Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mitos vs Fakta, Cokelat Bisa Menyebabkan Jerawat

List Artikel
21 September 2017 | 0 Komentar

Cokelat dikenal sebagai makanan yang menjadi sahabat para cewek. Pasalnya, cokelat mengandung phenlethylamine yang mirip amphetanine. Zat ini bisa meningkatkan serapan triptofan ke dalam otak yang kemudian menghasilkan dopamine. Dopamine ini dikenal sebagai zat yang bisa memunculkan perasaan senang dan memperbaiki suasana hati. Oleh karena itulah, saat mood sedang tidak baik, para cewek akan menyantap cokelat sebagai pereda stress. Tapi ada banyak orang yang menduga kalau cokelat ini bisa mengakibatkan timbulnya jerawat pada kulit wajah. Sebenarnya betul atau tidak ya, teman PergiKuliner?

 

Sumber: pergikuliner.com


Pada dasarnya semua makanan dengan kandungan glikemik atau gula yang tinggi dapat meningkatkan kadar kortisol dan insulin pada darah yang akan berpengaruh pada penyumbatan pori-pori kulit kamu. Pada cokelat dengan jenis white chocolate dan milk chocolate, pastinya ada kandungan gula dan pemanis yang bisa membuat kadar indeks glikemik tinggi. Sedangkan pada dark chocolate yang kandungan kakaonya jauh lebih tinggi yakni sekitar 70% lebih, kadar glikemik lebih rendah sehingga lebih aman dikonsumsi daripada kedua jenis cokelat lainnya.


Sumber: pergikuliner.com


Tapi bukan berarti white chocolate dan milk chocolate bisa langsung berakibat timbulnya jerawat. Timbulnya jerawat juga bisa diakibatkan dari faktor lainnya seperti kamu tidak rutin membersihkan wajah atau sedang mengalami stress. Jika konsumsi white chocolate dan milk chocolate masih dalam batas yang wajar, maka cokelat yang kamu makan tidak akan menyebabkan jerawat. Kalau ingin aman, kamu bisa memilih untuk mengonsumsi dark chocolate dibanding kedua jenis cokelat lainnya.

 

Sumber: pergikuliner.com


Jadi kesimpulannya adalah cokelat tak langsung menyebabkan jerawat pada kulit kamu. Apalagi jika kamu menyantapnya dalam batas wajar. Cokelat justru bisa bermanfaat bagi tubuh kamu seperti bisa mencegah penyakit jantung, menghindari depresi, menghambat penuaan dini, meningkatkan sirkulasi darah, dan masih banyak lagi.


Sekarang kamu sudah tahu kan fakta kalau ternyata cokelat bukanlah satu-satunya penyebab jerawat, jadi tidak ada alasan lagi kamu untuk menghindari makan cokelat. Apalagi kalau kamu sudah datang ke tempat-tempat dessert dengan cokelat di bawah ini, pasti bakalan bisa bikin kamu ketagihan. Yuk, langsung datengin tempatnya!

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

Eric Kayser Artisan Boulanger

Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger

Dapur Cokelat

Foto Dapur Cokelat
Foto Dapur Cokelat

Pipiltin Cocoa

Foto Pipiltin Cocoa
Foto Pipiltin Cocoa

Colette & Lola

Foto Colette & Lola
Foto Colette & Lola
Foto Colette & Lola

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?