Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Meski Sama-sama Paprika, Paprika Merah, Hijau, dan Kuning Ternyata Sangat Berbeda

List Artikel
10 Maret 2018 | 0 Komentar

Paprika merupakan salah satu jenis sayuran asal Amerika Serikat yang banyak digunakan dalam aneka olahan kuliner barat. Paprika memiliki tiga jenis yakni, paprika merah, paprika kuning, dan paprika hijau. Warnanya yang sangat cerah ini mampu membuat tampilan makanan jadi lebih cantik dan menarik. Banyak orang yang menyangka kalau ketiganya berasal dari tanaman yang berbeda. Padahal ketiga jenis paprika ini berasal dari tanaman yang sama. Meski demikian, ketiganya ternyata sangat berbeda. Lantas apa saja perbedaannya? Simak penjelasannya lebih lanjut lagi yuk!

 


Sumber: pinterest.com


Paprika Hijau

Paprika hijau, paprika kuning, dan paprika merah berasal dari tanaman yang sama. Hanya saja tingkat kematangan ketiganya berbeda-beda sehingga tekstur yang dimiliki juga berbeda. Paprika hijau dipetik dalam keadaan belum matang sehingga warnanya masih hijau dan teksturnya sedikit keras. Rasa paprika hijau ini agak getir dan sedikit pedas. Paprika hijau memiliki nutrisi yang sama dengan paprika kuning dan merah, hanya saja jumlahnya lebih kecil dibanding keduanya. Paprika hijau harus dimasak dalam waktu yang cukup lama dibanding paprika kuning dan merah agar teksturnya bisa lebih lembut. Sedangkan untuk penggunaannya biasa digunakan sebagai topping pizza atau tumisan daging.

 

Paprika Kuning

Lalu ada paprika kuning yang dipetik pada saat setengah matang sehingga warnanya kekuningan. Paprika kuning memiliki tekstur yang lebih empuk dan citarasa yang tidak pahit, justru cenderung manis jika dibandingkan dengan paprika hijau. Jumlah kandungan nutrisi pada paprika kuning juga lebih tinggi dibanding paprika hijau. Meski demikian, paprika kuning tidak bisa dimasak terlalu lama karena nanti teksturnya jadi mudah layu. Biasanya paprika kuning diolah menjadi tumisan atau dipanggang bersama dengan telur serta daging.

 

Paprika Merah

Terakhir ada paprika merah yang dipetik pada saat paprika sudah matang sempurna sehingga teksturnya paling empuk dibanding paprika hijau dan kuning. Berhubung teksturnya empuk, paprika merah tidak memerlukan waktu yang lama untuk dimasak. Untuk citarasanya, paprika merah memiliki rasa manis yang hampir sama dengan manis buah pada umumnya sehingga jenis paprika ini sering disajikan dalam campuran salad. Jika dilihat dari nutrisinya, paprika merah punya nutrisi tertinggi dibanding kedua jenis paprika lainnya, mulai dari kandungan vitamin A, C, dan B6. Semakin matang paprika, maka semakin tinggi kandungan nutrisi dan vitaminnya.


Sekarang kamu sudah tau kan perbedaan ketiganya? Nah! Kalau begitu sekarang waktunya kamu mencicipi aneka makanan dengan topping paprika seperti pizza di tempat-tempat rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Hay Thien

Foto Hay Thien

Pizza Barboni

Foto Pizza Barboni
Foto Pizza Barboni

Popolamama

Foto Popolamama
Foto Popolamama

Rice Bowl

Foto Rice Bowl

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?