Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Nggak Hanya Indonesia, 5 Negara Ini Punya Acar yang Sangat Lezat!

List Artikel
8 November 2018 | 0 Komentar

Kamu termasuk orang yang suka menyantap acar? Acar merupakan sayuran yang difermentasikan selama beberapa hari. Seperti yang kamu tahu, tujuan dari fermentasi ini adalah untuk mengawetkan sayuran tersebut agar bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya acar memiliki cita rasa yang asam karena efek dari fermentasi tersebut. Indonesia sendiri memiliki acar yang terbuat dari bahan dasar potongan wortel dan mentimun serta cabai rawit hijau yang kemudian diberi larutan cuka dan air garam. Acar di Indonesia bisa kamu temui dalam sajian nasi goreng, sate, soto hingga martabak telur. Tapi acar ini ternyata nggak hanya dimiliki orang Indonesia saja lho, karena di negara-negara lain juga ada acar yang cita rasanya juga sangat lezat. Negara mana sajakah itu? Lihat langsung saja yuk!


1. Kimchi dari Korea



Sumber : Pergikuliner.com


Siapa sih yang nggak tahu kimchi? Kimchi merupakan salah satu makanan fermentasi khas Korea yang sangat populer hingga ke luar negeri. Masyarakat Korea memang nggak pernah bisa lepas dari kimchi karena apapun makanan mereka, kimchi selalu wajib tersaji di atas meja. Kimchi asal Korea ini sangat banyak jenisnya, mulai dari kimchi sawi putih, kimchi lobak, kimchi daun bawang dan masih banyak lagi. Cara membuat kimchi Korea ini memang tergolong cukup rumit karena banyak bahan-bahan yang dicampurkan seperti bawang putih, kecap ikan, bubuk cabai dan perasan air buah pir.


2. Cucumber Pickle dari Amerika



Sumber : Epicurious.com


Kalau acar yang satu ini juga pasti kamu sudah tahu. Cucumber pickle atau acar mentimun merupakan acar yang berasal dari Amerika. Keberadaan acar ini memang nggak bisa lepas dari yang namanya burger karena acar mentimun menjadi salah satu bahan utama isian burger khas Amerika. Mentimun yang digunakan untuk acar adalah jenis mentimun hijau yang bentuknya kecil. Cara membuat acar mentimun ala Amerika ini tergolong mudah. Kamu cukup merendamnya dalam larutan cuka dan garam lalu simpan di wadah tertutup selama beberapa hari.


3. Mango Pickle dari India



Sumber : Maayeka.com


Beralih ke India yang terkenal akan kulinernya yang kaya akan rempah. Acar yang berasal dari India ini tergolong cukup unik karena bukan terbuat dari sayuran, melainkan dari buah mangga. Mangga yang dijadikan acar ini adalah mangga alfonso yang berbentuk bulat lonjong dengan warna emas kemerahan. Cara membuat acar mangga nggak sulit, tapi rempahnya sangat banyak sekali. Mangga yang sudah dipotong-potong diberi campuran lima rempah yakni jinten, biji seledri, adas, klabet, dan biji kalonji lalu difermentasikan selama beberapa hari. Acar mangga biasa disantap sebagai pendamping roti cane.


4. Giardiniera dari Italia



Sumber : Curiouscuisiniere.com


Italia bisa dikatakan sebagai surganya kuliner dari Eropa karena ada banyak sekali kuliner Italia yang cita rasanya sudah mendunia seperti pasta, pizza, tiramisu, espresso dan masih banyak lagi. Nggak heran pula kalau acar yang berasal dari Italia ini juga cukup banyak dikenal. Acar dari Italia yang bernama giardiniera ini terbuat dari bahan campuran sayuran yang beragam, mulai dari timun, paprika, kembang kol, artichoke hingga jamur yang direndam dalam anggur putih lalu disimpan dalam wadah tertutup.


5. Tsukemono dari Jepang



Sumber : Justonecookbook.com


Terakhir, ada tsukemono yang merupakan acar khas Jepang. Tsukemono ini memiliki tampilan yang menyegarkan karena terbuat dari buah plum, sayur lobak, dan aneka sayuran lain yang sudah difermentasi sebelumnya seperti wortel, terong, dan mentimun. Cita rasa dari tsukemono ini cenderung asing tapi segar. Tsukemono biasa disajikan bersama dengan nasi dan miso sebagai menu sarapan. Selain tsukemono, Jepang juga punya acar jahe merah yang sering kamu jumpai pada sajian pendamping sushi.


Itu dia lima acar yang berasal dari luar negeri. Ternyata nggak hanya Indonesia saja ya yang punya menu acar dalam makanannya. Nah, kamu sudah mencoba yang mana saja nih teman PergiKuliner? Jika belum pernah, nggak perlu berkecil hati ya karena PergiKuliner akan kasih beberapa referensi tempat makan yang bisa kamu coba!

Arasseo

Foto Arasseo

Noodle King

Foto Noodle King

Born Ga

Foto Born Ga
Foto Born Ga

Burger King

Foto Burger King
Foto Burger King
Foto Burger King

Kimchi Go Express

Foto Kimchi Go Express

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?