Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mie Ayam vs Mie Yamin, di Mana Letak Perbedaan Keduanya?

List Artikel
14 Juli 2018 | 1 Komentar

Mie menjadi kuliner yang disukai semua kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Di Indonesia, mie dikenal sebagai kuliner yang murah meriah karena lebih banyak kamu jumpai di pedagang kaki lima atau tempat makan pinggir jalan. Berbicara tentang mie, selain mie instan yang sangat populer di lidah masyarat Indonesia, ada mie ayam dan mie yamin. Mendengar nama mie ayam dan mie yamin, pasti tak sedikit di antara kamu yang tidak bisa membedakan keduanya dan mengira kalau keduanya ini sama. Apalagi karena pedagang yang menjual mie ayam juga menjual mie yamin, begitu pula sebaliknya. Padahal jika kamu lihat dan rasakan dengan teliti, keduanya tentu sangat berbeda. Lantas apa saja perbedaanya? Mari lihat penjelasannya! 


Mie Ayam



Sumber : Pergikuliner.com


Kita akan membahas mie ayam terlebih dahulu. Dari segi tekstur dan bentuknya, mie ayam memiliki bentuk yang lebih tebal dengan tekstur cukup kenyal saat dikunyah. Banyak yang mengatakan kalau tekstur mienya ini mirip mie setengah matang. Lalu dari segi tampilan warna mienya berwarna kuning cenderung pucat. Mie ayam disajikan bersama dengan potongan ayam yang diberi bumbu kecap atau bumbu semur. Selain taburan ayam, ada juga sawi hijau rebus, irisan daun bawang, dan kerupuk pangsit yang melengkapi sajian mie ayam. Dari segi rasa, mie ayam memiliki rasa gurih asin. Mie ayam selalu disajikan bersama dengan kuah yang langsung disiram di atas mie. Tapi ada juga yang menyajikan kuahnya secara terpisah. Kuah pada mie ayam cenderung memiliki rasa yang tawar karena hanya menggunakan air rebusan sawi dan mie.


Mie Yamin



Sumber : Pergikuliner.com


Untuk mie yamin, kamu bisa dengan cepat kok membedakannya dengan mie ayam. Bagaimana caranya? Dari segi tampilannya, mie yamin memiliki warna yang kecoklatan karena memiliki campuran kecap manis di dalamnya. Bentuk mienya lebih kecil dan tipis tapi teksturnya tetap kenyal meski tak sekenyal mie ayam. Berhubung mie yamin dicampur dengan kecap manis, maka rasanya sudah pasti lebih manis dari mie ayam. Kebalikan dari mie ayam, taburan ayam pada mie yamin justru memiliki warna yang putih pucat karena tidak dimasak dengan bumbu kecap, melainkan hanya direbus dengan garam dan merica saja. Untuk taburan lainnya, mie yamin diberi irisan daun bawang, pangsit rebus, hingga tauge rebus. Meski dikenal sebagai mie kering, tapi mie yamin aslinya disajikan dengan kuah terpisah dan cara menyantapnya adalah dengan mencelupkan mie pada kuah sebelum disantap.


Nah, sudah tau perbedaannya kan? Langsung aja yuk kamu coba mie ayam atau mie yamin di tempat-tempat yang sudah PergiKuliner siapkan rekomendasinya di bawah ini!

Mie Ayam Uban

Foto Mie Ayam Uban
Foto Mie Ayam Uban
Foto Mie Ayam Uban

Mie Ayam Jamur Lily

Foto Mie Ayam Jamur Lily
Foto Mie Ayam Jamur Lily
Foto Mie Ayam Jamur Lily

Mie Ayam Legend

Foto Mie Ayam Legend

Mie Naripan

Foto Mie Naripan
Foto Mie Naripan

Bakso Tigan

Foto Bakso Tigan

Topik artikel ini:
1 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
7
8438531455@qq.com | 30 May 2019 pk. 08:03 AM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?