Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Perbedaan Alfredo vs Carbonara, Dua Saus Pasta yang Serupa Tapi Tak Sama

List Artikel
22 Agustus 2017 | 0 Komentar

Kamu termasuk penyuka pasta? Pasta adalah salah satu kuliner favorit asal Italia yang sudah mendunia. Pasta memiliki aneka ragam bentuk dan ukuran sehingga membuat kamu tak akan bosan menyantapnya. Ditambah lagi, ada banyak pilihan saus pasta yang bisa kamu pilih. Dari sekian banyak saus pasta, ada dua saus pasta yang terlihat serupa alias mirip, yakni saus alfredo dan carbonara. Dari segi tampilannya atau jika kamu melihat secara kasat mata, kedua saus ini memiliki warna putih pucat sehingga banyak orang yang susah membedakan keduanya. Lalu apakah keduanya ternyata sangat berbeda? Mari lihat penjelasannya di bawah ini agar kamu bisa mengenali perbedaan keduanya!

 



Saus Alfredo (Sumber: pergikuliner.com)


Saus Alfredo

Saus Alfredo terbuat dari bahan utama krim kental yang dipadu dengan butter dan keju sehingga memiliki tekstur yang kental dan cita rasa creamy serta gurih yang sangat dominan. Untuk bumbu-bumbunya adalah bawang putih cincang, lada putih, dan cincangan parsley. Sementara untuk jenis proteinnya digunakan smoked beef atau irisan daging sapi dan ayam.

 

Jarang ada yang menambahkan sayuran pada saus alfredo ini karena tampilannya warna putihnya yang dominan sehingga membuat warna sayuran tak terlihat. Jika menggunakan sayuran, biasanya sayuran yang digunakan adalah jamur kancing. Saus alfredo ini sering digunakan pada jenis pasta fettucini yang memiliki ukuran lebih besar dibanding pasta spaghetti. Selain menggunakan pasta fettucini, saus alfredo juga digunakan pada pasta fusilli serta ravioli, meski penggunaannya tak terlalu banyak.

 

Saus Carbonara



Saus Carbonara (Sumber: pergikuliner.com)


Banyak yang mengira saus carbonara terbuat dari bahan krim kental, sama seperti saus alfredo. Padahal saus carbonara asli Italia tidak menggunakan krim kental sama sekali. Bahan utamanya adalah telur ayam dan keju parmesan. Cara membuatnya tidak menggunakan api sama sekali. Jadi, pasta yang baru saja matang dan masih panas dicampur dengan telur mentah dan diaduk menjadi satu bersama dengan keju parmesan dan lada hitam. Panasnya pasta bisa membuat telur mentah menjadi matang dan berubah menjadi kental seperti cream.

 

Tekstur saus ini lebih memang kental, tapi tidak terlalu creamy seperti saus alfredo dan warnanya lebih kekuningan alias lebih cerah. Bahan tambahan yang digunakan pasa saus carbonara adalah jenis daging cincang dan juga sayur-sayuran yang sudah direbus atau ditumis terlebih dahulu seperti brokoli dan jamur. Sedangkan untuk jenis pasta yang digunakan adalah pasta fettucini sehingga banyak orang yang salah mengenali saus carbonara dengan saus alfredo.


Itu dia perbedaan saus alfredo dan carbonara yang telah PergiKuliner rangkum buat kamu. Masih penasaran juga ingin tahu langsung perbedaan keduanya? Bagaimana jika kamu langsung mencoba kedua jenis saus tersebut di salah satu restoran yang menyediakan menu pasta di bawah ini!

Mamma Rosy

Foto Mamma Rosy

Pique Nique

Foto Pique Nique

Beatrice Quarters

Foto Beatrice Quarters

Gins. Co Cafe

Foto Gins. Co Cafe

Avec Moi

Foto Avec Moi
Foto Avec Moi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?