Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Perbedaan Baking Powder & Baking Soda yang Perlu Kamu Tahu

List Artikel
27 Juni 2020 | 0 Komentar

Kamu termasuk orang yang suka kuliner manis? Bagi pecinta makanan manis pastinya sering menyantap kue atau bahkan membuat kue. Kue merupakan salah satu olahan manis yang banyak diburu karena selain cita rasanya manis, tampilannya juga cantik dan sangat menggoda. Kue memiliki tekstur yang beragam, tapi rata-rata kue memiliki tekstur berongga. Ini dikarenakan penggunaan campuran baking soda atau baking powder di dalamnya. Baking soda dan baking powder memang sama-sama berfungsi mengembangkan kue, tapi apakah kamu sendiri bisa mengenali keduanya sebelum dicampurkan pada kue? Baik itu baking soda maupun baking powder punya tampilan yang sangat mirip karena sama-sama berbentuk serbuk putih yang cukup lembut ketika dipegang. Lalu apakah keduanya sama saja? Tentu tidak. Baking powder dengan baking soda ini berbeda. Coba kita cek bersama-sama perbedaan dari keduanya di bawah ini!



Sumber : Idntimes.com


Dari Segi Kandungan

Perbedaan pertama bisa dilihat dari segi kandungan yang ada di dalamnya. Kandungan dalam baking powder dengan baking soda ini sangat jauh berbeda. Baking soda adalah natrium bikarbonat (NaHCO3) yang mengandung senyawa alkali. Berbeda dengan baking powder yang dibuat dari campuran natrium bikarbonat (NaHCO3) yang dicampur dengan bahan asam. Jadi sudah jelas meski sama-sama bahan utamanya adalah natrium bikarbonat, bahan campuran keduanya ini berbeda.


Dari Cara Kerjanya

Perbedaan kedua adalah dari segi cara kerjanya. Baking powder dan baking soda memang sama-sama bisa membuat kue lebih mengembang. Tapi ternyata cara kerja keduanya berbeda. Baking soda membutuhkan bahan asam agar dapat bereaksi secara maksimal sehingga kue bisa mengembang sempurna. Bahan asam tersebut bisa berupa susu, lemon, atau campuran buah. Sementara untuk baking powder sudah dilengkapi dengan campuran bahan asam di dalamnya sehingga bisa berfungsi dengan mudah tanpa bantuan bahan asam apapun.


Dari Segi Hasil Kue

Selanjutnya ada perbedaan dari segi hasil kue. Lagi-lagi kita pasti mengira kalau hasilnya sama saja karena akan sama-sama mengembang sempurna jika baking powder atau baking soda dimasukkan dalam adonan kue. Tapi untuk membuat kue mengembang sempurna, takaran baking powder atau baking soda haruslah tepat. Untuk baking powder, jika kelebihan akan terasa pahit setelah kue dipanggang. Sementara jika kelebihan baking soda tidak akan berpengaruh pada rasanya.


Dari Segi Penggunaan Pada Kue

Perbedan yang terakhir bisa dilihat dari segi penggunaannya pada kue. Tidak semua jenis kue cocok menggunakan baking soda, begitu pula sebaliknya karena masing-masing harus digunakan pada jenis kue yang tepat agar hasilnya bisa maksimal. Khusus untuk baking powder, kamu bisa menggunakannya saat membuat kue dan roti. Sedangkan untuk baking soda lebih bagus jika digunakan pada cookies dan muffin yang teksturnya lebih padat.

 

Setelah mengetahui apa saja perbedaan baking powder dengan baking soda di atas, sekarang kamu sudah bisa mengenalinya dengan mudah bukan? Jadi jangan sampai salah mengenali lagi ya!

Eric Kayser Artisan Boulanger

Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger

Pan & Co.

Foto Pan & Co.
Foto Pan & Co.
Foto Pan & Co.

Chicory European Patisserie

Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie
Foto Chicory European Patisserie

Amy and Cake

Foto Amy and Cake
Foto Amy and Cake
Foto Amy and Cake

Belle Epoque

Foto Belle Epoque
Foto Belle Epoque
Foto Belle Epoque

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?