Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Pempek Kapal Selam Lebih Banyak Penggemarnya, Kenapa Ya?

List Artikel
5 November 2020 | 0 Komentar

Pempek menjadi salah satu kuliner khas Palembang yang kepopulerannya di Indonesia tidak bisa dianggap sebelah mata. Meski asalnya dari Palembang, tapi kamu bisa dengan mudah menjumpai pempek di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Hal ini dikarenakan pempek sangat dikenal di segala penjuru. Ada banyak alasan mengapa pempek sangat disukai. Salah satu alasannya adalah citarasa yang unik dan berbeda sehingga membuat kita selalu merindukannya. Pempek dibuat dari bahan dasar tepung tenggiri yang dicampur dengan tepung kanji atau sagu lalu diberi tambahan bumbu rempah seperti bawang putih dan dibentuk lalu direbus dalam air mendidih. Setelah direbus, pempek harus digoreng terlebih dahulu sebelum disajikan bersama dengan kuah cuko dengan cita rasa yang gurih.

 


Sumber: Pergikuliner.com


Pempek memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dari bentuk dan isiannya. Ada pempek kapal selam, adaan, lenjer, kulit, dan lain sebagainya. Dari sekian banyaknya jenis pempek, jenis pempek kapal selam yang paling banyak disukai. Ada alasan mengapa pempek kapal selam lebih banyak penggemarnya. Jika kita perhatikan dari segi bentuknya, pempek kapal selam ini punya tampilan bentuk yang jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis pempek lainnya. Berhubung bentuknya lebih besar, maka kita bisa lebih puas menyantapnya. Kamu cukup mengonsumsi satu buah pempek kapal selam saja sudah bisa membuat perutmu kenyang. Tak heran kalau harga pempek kapal selam lebih mahal.


Sumber: Pergikuliner.com 


Selain itu, ada lagi alasan mengapa pempek kapal selam lebih banyak penggemarnya, yakni karena di dalamnya terdapat isian. Berbeda dengan jenis pempek lainnya seperti adaan yang hanya berbentuk bulat, lenjer yang berbentuk lonjong, pempek keriting yang berbentuk keriting bola, pempek kapal selam yang berbentuk setengah lingkaran ini punya isian telur di dalamnya. Inilah yang menjadikan alasan mengapa kapal selam lebih banyak penggemarnya. Dalam satu pempek kapal selam terdapat satu butir telur utuh sehingga membuat ukurannya jadi lebih besar.



 Sumber: Pergikuliner.com


Dengan adanya telur di dalam pempek kapal selam, cita rasa yang kita rasakan juga akan berbeda. Coba saja kamu rasakan ketika mencicip pempek kapal selam, cita rasanya jadi lebih creamy dan tekturnya jadi  lebih lembut dibanding jenis pempek lainnya. Hal ini dikarenakan satu butir telur yang dimasukkan dalam pempek kapal selam ini awalnya adalah telur mentah. Jadi saat pempek kapal selam tersebut direbus, telur yang mentah tersebut juga ikut terebus sehingga membuat bagian dalam pempek kapal selam menjadi lebih empuk dan lembut dan citarasanya jadi lebih lezat berhubung direbus bersama dengan telur. Ketika disantap, telur yang matang tersebut akan memberikan cita rasa yang berbeda karena ada tambahan cita rasa creamy yang akan didapatkan.


Sekarang sudah tau kan alasan pempek kapal selam banyak penggemarnya? Kalau teman kuliner juga termasuk pecinta pempek, kamu wajib banget nih cobain aneka pempek enak di tempat makan pempek rekomendasi Pergikuliner di bawah ini!

Pempek Sriwijaya

Foto Pempek Sriwijaya
Foto Pempek Sriwijaya
Foto Pempek Sriwijaya

Pempek Palembang Awan

Foto Pempek Palembang Awan
Foto Pempek Palembang Awan
Foto Pempek Palembang Awan

Pempek Selamat

Foto Pempek Selamat
Foto Pempek Selamat
Foto Pempek Selamat

Pempek Palembang Asli Chandra

Foto Pempek Palembang Asli Chandra
Foto Pempek Palembang Asli Chandra
Foto Pempek Palembang Asli Chandra

Pempek Megaria

Foto Pempek Megaria
Foto Pempek Megaria
Foto Pempek Megaria

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?