Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Meski Sudah Berjamur, 3 Bahan Makanan Ini Masih Aman Dikonsumsi Lho!

List Artikel
16 Oktober 2019 | 0 Komentar

Tidak semua bahan makanan bisa bertahan lama, ada beberapa jenis bahan makanan yang sangat mudah basi. Apalagi jika kamu tidak meletakkan atau menyimpannya di tempat yang benar. Biasanya kita akan melihat beberapa ciri dari bahan makanan yang sudah basi, mulai dari aromanya yang tidak sedap, teksturnya yang berubah lembek, hingga munculnya jamur. Jamur pada bahan makanan muncul akibat makanan terlalu lama disimpan pada suhu yang tidak tepat. Tumbuhnya jamur pada bahan makanan memang menjadi pertanda kalau bahan makanan tesebut sudah basi, tapi pada kenyataannya tidak semua bahan makanan yang berjamur itu sudah basi. Ada beberapa bahan makanan yang ternyata masih aman kamu konsumsi meskipun bagiannya sudah berjamur, yaitu:

 

1. Keju



Sumber : Vegetariantimes.com


Pertama ada keju yang menjadi bahan makanan yang masih aman dikonsumsi meskipun sudah berjamur. Kenapa bisa demikian? Jenis keju seperti cheddar, parmesan, edam, hingga mozarella tidak memiliki lapisan yang berpori-pori sehingga jamur yang tumbuh tidak akan bisa menyebar ke bagian yang lain. Kamu bisa memotong bagian yang berjamur lalu membuangnya. Sedangkan bagian yang tidak terkena jamur bisa kamu gunakan kembali. Tapi ingat, untuk menghindari agar tidak terkena jamur lagi, sebaiknya simpan keju dalam kemasan yang bersih dan tertutup rapat.  

 

2. Daging Olahan



Sumber : Webmd.com


Bahan makanan kedua yang berjamur tapi masih bisa disantap adalah daging olahan. Kenapa daging olahan masih aman dikonsumsi meski sudah berjamur? Hal ini dikarenakan daging olahan seperti ham atau smoked beef yang jamurnya kerap kali terlihat di pinggiran ini adalah kebanyakan jenis jamur jinak yang justru bisa mengawetkan daging olahan. Cukup bersihkan atau buah bagian daging olahan yang berjamur sehingga daging olahan bisa dikonsumsi dengan aman.

 

3. Buah dan Sayuran



Sumber : Heart.org


Terakhir ada bahan makanan yang berasal dari buah dan sayuran. Bahan makanan ini yang paling sering dibuang atau disingkirkan ketika kita melihatnya sudah berjamur. Padahal tidak semua buah dan sayuran yang berjamur ini harus kamu buang ketika berjamur. Ada beberapa jenis buah dan sayuran yang ketika kamu dapati berjamur, kamu tinggal memotong bagiannya saja yang berjamur dan membuangnya. Setelah digunakan untuk memotong buah dan sayuran yang terkena jamur, kamu harus mencuci pisaunya supaya tidak terjadi kontaminasi ketika kamu memotong buah dan sayur yang lain. Beberapa buah dan sayuran yang masih aman dikonsumsi saat berjamur adalah paprika, wortel, serta kubis atau kol.

 

Itulah beberapa bahan makanan yang masih aman dikonsumsi meski sudah berjamur. Jadi. Kalau menemukan ketiga bahan makanan tersebut berjamur, jangan langsung dibuang ya! Nah, sekaran mari istirahat sejenak sambil menyantap salah satu hidangan di bawah ini dulu yuk!

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Pizza E Birra

Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra
Foto Pizza E Birra

Willie Brothers Steak and Cheese

Foto Willie Brothers Steak and Cheese
Foto Willie Brothers Steak and Cheese
Foto Willie Brothers Steak and Cheese

Paulaner Brauhaus

Foto Paulaner Brauhaus
Foto Paulaner Brauhaus
Foto Paulaner Brauhaus

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?