Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Mochi Bites, Camilan Viral di Medsos yang Berbeda dari Mochi Biasa

List Artikel
10 September 2023 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang tahu tren kuliner viral saat ini? Buat yang suka berburu kuliner viral, mungkin sudah tak asing dengan mochi bites yang baru-baru ini sedang marak diperbincangkan di berbagai media sosial. Mochi sendiri merupakan kuliner khas Jepang yang memiliki ciri khas tekstur kenyal dengan rasa manis yang dominan. Kuliner ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan awalnya hanya sebagai sajian yang diperuntukkan pada saat upacara keagamaan. Lalu lambat laun juga digunakan sebagai kuliner pengganjal rasa lapar yang disantap oleh para petani Jepang. Menjadi kuliner khas Jepang, mochi ternyata juga bisa dijumpai dengan mudah di Indonesia, terutama di daerah dataran tinggi Jawa Barat seperti Sukabumi. Mochi yang ada di Jawa Barat ini memiliki ciri khas khusus, yakni bentuknya yang sangat kecil dan dijual dalam sebuah kotak anyaman sebagai oleh-oleh. Baru-baru ini, mochi dari Jawa Barat ini berinovasi menjadi mochi bites yang saat ini sedang viral. Apa sih bedanya dengan mochi biasa? Yuk, kita simak pembahasannya!



Sumber: sumedang.jabarexpress.com


Tidak Memiliki Isian

Mochi bites merupakan salah satu varian mochi yang memang sedang banyak diperbincangkan. Kuliner ini muncul di berbagai media sosial seperti Instagram hingga TikTok. Keberadaannya pun juga muncul di Youtube dalam konten-konten resep cara membuatnya. Sebenarnya, ukuran mochi bites masih sama dengan mochi dari Jawa Barat. Hanya saja, mochi bites ini tidak memiliki isian alias polos begitu saja. Tak jauh berbeda dari mochi kebanyakan yang dibuat dari bahan dasar tepung ketan, mochi bites ini juga dibuat dari bahan yang sama yakni tepung beras ketan yang dicampur dengan susu cair, gula pasir, dan sedikit garam. Cara pembuatannya pun sama dengan jenis mochi lainnya, yakni dikukus terlebih dahulu lalu dibentuk bulat-bulat dan diberi baluran tepung sangrai supaya tidak lengket satu sama lain.


Cara Penyajian yang Unik

Lantas jika tidak memiliki isian, apakah rasanya akan hambar? Tentu saja tidak. Mochi bites ini disajikan dengan cara yang sangat unik, yakni dengan mencocolnya pada saus dan baluran. Baluran ini sebenarnya bisa dikatakan isian pada mochi biasa. Namun pada mochi bites, isian tersebut justru menjadi balurannya. Jadi, kamu harus mencocol mochi bites pada sausnya terlebih dahulu, baru kemudian menempelkannya ke baluran mochi. Jika tidak dicocol dengan saus maka mochi bites tidak akan menempel dengan balurannya. Cara penyajian unik inilah yang membuat mochi bites terbilang cukup awet jika disimpan berhari-hari di dalam kulkas. Hal ini terjadi karena mochi bites tidak memiliki isian seperti mochi biasa, yang dapat membuatnya lebih rentan terhadap kelembaban dan perubahan tekstur saat disimpan.

 


Sumber: resepmamiku.com 


Varian Mochi Bites

Berbeda dengan varian rasa mochi biasa yang umumnya sederhana seperti rasa kacang merah atau jenis kacang lainnya, jenis rasa mochi bites ini lebih inovatif dan bervariasi tergantung dari saus cocolan dan baluran yang digunakan. Saus cocolan mochi bites bisa berupa saus cokelat, krim keju, vla, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk balurannya bisa berupa remahan biskuit, meses cokelat, parutan keju, hingga aneka kacang yang disangrai seperti kacang almond dan kacang tanah. Dengan baluran yang berbeda, maka kamu juga bisa mendapatkan tekstur mochi bites yang juga berbeda.


Bagaimana menurutmu mengenai mochi bites yang sedang viral di media sosial ini? Apakah kamu sudah pernah mencicipnya? Dengan begitu banyak pilihan, kamu dapat menyesuaikan mochi bites sesuai dengan preferensimu. Buat yang suka kuliner khas Jepang, kamu bisa mampir ke salah satu tempat makan yang ada di bawah ini!

Mochi Mochio

Foto Mochi Mochio
Foto Mochi Mochio
Foto Mochi Mochio

Tako Buranko

Foto Tako Buranko
Foto Tako Buranko
Foto Tako Buranko

Momokino

Foto Momokino
Foto Momokino
Foto Momokino

Moo Taiyaki

Foto Moo Taiyaki
Foto Moo Taiyaki
Foto Moo Taiyaki

Koiyaki

Foto Koiyaki
Foto Koiyaki
Foto Koiyaki

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?