Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Penyebab Popcorn Menjadi Cemilan Favorit Saat Nonton di Bioskop

List Artikel
6 Oktober 2015 | 0 Komentar
Kamu hobi nonton bioskop? Nah, untuk yang hobi nonton bioskop, cemilan yang satu ini merupakan cemilan favorit di kala nonton! Pasti tau kan? Yap! Popcorn! Taukah kalian kenapa popcorn bisa menjadi cemilan favorit saat menonton film di bioskop? Konon katanya, popcorn pertama kalinya menjadi cemilan saat menonton teater atau sirkus saja, lho. Saat itu, popcorn yang dijual pun menggunakan gerobak. Lalu, bagaimana bisa popcorn menjadi ikon cemilan di bioskop? Yuk, simak artikelnya!


Sumber: www.goodwinhouse.org

Popcorn adalah makanan ringan dari butir jagung yang telah diolah. Cemilan ini ditemukan puluhan tahun yang lalu. Pada saat itu, popcorn dijajal di pinggir-pinggir jalanan dengan harga yang murah meriah, dan biasanya popcorn menjadi penganan saat menonton teater atau sirkus saja.

Melihat hal tersebut, Julia Braden terpikir untuk membangun usaha popcorn sebagai makanan ringan, hanya saja popcorn tersebut menjadi camilan saat menonton film di bioskop. Kemudian pada tahun 1931, Julia meminta izin Andrew Smith, pemilik bioskop di Kansas, Amerika Serikat, untuk membangun toko popcorn di dalam bioskopnya.

Tetapi karena saat itu penjualan popcorn tidak praktis yakni menggunakan gerobak, maka  Smith hanya mengijinkan popcorn dijual di lobi luar gedung bioskop saja. Siapa yang sangka kalau rupanya popcorn laku keras saat itu. Bisnis popcorn ini melejit hingga pendapatan Julia menyentuh angka 166 juta Rupiah pada tahun 1930-an.

Adapun kesuksesan bisnis Julia menginspirasi orang lain untuk membangun bisnis yang serupa, salah satunya RJ McKenna. McKenna yang membuka usaha teater saat itu, juga mengelola bisnis popcorn besar-besaran di bioskop. Ia pun mengenalkan mesin pembuat popcorn secara otomatis sehingga popcorn dapat dijual di dalam bioskop. Oleh karena itu, banyak orang berbondong-bondong membeli popcorn untuk dibawa ke dalam ruang bioskop.

Setelah itu, usaha popcorn semakin meningkat pesat saat Amerika mengalami penurunan impor gula pada Perang Dunia II. Untuk itu, satu-satunya cemilan manis alternatif hanya popcorn, jika dibandingkan dengan soda atau permen. Kemudian, produksi popcorn menjadi lebih banyak dan lebih praktis setelah microwave ditemukan.

Oh ya, ternyata sebelum popcorn menjadi cemilan di bioskop, ada sejumlah camilan lain sebelum popcorn ditemukan, di antaranya permen, cokelat, soda, dan keripik kentang. Akan tetapi, menurut banyak orang popcorn memang lebih cocok daripada cemilan sebelumnya. Makanya, hubungan popcorn pun menjadi lebih lekat dengan bioskop hingga saat ini.

Nah, kira-kira kapan terakhir kali kamu menikmati film seru di bioskop sambil makan popcorn?


Planet Popcorn

Foto Planet Popcorn

Shirokuma

Foto Shirokuma

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?