Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Pecinta Kuliner Sehat, Ketahui Dulu Perbedaan Oatmeal vs Granola Ini!

List Artikel
21 November 2019 | 0 Komentar

Saat ini sedang populer gaya hidup sehat yang pastinya menerapkan pola makan sehat. Beberapa orang ada yang melakukan diet tertentu dengan hanya mengonsumsi sayuran dan buah-buahan saja, mengurangi garam, hingga mengurangi porsi makan. Di antara pola makan sehat tersebut ada yang dianjurkan untuk menyantap oatmeal dan granola. Pastinya kamu tahu khan kalau oatmeal sangat sering disantap saat sarapan bagi orang-orang suka menyantap makanan sehat, sedangkan untuk granola sendiri lebih banyak kita jumpai pada sajian smoothie bowl atau pada snack bar sehat. Oatmeal dan granola seringkali salah dikenali. Keduanya ini memang sama-sama berasal dari gandum, tapi tahukah kamu kalau ada perbedaan besar di antara keduanya? Coba langsung kita lihat saja yuk apa saja perbedaannya!

 


Sumber : Onelovelylife.com


1. Asal Pembuatan

Meski sama-sama dibuat dari gandum, tapi oatmeal ini berasal dari tanaman haver atau biji haver utuh. Coba saja kamu perhatikan saat membeli oatmeal, pastinya akan ada tulisan havermout cereal atau havermout quaker, bukan wheat cereal atau wheat quaker. Sedangkan untuk granola ini, meski sama-sama dibuat dari havermout juga, tapi di dalamnya terdapat campuran kacang-kacangan, biji-bijian, hingga buah-buahan kering.

 

2. Cita Rasa

Berhubung granola memiliki beragam campuran bahan di dalamnya, maka sudah pasti cita rasanya lebih beragam, apalagi kalau di dalamnya ada campuran buah-buahan kering. Inilah yang membuat granola bisa langsung disantap tanpa diolah terlebih dahulu. Berbeda dengan oatmeal yang tidak ada campuran apa-apa sehingga cita rasanya cenderung hambar. Ditambah lagi kamu harus mengolahnya terlebih dahulu.

 

3. Tampilan dan Warna

Sebenarnya cara terbaik untuk membedakan oatmeal dengan granola adalah dari segi tampilan dan warnanya. Untuk tampilan dari oatmeal ini cenderung bulat atau lonjong pipih karena butiran gandumnya digiling. Warnanya juga putih pucat atau putih gading sehingga oatmeal seringkali dijuluki dengan nama gandum putih. Lain halnya dengan granola yang tampilannya lebih tidak beraturan karena banyaknya campuran di dalamnya. Untuk warnanya, granola ini punya warna yang cenderung kecoklatan. Jika di dalamnya terdapat campuran madu maka warnanya jadi cokelat keemasan.


4. Cara Penyajian

Perbedaan yang terakhir adalah dari cara penyajian keduanya. Oatmeal lebih sering disajikan sebagai bubur untuk sarapan, hal ini dikarenakan oatmeal menyerap banyak air sehingga bentuknya menjadi seperti bubur ketika kamu seduh dengan air panas. Biasanya oatmeal akan disajikan bersama dengan potongan buah atau madu untuk memberikan cita rasa di dalamnya agar tidak hambar. Sedangkan untuk granola lebih banyak dimakan begitu saja atau disajikan bersama dengan susu maupun smoothie buah dan sayur. Beberapa orang bahkan ada yang menambahkan granola pada sajian es krim hingga puding.

 

Itulah beberapa perbedaan dari granola dan oatmeal. Sekarang kamu sudah tahu bukan perbedaan dari keduanya? Jadi jangan sampai salah mengenali keduanya ya! Nah, sekarang mari simak dulu beberapa referensi makanan sehat di bawah ini yuk!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Honu Poke & Matcha Bar

Foto Honu Poke & Matcha Bar
Foto Honu Poke & Matcha Bar
Foto Honu Poke & Matcha Bar

Crunchaus Salads

Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads
Foto Crunchaus Salads

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?