Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Ngidam Junk Food Sehabis Begadang Semalaman? Ternyata Ada Alasannya Loh!

List Artikel
27 Juni 2020 | 0 Komentar

Siapa di antara kamu yang sangat suka sekali begadang? Tahukah kamu kalau kebanyakan orang yang suka begadang cenderung menginginkan makanan junk food keesokan harinya. Seolah sangat ngidam sehingga harus menyantap makanan yang manis dan benar-benar tidak bisa menolaknya. Bagi yang mengalami hal seperti ini biasanya kita tidak akan mempermasalahkannya karena mungkin saja keinginan tersebut datang tiba-tiba seperti kita menginginkan makanan lain setelah melihat orang lain menyantapnya atau setelah melihat foto dan video makanan yang ada di media sosial. Padahal alasannya bukanlah seperti itu. Ada alasan yang sangat logis dan masuk akal mengapa orang yang suka begadang cenderung sering ngidam junk food.



Sumber : Pergikuliner.com


Ada sebuah studi yang berasal dari Notyhwestern yang menemukan kalau hidung dan indera penciuman kita akan sangat terpengaruh akibat kurang tidur. Normalnya, indera penciuman bisa mempertajam aroma makanan pada otak sehingga bisa membedakan bau makanan dan mana makanan yang sehat atau tidak. Tapi hal tersebut tidak berlaku jika kamu kurang tidur. Akan terjadi gangguan komunikasi antara hidung, indera perasa, dan otak sehingga seringkali sinyal yang dikirimkan salah. Akibatnya keputusan kita untuk memilih makanan yang disantap juga akan berubah dan kebanyakan sinyal yang dikirimkan justru sinyal untuk menyantap junk food.



Sumber : Pergikuliner.com


Ketika tubuh kurang tidur, maka akan ada penurunan konektivoitas sehingga insula juga menurun. Ini berdampak pada tubuh yang lebih menginginkan makanan kaya kalori untuk mengembalikan tubuh yang kerap kali merasa lemas setelah begadang semalaman. Jadi makanan tinggi kalori seperti junk food dianggap bisa dengan cepat mengembalikan energi dan juga nafsu makan karena setelah begadang tak sedikit orang yang tidak nafsu makan. Ditambah lagi aroma junk food sangat menggoda sehingga orang yang tidak nafsu makan atau orang yang sedang sakit sekalipun akan menginginkannya. Lantas apa yang harus kita lakukan?


Jika hal seperti ini terjadi kepadamu 1-2 kali dalam sebulan, kamu tak perlu khawatir karena hal ini masih wajar. Tapi kalau dalam seminggu, kamu bisa ngidam junk food 2-3 kali karena terlalu sering begadang, maka kamu harus mengurangi kegiatan begadang agar tubuh bisa tetap sehat. Kalau tubuh sehat, tentunya kegiatan Pergi Kulineran bisa kamu lakukan lagi dan kamu tak hanya menginginkan junk food, tetapi juga makanan yang lainnya.       

 

Nah, itulah alasan logis mengapa orang yang suka begadang sangat sering ngidam junk food. Setelah mengetahui alasannya, apakah kamu masih ingin begadang lagi?

Lawless Burgerbar

Foto Lawless Burgerbar
Foto Lawless Burgerbar
Foto Lawless Burgerbar

Flip Burger

Foto Flip Burger
Foto Flip Burger
Foto Flip Burger

Dope Burger & Co.

Foto Dope Burger & Co.
Foto Dope Burger & Co.
Foto Dope Burger & Co.

Five Monkeys

Foto Five Monkeys
Foto Five Monkeys
Foto Five Monkeys

Burger King

Foto Burger King
Foto Burger King
Foto Burger King

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?