Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Nostalgia, Generasi 90-an Pasti Kenal dengan Minuman Jadul Ini

List Artikel
27 September 2021 | 0 Komentar

Pernah tidak kamu bernostalgia dengan kuliner-kuliner jadul? Nostalgia tidak hanya melulu tentang kenangan bersama seseorang, tapi juga kenangan saat kita menyantap sesuatu. Ingatan tentang tampilan serta citarasa kuliner tersebut biasanya akan tetap melekat hingga kita menua nanti. Jika kamu termasuk generasi 90-an, pastinya ada makanan dan minuman jadul yang sempat hits pada masa itu, tapi di jaman sekarang keberadaannya sudah jarang atau bahkan sudah tidak bisa kita jumpai lagi. Entah itu karena alasan produksi atau karena memang sudah digantikan dengan minuman lain yang memiliki cita rasa berbeda. 


Lalu, apa saja ya kira-kira minuman jadul yang hits di tahun 1990-an? Mengajak kamu nostalgia, PergiKuliner sudah merangkum 5 minuman jadul di bawah ini. Kira-kira, Teman Kuliner familiar dengan yang mana nih?


1. Mirinda


Sumber: Idntimes.com


Minuman jadul yang hits tahun 1990-an pertama adalah Mirinda. Mirinda merupakan minuman bersoda yang memiliki banyak sekali varian rasa seperti rasa anggur, jeruk, strawberry, melon, lemon, dan masih banyak lagi.Berhubung ada banyak varian rasanya, maka tampilannya warnanya pun beragam. Ada yang berwarna kuning, orange, merah, ungu tua, hijau, dan lain sebagainya. Layaknya CocaCola dan Sprite sekarang, Mirinda ini bisa dengan mudah dijumpai di rumah makan, warung, hingga kantin sekolah. Biasanya saat orang membeli Mirinda, minuman ini akan dituang dalam plastik dan diberi es batu serta sedotan sehingga memudahkanmu untuk meminumnya. Jika awalnya kemasan Mirinda ini berbentuk botol kaca, saat ini masih bisa kita jumpai tapi dalam bentuk kaleng dan botol plastik.


2. Frutang



Sumber: 2tang.bussiness.com


Buat yang suka minuman jadul bercitarasa jeruk pastinya kamu tahu minuman yang satu ini. Frutang merupakan minuman dengan cita rasa jeruk yang punya banyak penggemarnya di era tahun 90-an. Minuman ini sangat berjaya pada jamannya karena diangga sebagai pelopor minuman sirup dalam gelas. Cita rasanya yang manis dan ada sedikit rasa asamnya membuat siapapun ketagihan. Saat ini Frutang masih bisa dijumpai meski keberadaannya sudah sangat langka.


3. Capri Sonne



Sumber: lsplace.com


Kita beralih ke minuman jadul yang asalnya dari Jerman yakni Capri Sonne. Capri Sonne ini sebenarnya adalah minuman ekstrak buah yang dikemas dalam kemasan unik karena berbentuk seperti pouch. Meski ada banyak varian rasa buah yang dihadirkan, Capri Sonne dengan cita rasa jeruk dan apel paling banyak disukai. Tidak seperti kedua minuman jadul di atas, Capri Sonne ini awalnya hanya bisa dijumpai supermarket atau toko yang ada di perkotaan karena harganya terbilang cukup mahal pada masa itu. Hingga sekarang Capri Sonne masih bisa kita jumpai meski namanya sudah berubah menjadi Capri Son.


4. RC Cola



Sumber: Pinimg.com


Selanjutnya ada RC Cola. Bagi generasi 90-an pastinya hapal minuman yang satu ini. Sebelum ketenaran CocaCola, RC Cola sudah lebih dulu populer di Indonesia. Selain Mirinda, RC Cola menjadi salah satu minuman soda terfavorit yang punya banyak penggemarnya, terutama anak remaja. Cita rasanya yang manis serta sensasi sodanya yang menyegarkan membuat minuman ini disukai. Meski di Indonesia minuman jadul ini sudah langka atau bahkan sudah tidak bisa kita jumpai lagi, di negara Amerika, RC Cola masih tetap ada tapi dalam bentuk kaleng dan botol plastik.


5. Minuman Soda Bubuk



Sumber: Eatthis.com


Terakhir ada minuman bersoda bubuk. Jauh sebelum kita mengenal yang namanya minuman serbuk dengan beragam citarasa, di tahun 90-an sudah ada minuman soda bubuk. Minuman bersoda bubuk ini dikemas dalam plastik dan ukurannya sangat kecil. Untuk satu buah kemasan minuman soda bubuk, kamu hanya bisa membuat satu gelas kecil minuman bersoda. Harga dari minuman soda serbuk ini sangat murah karena merupakan KW dari minuman bersoda yang asli. Jadi kalau uang jajanmu tak cukup untuk membeli Mirinda atau RC Cola, biasanya pilihan yang tepat adalah minuman soda bubuk. Meski dari bubuk, anehnya cita rasa minuman ini terbilang cukup enak dan menyerupai minuman soda yang asli.

 

Itulah beberapa minuman jadul yang populer di tahun 90-an. Buat kamu anak 90-an, minuman mana saja yang paling sering dikonsumsi saat masih sekolah dulu?

Chicha San Chen

Foto Chicha San Chen
Foto Chicha San Chen
Foto Chicha San Chen

Tiger Hill

Foto Tiger Hill
Foto Tiger Hill
Foto Tiger Hill

Kopi Nako

Foto Kopi Nako
Foto Kopi Nako
Foto Kopi Nako

Toko Kopi Tuku

Foto Toko Kopi Tuku
Foto Toko Kopi Tuku
Foto Toko Kopi Tuku

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?