Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Nikmatnya, 5 Lauk Pauk Ini Sangat Cocok Disantap Bareng Sayur Asem

List Artikel
20 September 2020 | 0 Komentar

Sayur asem menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang banyak disukai masyarakat sebagai menu makan siang. Cita rasanya yang asam dan gurih terasa nikmat dengan isiannya yang melimpah. Di dalam sayur asem terdapat banyak sekali isian. Mulai dari kacang panjang, daun melinjo, jagung, labu, hingga daging tetelan. Tidak diketahui secara pasti sayur asem ini aslinya dari mana karena ada dua daerah asal sayur asem yakni Jakarta dan Jawa Barat. Tak heran kalau kita mengenal yang namanya sayur asem Sunda dan sayur asem Betawi. Keduanya ini tak jauh berbeda karena isiannya sama. Perbedaannya hanya terletak dari segi warna kuahnya saja karena salah satunya diberi campuran cabai. Nah, ketika menyantap sayur asem, biasanya akan terasa sangat nikmat disantap bersama dengan nasi putih hangat dan beberapa lauk pauk di bawah ini!


1. Ikan Asin Goreng



Sumber: Indozone.id


Lauk pauk yang paling cocok dengan sayur asem adalah ikan asin goreng. Lauk ikan asin seolah tak akan pernah terpisahkan dari sayur asem karena perpaduan citarasa dari keduanya ini sanggup bikin lidah kamu bergoyang. Ikan Asin goreng memiliki cita rasa asin yang terasa nikmat saat disantap bersama dengan sayur asem dan nasi putih. Jenis ikan asin yang sering digunakan biasanya adalah ikan asin jambal, ikan asin peda, ikan asin tenggiri, hingga ikan asin yang memiliki daging cukup tebal.


2. Tahu Tempe Goreng



Sumber: Ayomask.id


Lauk pauk kedua yang cocok dengan sayur asem adalah tahu tempe goreng. Nah, tahu tempe goreng ini bisa berupa tahu tempe goreng yang digoreng begitu saja maupun yang digoreng bersama dengan adonan tepung sehingga teksturnya jadi lebih garing. Tahu tempe goreng tak hanya nikmat disantap bersama dengan sayur asem, tetapi juga bisa memberikanmu asupan protein nabati yang sehat.


3. Ayam Goreng



Sumber: Loveindonesia.com


Ayam goreng tak pernah ketinggalan dalam daftar lauk pauk yang cocok disantap dengan sayur asem. Ayam goreng memiliki citarasa gurih dengan tekstur daging yang lembut. Indonesia memiliki banyak sekali jenis ayam goreng tradisional, tapi yang paling sering dipadukan sebagai lauk untuk sayur asem adalah ayam goreng kremes yang ada kremesannya serta ayam goreng serundeng yang ada serundeng kelapanya. Keduanya ini sangat cocok disantap bersama dengan sayur asem.


4. Rempeyek Udang



Sumber: Resepkoki.id


Rempeyek udang juga sangat disukai masyarakat sebagai salah satu jenis lauk pauk yang cocok disantap bersama dengan sayur asem. Rempeyek udang atau yang dikenal dengan nama peyek udang ini dibuat dari bahan dasar adonan tepung beras yang sudah dibumbui dengan bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, daun jeruk, dan garam lalu ditambahkan udang kecil. Cita rasanya sangat gurih asin sehingga cocok berpadu dengan sayur asem.


5. Sambal Terasi



Sumber: Kurioapps.com


Terakhir ada sambal terasi. Sebenarnya sambal terasi bisa dikatakan pendamping dibanding lauk. Saat makan makanan Indonesia, sambal menjadi salah satu pendamping yang wajib disantap agar cita rasa makanan jadi lebih pedas dan enak. Untuk sayur asem, jenis sambal yang paling banyak digunakan adalah sambal terasi. Aroma dari sambal terasi yang wangi serta cita rasanya yang pedas gurih mampu menjadikan sayur asem jadi makanan yang sangat lezat.


Setelah baca artikel ini, pasti kamu setuju kalau lauk-lauk di atas memang sangat cocok dimakan bersama dengan sayur asem. Bikin nafsu makan makin bertambah, iya kan?. Nah,  biasanya sayur asem bisa kamu temui di restoran atau rumah makan khas Indonesia tepatnya khas Sunda nih, seperti di restoran-restoran rekomendasi Pergikuliner di bawah ini!

Warung Sunda Ceu Kokom

Foto Warung Sunda Ceu Kokom
Foto Warung Sunda Ceu Kokom
Foto Warung Sunda Ceu Kokom

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Eng's Resto

Foto Eng's Resto
Foto Eng's Resto
Foto Eng's Resto

Serba Sambal

Foto Serba Sambal
Foto Serba Sambal
Foto Serba Sambal

Talaga Sampireun

Foto Talaga Sampireun
Foto Talaga Sampireun
Foto Talaga Sampireun

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?