Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Pemanis Sukrosa, Glukosa, dan Fruktosa, Cek Perbedaannya Yuk!

List Artikel
2 Oktober 2019 | 0 Komentar
Menyantap makanan manis bagi sebagian orang menjadi sebuah kegemaran. Makanan manis dinilai bisa memperbaiki mood yang sedang buruk, menghilangkan stress, serta menyenangkan hati dan pikiran. Bagi kamu penggemar makanan manis ada tiga komponen yang pasti ditemukan pada kuliner manis, terutama yang berbentuk kemasan. Ketiga komponen tersebut adalah sukrosa, glukosa dan fruktosa. Tiga-tiganya sama-sama merupakan pemanis makanan yang membuat cita rasa makanan menjadi lebih manis dan lezat. Tapi bisakah kamu membedakan ketiganya? Untuk membedakan sukrosa, glukosa dan fruktosa ini memang tidaklah mudah, namun bukan berarti kamu tidak bisa membedakannya. Supaya lebih tahu apa perbedaan ketiganya, cek dulu penjelasan yang ada di bawah ini!


Sumber : Kompas.com

Sukrosa
Sukrosa merupakan pemanis yang paling banyak ditemukan pada dunia kuliner. Sebenarnya sukrosa ini adalah nama lain dari gula pasir. Di dalam sukrosa terdapat dua molekul komponen yaitu glukosa dan fruktosa. Dalam penyerapannya sukrosa akan dipecah lagi oleh tubuh menjadi glukosa dan fruktosa. Glukosa ini nantinya akan disimpan oleh tubuh menjadi energi, sedangkan fruktosa akan menjadi lemak dalam tubuh. Selain bisa didapat dari gula pasir, sukrosa juga bisa kamu temukan pada jenis sirup, makanan kemasan atau makanan kaleng.

Glukosa
Selanjutnya adalah glukosa yang hanya terdiri dari satu molekul saja. Glukosa ini menjadi fondasi utama dari karbohidrat yang bisa mengembangkan energi bagi tubuh. Biasanya glukosa akan kamu temukan pada sayuran, atau umbi-umbian seperti ubi, singkong, kentang, gandum, serta jagung. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa menemukannya pada jenis makanan lain termasuk makanan kemasan. Biasanya glukosa pada makanan kemasan ini didapat dari tepung jagung atau tepung umbi-umbian lainnya seperti tepung tapioka. 

Fruktosa
Terakhir ada fruktosa yang bisa didapat dari manisnya buah-buahan serta madu. Fruktosa ini juga hanya memiliki satu molekul saja. Jika dibandingkan dengan glukosa, rasa manis dari fruktosa akan jauh lebih tinggi, bahkan bisa melebihi dari sukrosa. Fruktosa bisa didapat dari tebu, bit dan lain sebagainya. Fruktosa juga banyak ditemui pada minuman serta makanan kemasan karena memang cita rasa manisnya sangat kuat sehingga kamu perlu berhati-hati ketika mengonsumsinya, jangan sampai berlebihan dan dapat mengakibatkan kadar gula kamu meningkat. 

Itulah dia perbedaan dari Sukrosa, Glukosa dan Fruktosa yang perlu kamu tahu. Nah, sekarang simak dulu yuk beberapa kuliner manis yang ada di bawah ini dan jangan lupa coba salah satunya ya!

Fat Straw

Foto Fat Straw
Foto Fat Straw
Foto Fat Straw

Pan & Co.

Foto Pan & Co.
Foto Pan & Co.
Foto Pan & Co.

Tata Cakery

Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery

Cakekinian

Foto Cakekinian
Foto Cakekinian
Foto Cakekinian

The Pancake Co. by DORE

Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?