Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Nostalgia, Ini 5 Jajanan Sekolah dari Telur yang Harganya Murah Meriah

List Artikel
28 Oktober 2019 | 0 Komentar

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang paling banyak digunakan dalam dunia kuliner. Entah itu digunakan sebagai bahan tambahan pada masakan, kue, hingga dijadikan camilan atau jajanan. Berhubung telur memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat tinggi, tak heran kalau sumber protein hewani ini juga bisa kamu jumpai pada aneka jenis jajanan sekolah yang biasanya dijajakan di samping gerbang sekolah atau di kantin sekolah. Buat kamu yang ingin bernostalgia dengan aneka jajanan sekolah dari bahan utama telur ini, langsung cek aja pilihannya di bawah ini!

 

1. Telur Gulung



Sumber : Pergikuliner.com


Jajanan sekolah dari telur yang paling difavoritkan anak-anak adalah telur gulung. Sesuai dengan namanya, jajanan ini terbuat dari bahan baku telur yang dikocok lalu digoreng dan digulung dengan cara dililitkan pada sebatang lidi. Meski bahan-bahannya mudah didapat, tapi butuh teknik khusus untuk menjadikan bentuk telur gulung ini sempurna. Kamu wajib menggorengnya dalam minyak yang banyak dan panas. Telur gulung sangat enak jika disajikan bersama dengan saus sambal encer.

 

2. Sosis Telur



Sumber: Bacanulis.com


Selain telur gulung, ada sosis telur yang biasanya dijual oleh pedagang yang sama. Sosis telur menjadi pilihan lain jika kamu bosan dengan telur gulung. Untuk membuat sosis telur ini, dibutuhkan bahan baku sosis dan telur. Sosis telur ini dibuat dengan alat khusus yang menjadikan bentuknya terlihat rapi. Sosis yang sudah dicuci bersih ditusuk dengan tusukan sate lalu dimasukkan dalam alat khusus tersebut dan disiram dengan kocokan telur lalu tunggu hingga matang.

 

3. Cilor



Sumber : Bukalapak.com


Kalau jajanan sekolah yang satu ini berasal dari daerah Jawa Barat, tepatnya kota Bandung. Cilor merupakan singkatan dari aci dan telor. Jadi, aci yang sudah direbus atau dikukus hingga matang kemudian ditusuk dengan tusuk sate lalu dibalur dengan telur dan digoreng hingga warnanya keemasan. Jajanan ini menjadi favorit karena memiliki tekstur yang garing di luar tapi kenyal di dalam. Selain itu citarasanya juga sangat gurih. Kamu bisa menyantap cilor dengan saus sambal dan saus tomat.

 

4. Telur Dadar Mini



Sumber : Kumparan.com


Berikutnya ada telur dadar mini. Jajanan ini sebenarnya merupakan kuliner yang sangat simpel dan mudah dibuat, tapi entah mengapa, anak-anak kecil sangat menyukainya. Telur dadar mini merupakan telur dadar biasa yang dibuat dengan cetakan wajan berlubang kecil berbentuk setengah lingkaran. Di daerah Jawa Barat, telur dadar mini sering dijuluki dengan nama endog goreng. Dalam satu porsi biasanya akan ada 8-10 isian telur dadar mini. Jajanan ini juga akan lezat disantap bersama dengan saus sambal.  

 

5. Makaroni Telur



Sumber : Lifestyle.okezone.com


Terakhir ada makaroni telur yang pastinya terbuat dari bahan utama makaroni dan telur. Jajanan ini dibuat dengan cara merebus makaroni terlebih dahulu lalu menumisnya bersama dengan telur dan aneka bumbu tambahan lainnya. Satu hal yang membuat jajanan ini laris manis adalah cita rasanya yang pedas. Jadi saat menumisnya, ada tambahan bubuk cabai sehingga cita rasa makaroni telur ini menjadi cukup pedas.

 

Dari kelima jajanan sekolah berbahan dasar telur ini, kamu lebih suka menyantap yang mana?

Cork&Screw

Foto Cork&Screw

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Baconerie

Foto Baconerie
Foto Baconerie

Convivium

Foto Convivium

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?