Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Meski Namanya Sama, 5 Lumpia khas Indonesia Ini Punya Rasa yang Berbeda

List Artikel
28 Juli 2019 | 0 Komentar

Lumpia merupakan salah satu kuliner tradisional khas Indonesia yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan. Lumpia ini terbuat dari kulit lumpia yang di dalamnya terdapat aneka isian yang disesuaikan dengan selera dan juga daerah pembuatnya. Di Indonesia, bahan-bahan isian lumpia bisa beragam, mulai dari rebung, bengkoang, tahu, tauge, dan lain sebagainya. Nantinya kulit lumpia yang sudah diberi isi kemudian digulung dan digoreng hingga kecoklatan dan disajikan bersama dengan saus cocolan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, lumpia Indonesia ini memiliki beberapa macam varian yang berbeda-beda tergantung dari daerah asalnya. Setidaknya ada lima lumpia yang paling populer dan terkenal di Indonesia, yaitu:
 
1. Lumpia Semarang

Sumber : Pergikuliner.com

Varian lumpia yang paling terkenal di Indonesia adalah lumpia Semarang. Lumpia ini memiliki dua jenis, yakni lumpia basah dan kering. Untuk lumpia basah yang dikukus, sementara lumpia kering digoreng. Lumpia Semarang ini memiliki ciri khas dari segi isiannya yakni berisi rebung atau bambu muda, telur, dan udang atau ayam. Cita rasanya cenderung manis, asin dan gurih. Lumpia Semarang ini biasanya disajikan bersama dengan sambal asam manis dan acar.
 
2. Lumpia Bogor


Sumber : Pergikuliner.com

Varian lumpia kedua yang juga tak kalah populernya adalah lumpia Bogor. Lumpia ini memiliki tampilan yang berbeda dari lumpia kebanyakan karena bentuknya cenderung kotak, bukan persegi panjang. Ukurannya juga lebih besar 2x lipat dibanding lumpia lainnya. Lumpia Bogor termasuk dalam lumpia basah karena cara pembuatannya tidak digoreng, melainkan dikukus. Selain itu, isian dari lumpia Bogor ini bukanlah rebung, melainkan bengkoang. Selain bengkoang, ada tahu, telur, tauge, dan ebi di dalamnya.
 
3. Lumpia Jakarta


Sumber : Pergikuliner.com

Meski namanya tidak setenar kedua varian lumpia di atas, lumpia Jakarta ini juga sangat terkenal dan menjadi varian lumpia langka yang saat ini sudah sulit ditemukan di Jakarta. Untuk tampilannya, lumpia Jakarta terlihat garing dan renyah karena dimasak dengan cara digoreng. Semetara bagian isiannya menggunakannya potongan buah bengkuang. Tidak ada tahu dan ebi seperti pada lumpia Bogor. Tapi ada isian tauge, ayam, atau udang yang bisa menambah lezat cita rasanya. Keunikan dari lumpia Jakarta dibanding lumpia lainnya adalah adanya cocolan saus kacang yang menambah gurih rasanya.
 
4. Lumpia Yogyakarta


Sumber : Digitaloceanspaces.com

Berikutnya ada lumpia Yogyakarta yang seringkali salah dikira sebagai lumpia Semarang. Jika kamu perhatikan dari tampilannya, pada bagian atas lumpia Yogyakarta ini terdapat siraman saus putih kental yang terbuat dari bahan utama bawang putih. Selain saus putih, ada cabai rawit hijau dan acar mentimun untuk menambah cita rasa segar. Isian dari lumpia Yogyakarta ini juga terbuat dari rebung dan telur, tapi telur yang digunakan adalah telur puyuh sehingga rasanya lebih gurih. 
 
Lumpia Klaten

Sumber : Smilesgram.com

Terakhir ada lumpia Klaten yang dari segi tampilannya terbilang cukup unik karena memiliki ukuran lebih mini dibanding lumpia lainnya. Lumpia Klaten lebih sering disebut dengan nama sosis kecut karena ukurannya yang seperti sosis. Nama lain dari lumpia Klaten adalah lumpia duleg atau lumpia Delanggu karena memang asalnya dari daerah Delanggu, Klaten. Bahan utama kulit lumpia ini terbuat dari tepung pati. Isiannya berupa tauge. Lumpia Klaten disantap bersama dengan saus gula Jawa. Kebayang khan cita rasa uniknya?

Itulah beberapa varian lumpia khas Indonesia yang sedap disantap. Dari sekian banyak varian lumpia ini, kamu lebih suka yang mana? Sekarang intip beberapa salad yang ada di bawah ini ya dan coba langsung yuk!

Lumpia Salad K'Mel

Foto Lumpia Salad K'Mel
Foto Lumpia Salad K'Mel
Foto Lumpia Salad K'Mel

Lumpia Jakarta

Foto Lumpia Jakarta

Kafe Lumpia Semarang

Foto Kafe Lumpia Semarang

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Bakery Monami

Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?