Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Penyuka Masakan Padang? Ini Fakta Unik yang Perlu Kamu Tahu

List Artikel
1 Oktober 2017 | 0 Komentar

Indonesia tak hanya lekat akan kuliner nasi goreng yang ketenarannya hingga ke luar negeri, tapi juga rendang yang masuk dalam daftar makanan terenak di dunia versi CNN. Berbicara tentang rendang, keberadaan masakan Padang di Indonesia memang sudah menyebar luas dan merata. Coba saja kamu perhatikan, hampir di semua wilayah Indonesia terdapat rumah makan Padang yang bisa kamu kunjungi. Masakan Padang seolah sudah menjadi masakan nasional yang dimiliki Indonesia. Bagi kamu penggemar masakan padang, ternyata ada beberapa fakta unik tentang masakan Padang yang perlu kamu ketahui, yaitu:



Sumber : pergikuliner.com 


Alasan Masakan Padang Sangat Disukai

Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa sih masakan Padang lebih banyak penggemarnya? Masakan Padang banyak disukai karena dibumbui dengan aneka rempar-rempah sehingga aromanya menjadi sangat wangi dan rasanya jadi sangat kaya akan bumbu. Ditambah lagi penggunaan santan yang dimasakan dalam waktu cukup lama sehingga membuat masakan Padang menjadi lebih gurih dan kental.

 

Nasi Padang Take Away Lebih Banyak Porsinya

Kamu pernah tidak membandingkan porsi makanan Padang ketika kamu makan di tempat dengan saat kamu membawanya pulang? Porsi ketika dibawa pulang selalu lebih banyak loh dibandingkan ketika kamu makan langsung di rumah makan tersebut. Padahal harga per-porsinya sama saja. Hal ini dikarenakan kebiasaan masyarakat Minang beranggapan kalau nasi yang dibungkus pasti akan dibawa pulang dan dimakan bersama dengan keluarga sehingga porsinya akan ditambahkan menjadi lebih banyak.

 

Pelayan Membawa Banyak Piring Bertumpuk-tumpuk

Yang satu ini memang menjadi ciri khas dari rumah makan Padang. Banyak orang yang mengganggap kalau pelayan yang membawa banyak piring sebagai atraksi untuk menarik pengunjung untuk makan di rumah makan tersebut. Padahal, ini merupakan tradisi dan memiliki tujuan yang sangat sederhana yakni agar pelayan tidak perlu repot-repot bolak-balik membawa aneka lauk pauk makanan ke meja pengunjung.



Sumber : pergikuliner.com


Tidak Ada Rumah Makan Padang di Sumatera Barat

Jika kamu bertanya di mana rumah makan Padang saat sedang berada di Sumatera Barat, pastinya kamu akan ditertawakan. Pasalnya di Sumatera Barat, nasi yang biasa kita kenal dengan nasi Padang adalah nasi campur yang dijual di banyak rumah makan. Kebanyakan rumah makan di Padang justru menamakan tempat mereka dengan nama orang, bukan dengan nama ‘rumah makan Padang’ atau ‘restoran Padang’.

 

Masakan Padang di Daerahnya Tergolong Paling Murah

Nasi Padang dikenal sebagai makanan yang memiliki harga cukup mahal dibanding kuliner Indonesia lainnya. Di rumah makan pinggir jalan saja, satu porsi nasi Padang bisa dihargai mulai dari Rp 20.000-30.000 tergantung pada lauk yang kamu pesan. Padahal di Sumatera Barat sendiri, nasi Padang merupakan salah satu makanan termurah yang bisa kamu coba di rumah makan kaki lima.

 

Foto Kakek-kakek di Rumah Makan Padang

Saat makan di rumah makan Padang, kamu pernah tidak melihat ada foto hitam putih seorang kakek berkopiah hitam sedikit miring ke kanan dengan jenggot agak panjang dan mengenakan kain sarung kotak-kotak yang dikalungkan di leher. Foto tersebut adalah foto Ungku Saliah. Jika ada rumah makan Padang yang memasang foto kakek tersebut, maka rumah makan Padang yang kamu singgahi adalah rumah makan Padang asli Pariaman. 

 

Unik-unik bukan fakta-fakta masakan Padang di atas? Jadi ingin menyantap masakan Padang? Mampir aja dulu ke sini!

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Sahaja Restoran Padang

Foto Sahaja Restoran Padang
Foto Sahaja Restoran Padang

RM Pangeran Khas Minang

Foto RM Pangeran Khas Minang
Foto RM Pangeran Khas Minang
Foto RM Pangeran Khas Minang

Salero Jumbo

Foto Salero Jumbo
Foto Salero Jumbo
Foto Salero Jumbo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?