Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Nama Salad Ini Ternyata Asalnya dari Nama Garam Lho!

List Artikel
5 Juli 2019 | 0 Komentar
Salad merupakan salah satu kuliner yang sangat identik dengan kuliner sehat yang cocok untuk diet. Hal ini dikarenakan salad terbuat dari bahan utama sayur-sayuran dan buah-buahan yang kemudian ditambahkan saus atau bumbu tertentu supaya cita rasanya jadi lebih lezat. Berhubung sangat identik dengan kuliner sehat, meskipun ada bahan-bahan tambahan yang digunakan, tapi bahan tambahan tersebut masih menggunakan bahan yang sehat seperti dada ayam rebus, kacang-kacangan, telur rebus, dan lain sebagainya. Meski menjadi kuliner dunia karena bisa dijumpai hampir di seluruh negara yang ada di dunia, tapi salad aslinya berasal dari Yunani Kuno dan Romawi karena pada masa tersebut, bahan makanan yang melimpah adalah buah dan sayur.



 Sumber : Pergikuliner.com


Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya nama salad ini aslinya berasal dari nama garam? Usut punya usut, nama salad berasal dari bahasa Latin yakni sal yang artinya adalah garam. Seperti yang sudah dikatakan di atas, pada masa kemunculannya, salad hanya dibuat dari sayur-sayuran saja. Berhubung sayuran yang digunakan pada salad adalah sayuran mentah sehingga tidak ada rasanya, maka kemudian diberi sedikit garam sehingga cita rasanya jadi lebih lezat. Sal yang berarti garam ini kemudian diserap oleh bahasa Perancis kuno sebagai salade yang pada abad ke-14 kata tersebut diserap kembali oleh bahasa Inggris menjadi salade atau salatte atau salad yang kita kenal saat ini.


 Sumber : Pergikuliner.com


Berhubung saat ini sudah banyak saus dressing salad yang digunakan, maka penggunaan garam pun dihilangkan dalam sajian salad.  Seperti yang kamu ketahui sendiri kalau dengan adanya saus yang disiramkan pada salad, seperti mayonaise, krim asam, krim keju, cuka, minyak zaitun, dan lain sebagainya, maka cita rasa salad yang dibuat dari sayur dan buah-buahan yang sama akan memiliki cita rasa yang berbeda. Ada satu fakta unik yang perlu kamu ketahui dari salad ini, meskipun salad merupakan bahasa Inggris, tapi di banyak negara, salad tetap disebut dengan salad karena tidak memiliki nama sebutan lainnya.

Itulah silsilah penamaan nama salad yang memang aslinya berasal dari nama garam. Jika setelah membaca artikel ini, kamu jadi ingin makan salad, mampir saja yuk ke salah satu tempat makan yang ada di bawah ini!

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

The Betawi Salad

Foto The Betawi Salad
Foto The Betawi Salad
Foto The Betawi Salad

Serasa Salad Bar

Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?