Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Pecinta Kopi Wajib Tahu Cara Menyimpan Kopi yang Benar di Rumah

List Artikel
3 November 2018 | 0 Komentar
Bagi para pecinta kopi, menikmati kelezatan kopi di kedai kopi menjadi kegiatan yang rutin dilakukan. Tapi kerap kali kita juga ingin menyeruput kelezatan kopi di rumah sendiri. Oleh karena itu, nggak heran kalau ada beberapa kedai kopi yang menjual biji kopi dan kopi bubuk kemasan yang bisa kita bawa pulang. Sensasi menyeduh kopi sendiri di rumah memang terasa sangat seru, tapi rasa yang dihasilkan kadang nggak selezat buatan barista yang ada di kedai kopi. Padahal takaran dan cara pembuatannya sama persis. Hal ini bisa saja dikarenakan kopi yang digunakan sudah nggak segar lagi. Perlu kamu ketahui kalau kopi yang disimpan di rumah bisa kehilangan kesegarannya jika tidak kamu nggak menyimpannya dengan benar. Kopi yang nggak segar ini memiliki rasa dan aroma yang berbeda sehingga kualitasnya jadi menurun. Cara menyimpan kopi ternyata sangat mempengaruhi tingkat kesegaran kopi. Tapi sayangnya, hal ini nggak begitu diperhatikan oleh kita karena kurangnya pemahaman tentang cara menyimpan kopi. Setelah membeli kopi, baik itu dalam bentuk biji ataupun bubuk, kita cenderung meletakkannya begitu saja tanpa memperhatikan suhu dan kelembaban yang ada di sekitarnya. Lantas bagaimana caranya kita menyimpan kopi yang benar di rumah? Simak yuk beberapa hal yang perlu diperhatikan berikut ini!

Sumber : Gulalives.co


1. Simpan dalam wadah kaca dan tertutup

Biji kopi maupun bubuk kopi biasanya dijual dalam bentuk kemasan katup yang terbuat dari kertas atau alumunium. Kemasan katup ini tidak didesain untuk penyimpanan jangka panjang. Oleh karena itu, setelah sampai di rumah, jangan meninggalkan kopi dalam kemasannya begitu saja, lebih baik kalau kamu langsung memindahkannya ke dalam wadah kaca seperti toples yang tertutup agar kopi tersimpan dalam wadah kedap udara. Kopi yang dibeli dalam bentuk biji bisa bertahan hingga 1-3 bulan lamanya, tapi kopi yang dibeli dalam bentuk bubuk hanya bisa bertahan selama 1-2 minggu saja. Jadi lebih baik kamu membelinya secara berkala alias jangan langsung membeli dalam jumlah banyak.


2. Jauhkan kopi dari panas

Meski kopi sudah disimpan dalam wadah tertutup, tapi jika letak penyimpanannya salah, maka rasa dan aroma kopi bisa berubah. Selalu simpan kopi di dalam lemari karena kopi harus disimpan di tempat yang kering, gelap, dan sejuk. Lokasi lemari juga harus diperhatikan dengan benar. Jangan sampai di samping lemari terdapat oven, microwave, atau kompor karena kopi harus dijauhkan dari panas sebisa mungkin. Jadi sebaiknya simpanlah kopi di lokasi berjauhan dari panas.


3. Cahaya bisa menjadi musuh kopi

Seperti yang sudah dikatakan di atas, kopi sangat suka tempat yang gelap karena cahaya merupakan musuh utama kopi. Kita seringkali melihat ada toples-toples yang berisi kopi dijajarkan di rak terbuka di dapur karena terlihat cantik sehingga dijadikan sebagai dekorasi ruangan. Tapi ternyata kopi yang terkena cahaya, baik itu cahaya lampu maupun cahaya matahari bisa merusak kualitas dari kopi lho.

 

Sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana caranya menyimpan kopi yang benar di rumah? Jadi jangan sampai kopi yang kamu beli berubah aroma dan cita rasanya lagi ya!

Sajiva Coffee Company

Foto Sajiva Coffee Company
Foto Sajiva Coffee Company

Kanawa Coffee & Munch

Foto Kanawa Coffee & Munch
Foto Kanawa Coffee & Munch
Foto Kanawa Coffee & Munch

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Fillmore Coffee

Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee
Foto Fillmore Coffee

Meanwhile Coffee

Foto Meanwhile Coffee
Foto Meanwhile Coffee
Foto Meanwhile Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?