Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Pecinta Kopi, 5 Mitos dan Fakta Kopi ini Harus Kamu Ketahui

List Artikel
9 November 2020 | 0 Komentar

Saat ini kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup, tak lengkap rasanya bila sehari tidak menyeruput kopi. Oleh karena itu coffee shop atau cafe seringkali digunakan sebagai tempat nongkrong, meeting, mengerjakan tugas, dan lain-lain. Namun tahukah kamu, ada beberapa mitos tentang kopi yang beredar di masyarakat selama bertahun-tahun? Tentunya mitos-mitos tersebut tidak semuanya benar. Seperti lima mitos beserta fakta kopi yang perlu diketahui oleh para pecinta kopi, berikut ini:



Sumber: Pergikuliner.com


1. Membeli Biji Kopi

Membeli kopi dalam bentuk biji-bijian alias belum digiling memang sedang menjadi tren karena banyak yang menganggap kalau rasa kopi seduhan sendiri pasti akan terasa asli dan lebih nikmat. Tapi tahukah kamu kalau membeli biji kopi tapi tidak cepat digiling dan digunakan akan membuat rasanya berkurang? Terlalu lama menyimpan biji kopi dalam kemasan kantung akan membuat level radikal bebas meningkat dan antioksidan berkurang. Simpanlah kopi dalam kontainer tertutup yang kedap udara.


2. White Coffee Memiliki Sedikit Kafein

Banyak yang salah kaprah tentang kadar kafein dalam kopi putih alias white coffee. Kebanyakan menganggap white coffee lebih rendah kafein. Padahal, tingkat kafein pada white coffee lebih tinggi, alasannya karena proses pemanggangan pada kopi dapat membakar banyak kafein. Jadi semakin lama biji kopi dipanggang, maka kadar kafein yang tersisa semakin sedikit.  


3. Kopi Gelap Kaya Antioksidan

Kopi dengan warna yang lebih gelap memiliki banyak antioksidan? Hal itu tidak benar teman kuliner, karena white coffee-lah yang memiliki lebih banyak antioksidan. Selain kaya antioksidan, white coffee juga bisa menstabilkan gula darah. Sedangkan kopi hitam lebih banyak mengandung melanoid yang tinggi sehingga berfungsi sebagai anti kanker, anti peradangan, serta anti darah tinggi.


4. Minum Kopi Saat Pagi Hari

Mengawali hari dengan minum secangkir kopi saat pagi hari telah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Tapi ternyata meminum kopi saat pagi hari tidak membantu kamu meningkatkan energi karena satu jam pertama setelah kamu bangun tidur, hormon kortisol (hormon pengatur stres) kamu sedang dalam level tertinggi sehingga kamu tidak memerlukan secangkir kopi. Meminum kopi di atas jam sembilan hingga sebelas siang justru sangat dianjurkan karena bisa mampu menaikkan hormon kortisol yang sudah mulai menurun.


5. Waktu Menghabiskan Kopi

Kamu biasa menghabiskan secangkir kopi yang tersaji di atas meja selama berapa lama? Semakin lama kamu membiarkan kopi yang telah diseduh dan baru meminumnya beberapa jam setelahnya tentu membuat kadar asamnya semakin meningkat dan mampu memicu masalah dalam pencernaan kamu. Sebaiknya kopi diminum dalam waktu kurang dari 20 menit setelah diseduh agar masih terasa rasa aslinya.


Teman kuliner sudah tahu kan mitos dan fakta dari kopi? Setelah bisa membedakan mana yang mitos dan mana yang fakta, sekarang waktunya untuk teman kuliner khususnya pecinta kopi untuk berburu kopi enak di coffee shop rekomendasi Pergikuliner di bawah ini yuk!

Coffee Zen

Foto Coffee Zen
Foto Coffee Zen
Foto Coffee Zen

Bukan Ruang

Foto Bukan Ruang
Foto Bukan Ruang
Foto Bukan Ruang

Coffee With Me

Foto Coffee With Me
Foto Coffee With Me
Foto Coffee With Me

Titik Temu Coffee

Foto Titik Temu Coffee
Foto Titik Temu Coffee
Foto Titik Temu Coffee

Roast Coffee

Foto Roast Coffee
Foto Roast Coffee
Foto Roast Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?