olahan Telur Puyuh yang Tak Bisa Kamu Tolak Kelezatannya

List Artikel
27 Februari 2022 | 0 Komentar

Telur menjadi salah satu sumber protein yang banyak dikonsumsi orang, tak hanya orang dewasa tapi juga anak-anak. Pasalnya telur memiliki citarasa lezat dan tekstur yang creamy. Telur memiliki banyak jenisnya, mulai dari telur ayam, puyuh, hingga bebek. Di antara ketiganya ini, telur puyuh memiliki bentuk yang paling kecil karena ukurannya hanya sebesar ibu jari saja. 


Meski demikian, bukan berarti citarasa telur puyuh tidak lezat. Telur puyuh justru memiliki tektur yang lebih creamy dan lembut jika dibandingkan jenis-jenis telur lainnya. Inilah yang membuat banyak olahan telur puyuh. Telur puyuh memang cocok dimasak dengan metode apa saja, mulai dari digoreng direbus hingga ditumis. Dari sekian banyaknya olahan telur puyuh, ada lima yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, yuk cek satu-satu di bawah in!

 

1. Sate Telur Puyuh



Sumber: Akamaized.net


Olahan telur puyuh yang pertama adalah sate telur puyuh. Olahan telur puyuh yang satu ini paling sering dikonsumsi dan dijumpai oleh masyarakat Indonesia. Sate telur puyuh biasa dijumpai sebagai pendamping bubur ayam, soto ayam, hingga aneka kuliner khas Indonesia lainnya. Per tusuknya, akan ada sekitar 4-5 butir telur puyuh. Untuk membuatnya telur puyuh harus direbus lalu dimasak kembali dengan aneka bumbu rempah hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan.


2. Tahu Telur Sarang Burung Puyuh



Sumber: Kumparan.com


Suka nyemil? Pastinya kamu pernah mengonsumsi tahu telur sarang burung puyuh. Tahu telur sarang burung puyuh merupakan salah satu camilan gurih yang punya banyak penggemar. Bentuknya ada yang bulat dan kotak dengan bagian bawah yang dibuat dari tahu yang dihancurkan lalu dibagian atasnya diberi telur burung puyuh yang utuh. Citarasanya gurih asin dengan tekstur berkulit di bagian luar tapi lembut di dalam.   


3. Sup Telur Puyuh



Sumber: Akamaized.net


Berikutnya ada sup telur puyuh yang paling sering dikonsumsi oleh anak-anak. Sup telur puyuh dibuat dari bahan dasar telur puyuh yang direbus lalu dimasak lagi bersama kuah kaldu ayam atau sapi, wortel, buncis, kentang, kol, serta daun bawang seledri lalu dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, lada, dan garam. Selain bahan-bahan tersebut, biasanya sup telur puyuh ditambahkan bihun atau soun.

 

4. Semur Telur Puyuh



Sumber: Resepkoki.id


Semur tak hanya bisa dibuat dari telur ayam saja, tetapi juga telur puyuh. Telur puyuh yang dibuat menjadi semur akan memiliki tekstur yang lebih kenyal dan padat karena setelah direbus, telur puyuh akan dimasak kembali dalam bumbu semur selama berjam-jam hingga lapisan dalamnya berubah warna. Semur telur puyuh bisa disajikan dengan nasi uduk atau bisa juga disantap dengan nasi putih biasa.


5. Balado Telur Puyuh



Sumber: Yummy.co.id


lahan telur puyuh yang terakhir adalah balado telur puyuh. Buat pecinta kuliner pedas, balado telur puyuh sangat cocok buat kamu. Sesuai dengan namanya, balado telur puyuh dibuat dari bahan dasar telur puyuh yang dimasak dengan bumbu balado. Kamu bisa merebus dan menggoreng terlebih dahulu telur puyuh agar bagian luarnya agak garing, tapi kamu juga bisa merebus saja dan langsung memasaknya dengan bumbu balado. Biasanya balado telur puyuh banyak disajikan sebagai lauk pauk nasi kuning atau nasi berkat.

 

Itulah beberapa olahan telur puyuh yang tidak bisa kamu tolak kelezatannya. Dari kelima olahan telur puyuh di atas, manakah yang paling cocok dengan seleramu dan mana yang paling sering kamu konsumsi?

La Moda

Foto La Moda
Foto La Moda
Foto La Moda

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Egg Hotel

Foto Egg Hotel
Foto Egg Hotel
Foto Egg Hotel

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?