Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Nostalgia, 7 Kuliner Gerobak Ini Bikin Kangen Pas Lewat Depan Rumah

List Artikel
2 Juni 2022 | 0 Komentar

Kamu termasuk anak era tahun 90-an? Pastinya sering jajan kuliner gerobak yang lewat depan rumah. Jauh sebelum kita mengenal order delivery makanan melalui ojol, pedagang kuliner gerobak keliling sudah menjadi favorit banyak masyarakat dan selalu dinanti kedatangannya. Kuliner gerobak keliling ini punya beberapa ciri khas untuk menandai kedatangannya, mulai dari bunyi-bunyian dari peralatan makan yang dibawa, pentungan, hingga suara dari sang pedagang. Selain itu, kuliner gerobak ini punya jam lewat khusus alias tidak lewat di sembarang waktu sehingga ketika sudah jam lewatnya tiba, kita bisa menunggunya di depan rumah. Dari banyaknya kuliner gerobak, ada beberapa yang paling bikin kangen dan dicari, yaitu:

 

1. Bakso



Sumber: Pergikuliner.com


Kuliner gerobak yang pertama adalah bakso. Bakso gerobak memang berbeda dengan bakso yang dijual di mall atau pusat perbelanjaan. Bakso gerobak keliling ini kebanyakan menjual bakso dalam ukuran kecil, meski beberapa ada juga yang menjual bakso telur dan bakso urat yang ukurannya besar. Saat lewat depan rumah, abang bakso biasanya akan memukul-mukul mangkuk dengan sendok dan meneriakkan, “so bakso”. Pedagang bakso gerobak biasa lewat di siang hari hingga malam.

 

2. Mie Ayam



Sumber: Pergikuliner.com


Mie ayam juga menjadi salah satu kuliner gerobak yang dinanti-nantikan. Mie ayam gerobak punya cita rasa yang lezat dan gurih sehingga membuat ketagihan makan lagi. Mie ayam gerobak keliling ini biasanya lewat di siang hari hingga sore hari. Tidak seperti pedagang gerobak bakso, pedagang mie ayam keliling ditandai dengan membunyikan pentungan dari kayu dan berbunyi, “dok dok dok”.

 

3. Nasi Goreng



Sumber: Pergikuliner.com


Nasi goreng gerobak atau lebih sering disebut dengan nasi goreng tek tek ini juga bikin kangen karena cita rasanya yang sangat berbeda dengan nasi goreng yang dijual di kafe atau nasi goreng rumahan. Nasi gorobak ini punya tekstur nasi yang ambyar dengan wangi yang sangat menggoda, dan cita rasa yang sangat gurih. Saat gerobak nasi goreng lewat depan rumah, pedagangnya akan membunyikan panci atau pentungan. Selain nasi goreng, pedagangnya juga menjual mie goreng dan kwetiau. Kamu bisa menjumpai pedagang nasi goreng gerobak di malam hari.

 

4. Bubur Ayam



Sumber: Pergikuliner.com


Saat ini sudah sangat sulit menjumpai bubur ayam keliling. Kebanyakan pedagang bubur ayam sekarang lebih sering mangkal di perempatan jalan. Pada era tahun 90-an ada banyak pedagang bubur ayam gerobak keliling dan setiap keliling di pagi hari, ada bunyi, “ting ting ting” yang dihasilkan dari sendok yang dipukulkan pada mangkok dengan berteriak, “Buur ayam”. Selain pagi, pedagang bubur ayam gerobak juga kerap kali keliling di malam hari.

 

5. Bakwan Malang



Sumber: Pergikuliner.com


Kita lanjut ke bakwan Malang yang saat ini lebih banyak dijumpai di tempat makan, restoran, hingga kafe. Bakwan Malang adalah kuliner berkuah khas Malang. Dulunya, ada banyak pedagang bakwan Malang gerobak yang wara-wiri di depan rumah pada siang hingga sore hari dengan membunyikan pentungan. Pedagang bakwan Malang ini tidak berteriak sehingga bunyi pentungannya seringkali salah dikenali sebagai mie ayam karena bunyinya sama.

 

6. Sate Ayam



Sumber: Pergikuliner.com


Selanjutnya ada sate ayam yang juga dinanti kedatangan gerobaknya di malam hari. Sebenarnya pedagang sate ayam gerobak ini tak perlu membunyikan apapun karena aroma wangi sate ayam sangat tercium aromanya sehingga kita langsung tahu kalau ada gerobak sate ayam. Tapi biasanya pedagang sate ayam gerobak akan berteriak, “teee ayam” tanpa membunyikan benda apapun.

 

7. Buah Potong dan Rujak



Sumber: Pergikuliner.com


Terakhir ada gerobak buah potong dan rujak yang biasanya lewat di siang hingga sore hari. Pedagang buah potong dan rujak tidak berteriak tapi membunyikan pentungan yang dibawanya. Buah potong yang biasanya dijual adalah buah-buahan tropis yang segar seperti nanas, mangga, bengkuang, kedondong, pepaya, melon, dan semangka. Jika tak suka menyantapnya dengan sambal rujak, kamu bisa menyantapnya dengan garam cabe yang juga disediakan oleh penjual.

 

Itulah beberapa kuliner gerobak yang bikin kangen pas lewat depan rumah. Dari ketujuhnya, manakah yang paling kamu rindukan saat ini?

Sate Khas Senayan

Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan

Nasi Goreng Bistik Liem

Foto Nasi Goreng Bistik Liem
Foto Nasi Goreng Bistik Liem
Foto Nasi Goreng Bistik Liem

Bubur Ayam Mangga Besar 1

Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1
Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1
Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1

Bakso Super Special Pak Diran

Foto Bakso Super Special Pak Diran
Foto Bakso Super Special Pak Diran
Foto Bakso Super Special Pak Diran

Bakwan Pabean

Foto Bakwan Pabean
Foto Bakwan Pabean
Foto Bakwan Pabean

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?