Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Nasi Padang vs Nasi Warteg, Kamu Lebih Pilih yang Mana?

List Artikel
19 November 2017 | 0 Komentar

Kuliner khas Indonesia memang tak ada matinya. Masing-masing daerah memiliki cita rasanya yang khas dan berbeda sehingga kamu tak akan bosan mencicip kuliner dari Sabang hingga Merauke. Kuliner yang cukup terkenal di Indonesia adalah nasi padang dan nasi warteg yang kepopulerannya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sesuai namanya, nasi padang merupakan kuliner yang berasa dari Sumatera Barat, sementara nasi warteg adalah kuliner yang berasal Tegal, Jawa Tengah. Pada umumnya, kedua kuliner ini bisa dikatakan masuk dalam jenis nasi campur khas Indonesia. Lalu apa yang membuat keduanya berbeda? Mari lihat perbedaannya!

 

Tempat Makan dan Suasana


Sumber: pergikuliner.com


Nasi warteg biasa dijual di warteg atau warung Tegal pinggir jalan dengan tempat dan suasana ala kaki lima sehingga suasananya tidak terlalu nyaman karena tidak dilengkapi pendingin udara seperti AC. Sedangkan nasi Padang bisa ditemukan di rumah makan Padang pinggir jalan yang suasanya tak jauh berbeda dari suasana warteg dan restoran Padang di dalam mall dengan suasana yang sangat nyaman. Biasanya Restoran Padang di dalam mall ini mengambil konsep semi fine dining.  

 

Harga yang Dipatok 


Sumber : pergikuliner.com


Jika ditanya lebih murah mana antara nasi warteg dan nasi Padang? Rasanya semua orang sudah tahu kalau nasi warteg jauh lebih murah dibanding nasi Padang. Untuk satu porsi nasi Padang yang dijual di rumah makan pinggir jalan saja, kamu harus merogoh kocek paling tidak Rp 20.000. Sedangkan untuk nasi warteg, kamu bisa makan hanya dengan Rp 10.000- Rp 15.000. Tentunya harga yang dikeluarkan ini tergantung dari jenis lauk yang kamu ambil ya!

 

Porsi yang Disajikan


Sumber : pergikuliner.com


Coba kamu perhatikan porsi nasi yang ada pada nasi Padang selalu ditakar satu mangkok kecil. Jika ingin nambah, kamu harus memesan 1 porsi yang ditakar satu mangkok tersebut. Lain halnya dengan nasi warteg yang memiliki porsi lebih banyak dari nasi Padang karena kebanyakan yang makan di warteg ini adalah kaum laki-laki sehingga takaran nasinya bisa memenuhi ruangan yang ada pada piring. Ada juga warteg yang membebaskan pembelinya untuk mengambil nasi sendiri.  

 

Perbedaan Lauk Pauk dan Rasanya



Sumber : pergikuliner.com


Nasi Padang yang berasal dari Sumatera Barat ini memang memiliki lauk pauk yang sangat berbeda dibanding nasi warteg karena kuliner Padang cenderung bersantan dan memiliki aroma rempah-rempah yang sangat kuat. Lauk pauk nasi Padang juga kebanyakan memiliki bahan dasar ayam, daging, serta ikan. Sedangkan lauk pauk pada nasi warteg cenderung lebih beragam karena juga ada sayurannya seperti aneka tumisan dan sayur berkuah juga aneka gorengan.

 

Setelah membaca perbedaan yang ada di atas, kamu termasuk #TeamNasPad atau #TeamNasTeg? Atau kamu harus mencicipi dulu kedua makanan di atas untuk memastikannya? Langsung aja yuk ke tempat-tempat di bawah ini!

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Warteg Wareg

Foto Warteg Wareg
Foto Warteg Wareg

Warteg Warmo

Foto Warteg Warmo

Nasi Anai Galung

Foto Nasi Anai Galung

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?