Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Pastel vs Panada, Di Mana Letak Perbedaan Kedua Cemilan Ini?

List Artikel
2 Oktober 2018 | 0 Komentar

Apa saja cemilan di Indonesia yang kamu suka? Cemilan yang ada di Indonesia memang ada yang mirip satu sama lain jika dilihat dari bentuknya sekilas. Coba saja kamu bandingkan risol dengan lumpia yang sama-sama memiliki bentuk lonjong, combro dengan misro, atau pastel dengan panada. Berbicara tentang pastel dan panada, nggak sedikit orang yang keliru menyebut keduanya karena memang dari segi tampilan, keduanya sama-sama memiliki bentuk setengah lingkaran dengan pilinan di salah satu bagian sisinya. Meski terlihat sama, tapi pastel dan panada ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok lho. Di manakah letak perbedaannya? Mari kita simak yuk!


Sumber : PergiKuliner.com


Daerah Asal dan Jenis

Pastel merupakan cemilan yang diadaptasi dari kuliner Belanda yang termasuk dalam jenis pastry karena terbuat dari campuran tepung dan margarin. Sedangkan panada yang berasal dari Manado ini masuk dalam jenis roti. Meski berasal dari Manado, tapi aslinya panada ini merupakan hidangan khas Portugis yakni empanada. Berbeda dengan panada yang hanya memiliki satu jenis saja, pastel ada banyak jenisnya, mulai dari pastel goreng hingga pastel panggang atau pastel tutup.


Tekstur dan Tampilan

Kalau dilihat dari segi tekstur dan tampilannya, sudah pasti keduanya sangat berbeda. Dari segi tampilan, bentuk panada terlihat lebih menggembung dan padat karena jenisnya adalah roti sehingga lebih padat, tapi teksturnya empuk dan lebih lembut. Lain halnya dengan pastel yang tampilan luarnya terlihat ada gelembung dan terlihat lebih kasar. Pada saat digigit, pastel memiliki tekstur yang garing dan renyah pada kulit.



Sumber : Grid.id


Varian Isi

Lalu untuk isiannya, pastel dan panada ini punya isian yang jauh berbeda. Pastel biasanya memiliki isian yang terbuat dari campuran sayur-sayuran seperti wortel dan kentang, kemudian ada daging cincang, soun atau bihun, dan telur rebus. Untuk panada, isiannya terbuat dari campuran ikan cakalang atau tongkol yang sudah disuwir lalu ditumis dengan wortel, bawang bombay, dan aneka rempah lainnya.

 

Cita Rasa

Berhubung jenis dan isiannya berbeda, sudah pasti rasa dari keduanya juga berbeda. Pastel memiliki cita rasa gurih asin. Sedangkan panada punya cita rasa yang gurih pada isiannya, dan ada sedikit rasa manis dari kulitnya. Beberapa panada ada juga yang memiliki cita rasa campuran pedas karena adanya penggunaan bumbu cabai halus di dalamnya.

 

Sekarang kamu sudah tahu dong perbedaan dari keduanya itu? Pastikan kamu sudah nggak tertukar lagi ya! Nah, kalau dari kedua jenis cemilan ini, kamu lebih suka menyantap yang mana nih teman PergiKuliner? Simak juga beberapa tempat referensinya beriku ya!

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Pastellia

Foto Pastellia

Pastel Istimewa Ma'Cik

Foto Pastel Istimewa Ma'Cik
Foto Pastel Istimewa Ma'Cik

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?