Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Nggak Nyangka, 5 Cemilan Enak Ini Dibuat dari Nasi Sisa

List Artikel
12 Oktober 2020 | 0 Komentar

Nasi menjadi makanan pokok utama bagi masyarakat Indonesia. Setiap harinya masyarakat kita selalu mengonsumsi nasi. Meski sudah menyantap sumber karbohidrat lain seperti roti, kentang, hingga jagung, tapi tetap saja kalau perut belum kemasukan nasi, belum makan namanya. Menjadi makanan pokok, setiap harinya masyarakat Indonesia selalu memasak dan menyediakan nasi. Tapi sayangnya, nasi yang dimasak kerap kali sisa. Biasanya jika masih ada sisa nasi kemarin, rata-rata orang akan mengolah nasi menjadi nasi goreng. Kalau nasi goreng terus pasti bosan khan? Ternyata nasi sisa kemarin bisa diolah menjadi beragam cemilan enak di bawah ini loh!

 

1. Kerupuk Gendar



Sumber: Kompas.com


Cemilan enak pertama yang bisa dibuat dari nasi sisa adalah gerupuk gendar. Kerupuk gendar adalah salah satu jenis kerupuk yang asalnya darj Pulau Jawa dan banyak dijadikan sebagai pelengkap makan soto, pecel, atau kuliner lainnya. Untuk membuat kerupuk gendar, kamu harus mencampur nasi sisa dengan aneka bumbu rempah lalu dipadatkan dan dikukus. Setelah itu diiris tipis dan dijemur hingga kering sebelum akhirnya digoreng. Citarasa kerupuk gendar ini gurih asin.


2. Rengginang



Sumber: Pinimg.com


Rengginang sangat populer sebagai salah satu cemilan enak yang dibuat dari nasi. Untuk membuatnya, kamu tinggal mencampur nasi sisa dengan aneka bumbu rempah lalu diaduk menjadi satu dan dijemur hingga kering baru digoreng. Biasanya rengginang ini punya beberapa warna tergantung dari bahan campurannya. Untuk yang warna putih tidak dicampur apa-apa sedangkan yang warnanya ungu atau pink biasanya dicampur dengan terasi sehingga aromanya lebih wangi.


3. Cireng Nasi



Sumber: Resepkoki.id


Pernah mendengar atau mencoba cemilan cireng nasi? Kalau cireng sendiri pasti kamu sudah sangat familiar, tapi bagaimana dengan cireng nasi? Cireng nasi dibuat dari bahan dasar nasi yang dicampur dengan tepung kanji, bawang putih, daun bawang, dan rempah lainnya. Citarasa dari cireng nasi ini gurih, sama seperti cireng kebanyakan. Hanya saja perbedaannya terletak dari segi teksturnya yang lebih lembut tapi tetap kenyal. Sama seperti jenis cireng lainnya, cireng nasi juga cocok disantap dengan saus sambal atau sambal rujak.

 

4. Kroket Nasi



Sumber: Detik.net.id


Kroket tak hanya bisa dibuat dari bahan dasar kentang, tapi kroket juga bisa dibuat dari bahan dasar nasi sisa. Nasi sisa semalam bisa kamu haluskan kasar dengan menggunakan tangan, lalu bumbui dengan garam dan lada kemudian masukkan isian kroket seperti daging dan sayur-sayuran yang sudah dibumbui. Setelah diberi isian, kroket nasi dibalur dengan kocokan telur dan dibaluri dengan tepung panir sebelum akhirnya digoreng hingga matang dan keemasan.

 

5. Jipang Nasi



Sumber: Detik.net.id


Terakhir ada jipang nasi. Bagi masyarakat Jawa, jipang sudah tak asing lagi karena menjadi salah satu cemilan yang selalu tersaji pada saat perayaan besar. Jipang nasi dibuat dari bahan dasar nasi yang diaduk dengan gula dan bahan campuran lainnya lalu dibentuk kotak, dijemur, dan digoreng hingga renyah. Citarasa jipang nasi ini gurih bercampur manis.


Itu dia deretan cemilan enak yang dibuat dari nasi sisa. Kalau teman kuliner punya nasi sisa di rumah, bisa nih mengolah nasi sisa menjadi makanan-makanan di atas. Tapi kalau teman kuliner ingin berburu cemilan enak di Jakarta, bisa langsung mampir ke tempat-tempat di bawah ini!

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Tahu Kriuk Yes

Foto Tahu Kriuk Yes
Foto Tahu Kriuk Yes

Snack Zone

Foto Snack Zone
Foto Snack Zone
Foto Snack Zone

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?