Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Opor vs Gulai, Manakah yang Serasi untuk Ketupat Lebaran?

List Artikel
5 Juni 2019 | 0 Komentar
Lebaran sebentar lagi, persiapan apa saja yang sudah kamu lakukan? Menjelang Hari Raya Idul Fitri, selain persiapan berbelanja baju dan kebutuhan mudik, bagi pecinta kuliner, kita pasti akan disibukkan dengan persiapan membuat kue kering dan makanan khas lebaran. Perayaan lebaran akan kuliner khasnya yang tidak terlupakan seperti ketupat lebaran. Untuk mendampingi santapan ketupat lebaran ini, biasanya akan disajikan sayur ketupat dan juga lauk pauk pelengkapnya. Ada beberapa lauk pauk yang wajib ada untuk mendampingi ketupat lebaran, yaitu rendang, sambal goreng kentang ati, semur, opor dan gulai. Berbicara tentang lauk pauk untuk ketupat lebaran, ada dua lauk yang sekilas dari tampilannya mirip satu sama lain, yaitu opor dan gulai. Dari keduanya, manakah yang lebih cocok disantap untuk ketupat lebaran?

Opor


Sumber : Cosmopolitan.com

Untuk opor, kuliner ini memiliki dua jenis yakni opor kuning dan opor putih. Untuk opor kuning pastinya berwarna kuning karena ada tambahan kunyitnya. Sedangkan untuk opor putih tidak diberi tambahan kunyit. Opor memiliki cita rasa yang terbilang cukup gurih dan segar karena di dalamnya menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, jahe, sereh, ketumbar dan daun jeruk. Hanya saja untuk opor, kebanyakan orang hanya menggunakan bahan utama ayam, telur, tahu dan tempe. Opor lebih banyak disajikan sebagai pendamping ketupat lebaran oleh orang-orang yang tinggal di daerah pulau Jawa dan sekitarnya.

Gulai

Sumber : Pergikuliner.com

 Sedangkan untuk gulai, memiliki tampilan kuah yang lebih berwaran orange kemerahan. Hal ini dikarenakan adanya tambahan cabe di dalamnya sehingga membuat cita rasanya lebih pedas dari opor. Selain cabe, bumbu yang digunakan bisa dikatakan mirip dengan opor karena menggunakan bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, jahe, sereh, ketumbar, daun jeruk dan beberapa bumbu rempah lainnya seperti lada, pala, adas, kayu manis dan jinten. Inilah yang menyebabkan gulai memiliki cita rasa yang lebih kuat dibanding dengan opor. Untuk bahan bakunya, gulai bisa menggunakan semua jenis daging seperti ayam, kambing, sapi, hingga ikan. Jika opor lebih banyak ditemukan di daerah pulau Jawa, gulai lebih banyak ditemukan di daerah pulau Sumatera.

Setelah melihat perbedaannya di atas, kamu pasti bisa memilih mana yang cocok untuk ketupat lebaran kali ini. Kalau kamu lebih suka cita rasa yang lebih light dan tidak pedas, maka kamu bisa memilih opor dibanding gulai. Tapi jika kamu lebih suka kuliner bercita rasa pedas, maka pilihlah gulai. Jika kamu vegetarian, opor lebih cocok kamu santap karena bisa dibuat dari bahan tempe dan tahu. Sedangkan kalau kamu pecinta daging, maka kamu bisa lebih memilih gulai. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu menentukan pilihan. Nah, jika setelah ini kamu jadi ingin menyantap dua menu tersebut kamu bisa langsung saja datang ke salah satu tempat di bawah ini ya!

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Senyum Indonesia

Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia
Foto Senyum Indonesia

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan

Marco by Chef Marco Lim

Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?